Router Adalah

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Router.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Router? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Router : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Cara Kerja Terlengkap


Pengertian Router

Istilah router pada dasarnya berasal dari Bahasa Inggris yaitu kata “Route” yang artinya “trayek” atau pun “mengarahkan perjalanan melalui” yang ditambahi dengan imbuhan “er” yang maknanya pelaku.

Router merupakan sebuah perangkat keras yang digunakan untuk menyebarkan atau pun membagikan signal. Sebuah perangkat router yang bertugas untuk bisa menangkap, menguatkan, dan membagikan signal.

Setiap router mempunyai fasilitas DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol) yang dapat disetting sedemikian rupa sehinga dapat membagi IP address.

Selain itu, pada router ini juga terdapat NAT (Network Address Translator) yaitu sebuah fasilitas yang memungkinkan suatu alamat IP atau koneksi internet yang dapat di-sharing ke alamat IP lain.


Fungsi Router

  • Router berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan sehingga user dapat mengirimkan paket data dari suatu jaringan ke jaringan lainnya. Proses koneksi tersebut yaitu dengan mendistribusikan IP address kepada setiap komputer dalam jaringan, baik secara statis ataupun dengan DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol).
  • Fungsi router berikutnya yakni untuk dapat mentransmisikan berbagai informasi atau data dari suatu jaringan menuju jaringan yang lain dimana pada sistem kerjanya mirip seperti Bridge (jembatan jaringan).
  • Fungsi router yang lainnya adalah untuk menghubungkan suatu jaringan lokal dengan koneksi DSL (Digital subscriber line) atau yang lebih dikenal dengan DSL router.
  • Teknologi router pada saat ini sudah lebih canggih, dimana penggunaannya tidak hanya dengan menggunakan sambungan kabel LAN saja, tapi juga dengan teknologi wireless. Dengan begitu, maka sebuah router ini dapat terhubung pada semua perangkat komputer, laptop, dan juga gadget lainnya yang masih berada dalam jangkauan router tersebut.

Cara Kerja Router

Cara kerja router disebut dengan routing yang mempunyai kemampuan mengirimkan data atau pun informasi sesuai dengan rute perjalanan menuju host, entah itu dari sesama network atau pun berbeda network/jaringan.

Apabila data atau suatu informasi ditujukan kepada host network lain, jadi router akan menjalankan ke network tersebut.

Tetapi apabila data atau informasi ditujukan untuk host dalam satu network, router akan menghalang data atau informasi tersebut keluar dari network.

√ Router : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Cara Kerja Terlengkap

Penjelasan :

  • Terdapat 2 network yang tersambung dengan 1 router.
  • Network bagian kiri tersambung ke port 1 router = 192.168.1.0, dan network bagian kanan tersambung ke port 2 router = 192.155.2.0
  • Apabila pada komputer yang dimiliki si B mengirim data ke komputer C, jadi router tidak akan bisa mengirim data itu ke network yang lain. Begitu juga sebaliknya, apabila komputer E mengirim data ke komputer F dan berbagi pola dalam satu network.
  • Tetapi, semisal komputer E mengirim data ke komputer B, router segera mengirim data ke komputer B lewat network lain, network 2 ke network 1.

Jenis-Jenis Router

1. Jenis Router Berdasarkan Pengaplikasiannya

  • Router Aplikasi
    Yaitu suatu aplikasi yang dapat diinstal oleh sebuah user pada sistem operasi komputer sehingga sistem operasi komputer tersebut dapat bekerja dengan layaknya router.

Beberapa aplikasinya diantaranya;

  1. Wingate
  2. WinProxy
  3. Winroute
  4. Spygate
  • Router Hardware
    Yakni hardware yang mempunyai kemampuan seperti router. Dengan kemampuan tersebut, hardware ini juga dapat digunakan untuk bisa membagi alamat IP (IP address). Membagi jaringan internet di suatu wilayah, misalnya router sebagai acces point dan wilayah yang mendapat IP address dan koneksi internet disebut Hot Spot Area.
  • Router PC
    Ialah suatu komputer dengan spesifikasi tinggi yang dimodifikasi sehingga dapat berfungsi sebagai router.

Beberapa spesifikasi minimum yang harus ada pada komputer tersebut yaitu;

  • Prosessor Pentium II dengan hard drive 10 GB dan RAM 64.
  • Terdapat LAN Card.
  • Sistem operasi khusus router PC, Mikrotik.

2. Jenis Router Berdasarkan Mekanismenya

  • Router Statis
    Yaitu router yang mampu untuk melakukan proses routing (penghalaan) dari suatu jaringan dimana prosesnya dilakukan secara manual oleh seorang administrator.
  • Router Dinamis
    Adalah router yang dapat melakukan proses routing (penghalaan) dapat berjalan secara otomatis dan dinamis setelah melalui pengaturan oleh seorang administrator jaringan.
  • Router Wireless
    Yaitu salah satu router yang dapat bekerja tanpa menggunakan kabel karena hanya dapat mengandalkan media udara untuk mengirimkan paket data.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Router : Pengertian, Jenis, Fungsi & Cara Kerjanya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :