Materi Yoga

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Yoga. Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Yoga? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Yoga : Pengertian, Manfaat dan Jenis Terlengkap


Pengertian Yoga

Secara etimologi, yoga berasal dari suku kata ‘yuj’ yang dalam bahasa Sanskerta berarti “menyatukan” atau “union”. Apa yang disatukan?

Terlebih dulu, seharusnya dipahami bahwa yoga yakni sistem kuno yang benar-benar kompleks dan mendiskusikan banyak aspek dari manusia, mulai dari tataran fisikal sampai tataran spiritual. Yoga ini juga bersifat panteistik (kepercayaan bahwa seluruh alam semesta dan isinya bersifat yang maha kuasa).

Yoga merupakan penyatuan dari seluruh jiwa spiritual dengan jiwa universal atau pembatasan pikiran yang selalu bergerak atau suatu sistem yang sistematis dalam menjalankan latihan rohani untuk dapat meraih ketenangan batin dan menjalankan latihan fisik untuk meraih kesehatan jasmani dan rohani, menjadikan dinamakan dengan Jiwan Mukti.


Sejarah Yoga

Ajaran Yoga dibangun oleh Maharsi Patanjali, dan merupakan ajaran yang sangat populer di kalangan umat Hindu. Ajaran yoga merupakan salah satu ilmu yang bersifat praktis dari ajaran Veda.

Yoga ini berakar dari kata Yuj yang berarti berhubungan, yaitu bertemunya roh individu (atman atau purusa) dengan roh universal (Paramatman atau Mahapurusa). Maharsi Patanjali ini mengartikan yoga sebagai Cittavrttinirodha yaitu suatu penghentian gerak pikiran.

Sastra Yogasutra yang ditulis oleh Maharsi Patanjali, yang terbagi atas empat bagian dan secara keseluruhan mengandung 194 sutra.

Bagian yang pertama disebut sebagai Samadhipada, sedangkan bagian kedua disebut dengan Sadhanapada, bagian ketiga disebut sebagai Vibhutipada, dan yang terakhir disebut dengan Kailvalyapada.


Tujuan Yoga

Tujuan yoga yaitu meluaskan kesadaran manusia sampai sebegitu jauh sehingga dapat disamakan dengan kesadaran alam semesta.

Hal itu juga harus diraih dengan suatu realisasi prinsip spiritual dalam tubuh kita, ada prinsip fisik dan mental dan sebenarnya yaitu pada kepribadian diri kita sendiri yang abadi dan benar.


Manfaat Yoga

  • Meningkatkan fungsi kerja kelenjar endokrin (hormonal) di dalam tubuh.
  • Meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh sel tubuh dan otak.
  • Membentuk postur tubuh yang lebih tegap, serta otot yang lebih lentur dan kuat.
  • Meningkatkan kapasitas paru-paru saat bernapas.
  • Membuang racun dari dalam tubuh (detoksifikasi).
  • Meremajakan sel-sel tubuh dan memperlambat penuaan.
  • Memurnikan saraf pusat yang terdapat di tulang punggung.
  • Mengurangi ketegangan tubuh, pikiran, dan mental, serta membuatnya lebih kuat saat menghadapi stres.
  • Memberikan kesempatan untuk merasakan relaksasi yang mendalam.
  • Meningkatkan kesadaran pada lingkungan.
  • Meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan untuk berpikir positif.

Jenis-Jenis Yoga

1. Hatha Yoga

Hatha Yoga yaitu salah satu jenis yoga dengan sistem pelatihan dengan menggunakan berbagai teknik membentuk sikap tubuh (asana) disertai dengan suatu teknik pernapasan (pranayama) guna mencapai keseimbangan antara dua kekuatan yang berbeda di dalam tubuh, seperti pada tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah, tubuh bagian kiri dan tubuh bagian kanan, tarikan napas serta hembusan napas, energi positif dan energi negatif dan lain sebagainya.


2. Bhakti Yoga

Bhakti yoga yakni suatu jenis yoga memfokuskan diri untuk menuju hati. Jika seorang yoga dapat berhasil menerapkannya, maka ia akan bisa melihat kelebihan orang lain dan cara untuk dapat menghadapi sesuatu. Keberhasilan yoga ini juga bisa membuat yogis menjadi lebih welas asih dan menerima segala yang ada di sekitarnya, karena dalam yoga ini diajarkan untuk bisa mencintai alam dan beriman kepada Tuhan.


3. Raja Yoga

Raja Yoga ialah suatu jenis yoga yang menitikberatkan pada teknik meditasi dan kontemplasi. Yoga ini juga nantinya akan mengarah pada cara penguasaan diri sekaligus menghargai diri sendiri dan sekitarnya. Raja yoga juga merupakan dasar yoga sutra.


4. Jnana Yoga

Jnana Yoga yaitu salah satu jenis yoga yang menerapkan suatu metode untuk meraih kebijaksanaan dan pengetahuan. Teknik yoga ini cenderung untuk dapat menggabungkan antara kepandaian dan kebijaksanaan, sehingga nantinya akan mendapatkan hidup yang bisa menerima semua filosofi dan agama.


5. Karma Yoga

Karma Yoga ialah sebuah jenis yoga yang mempercayai adanya reinkarnasi. Yoga ini juga akan membuat agar menjadi tidak egois, karena yakin bahwa perilaku saat ini akan berpengaruh pada suatu kehidupan yang akan datang.


6. Tantra Yoga

Tantra Yoga yakni salah satu jenis yoga yang sedikit berbeda dengan yoga lain, bahkan ada yang menganggap bahwa yoga ini mirip dengan ilmu sihir. Teknik yoga ini juga terdiri atas kebenaran (kebenaran) dan hal yang mistik (mantra). Tujuan teknik yoga ini yaitu agar bisa menghargai suatu pelajaran dan pengalaman hidup.


7. Ananda Yoga

Ananda yoga adalah salah satu jenis yoga terfokus pada postur lembut yang dirancang untuk memindahkan energi ke otak dan juga mempersiapkan tubuh untuk meditasi. Ananda Yoga juga fokus pada keselarasan tubuh yang tepat dan pernapasan dikendalikan.


8. Iyengar Yoga

Iyengar Yoga merupakan salah satu jenis yoga yang lebih mengutamakan penyusunan gerakan yang sempurna lewat teknik alignment atau kesejajaran pada presisi yang tinggi untuk dapat mencapai manfaat yang maksimal bagi kesehatan.


9. Kundalini Yoga

Kundalini Yoga yaitu sebuah jenis yoga menggabungkan gerakan yang repetisi, latihan pernapasan, nyanyian puji-pujian, serta , meditasi untuk dapat membangun energi spiritual yang konon berbaring di dasar tubuh manusia (atau lantai panggul manusia).


10. Bikram Yoga

Latihan yoga ini dilakukan di dalam ruangan yang dipanaskan sekitar 36-42 derajat celsius untuk menstimulasi tubuh yang mengeluarkan toksin melalui keringat dan membantu meregangkan tubuh lebih jauh. Setiap latihan ini terdiri dari dua teknik pranayama dan 24 jenis asana.


11. Ashtanga Yoga

Ashtanga Yoga yaitu sebuah nama yang diberikan pada sistem yoga yang diajarkan oleh Sri K. Pattabhi Jois. Gaya yoga ini menuntut pada kekuatan fisik karena melibatkan sinkronisasi bernapas dengan seri progresif. Ashtanga yoga juga bisa membantu memperbaiki sirkulasi, fleksibilitas, stamina, cahaya kebatinan yang kuat dan pikiran yang tenang.


12. Jivamukti Yoga

Jivamukti yoga ini dikembangkan pada tahun 1986 oleh Sharon Gannon dan David Life. Metode yoga Jivamukti mengungkapkan sebuah aspek spiritual dan etika praktek yoga. Jivamukti Yoga merupakan bentuk asana yang kuat dengan suatu penekanan pada studi agama, nyanyian sansekerta, vegetarian, non-kekerasan, meditasi, pengabdian kepada tuhan.


13. Sivananda Yoga

Jenis yoga ini cocok bagi yang menginginkan latihan yoga yang dapat mencakup gerakan fisik dan bakti yoga atau yoga yang mengutamakan pembaktian. Setiap latihan juga mencakup latihan pranayamna, asana, dan relaksasi.


14. Kripalu Yoga

Kripalu yoga adalah jenis yoga yang bertujuan untuk dapat meningkatkan kesadaran. Menekankan kesadaran napas, pergerakan dan kelurusan, kripalu merupakan salah satu tanda jasa kebijaksanaan menyangkut badan tersebut.


15. Meditation Yoga

Meditasi yoga yakni salah satu jenis yoga yang dilakukan dengan relaksasi yang melibatkan pengosongkan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun dapat mencemaskan dalam kehidupan sehari-hari.


16. Prenatal Yoga

Prenatal Yoga ialah sebuah jenis yoga khusus untuk kehamilan dengan teknik dan intensitas yang telah disesuaikan dengan  suatu kebutuhan fisik dan psikis ibu hamil dan janin yang di kandungnya.


17. Viniyoga

Viniyoga yakni salah satu yoga yang digunakan sebagai salah satu praktek terapi untuk orang yang menderita cedera atau pasca operasi. Viniyoga juga memiliki gerakan yang lembut, penyembuhan disesuaikan dengan jenis tubuh tiap orang dan kebutuhan pada saat mereka tumbuh dan berubah.


18. Acro Yoga
Acro yoga merupakan salah satu jenis yoga yang mana setiap gerakan yang di lakukan dengan mengandung unsur akrobatik.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Yoga : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Manfaat & Jenisnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :