Past Future Continuous Tense

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Past Future Continuous Tense.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Past Future Continuous Tense? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Past Future Continuous Tense : Pengertian, Fungsi dan Rumus Terlengkap


Pengertian Past Future Continuous Tense

Past Future Continuous atau Progressive merupakan salah satu tense yang berfungsi untuk menjelaskan sebuah pekerjaan yang akan berlangsung di masa lampau.

Dikatakan past karena terjadi di masa lampau, dikatakan future karena sedianya akan dilakukan dan dikatakan continuous atau progressive karena sedang dilakukan pada waktu tersebut.

Karena sedianya akan dilakukan, maka pemahaman yang bisa diambil dari tense ini adalah bahwa pada kenyataannya aktivitas yang digambarkan dalam kalimat ini tidak terjadi atau bisa dikatakan bertolak belakang dengan faktanya.


Fungsi Past Future Continuous Tense

1. Untuk menjelaskan pekerjaan yang akan berlangsung (sedang) pada masa lampau.

Contoh :

  • Your family would be traveling last weekend if your grand mother didn’t come. (Keluargamu akan sedang berlibur minggu lalu jika nenemu tidak datang).
  • She would be working at KL last year, but she didn’t because her boss fired her. (Aku akan sedang bekerja di Kuala Lumpur tahun lalu, tapi tidak jadi karena bos memecatnya)

2. Digunakan untuk memprediksi suatu pekerjaan yang akan terjadi pada masa lampau.

Contoh :

  • I thought that last week would be rainy all the day. (Saya kira minggu akan sedang hujan seharian).
  • The government predicted that Golkar would be holding the Munas at Jakarta on 17th November 2012. (Pemerintah memprediksi bahwa Golkar akan sedang mengadakan Munas di Jakarta pada tanggal 17 Nov 2013).

Rumus Past Future Continuous Tense

1. Pola Kalimat Positif

Untuk Subyek : I, We

Subyek + should + be + V1 + ing


Untuk Subyek : You, They, He, She, It

Subyek + would + be + V1 + ing

  • Apabila digunakan dengan Non Verb (Bukan Kata Kerja) maka harus ditambah dengan kata being yang menggantikan kata kerja.

Contoh :

  • She would be teaching at the class by eight o’clock tomorrow morning. (Dia seharusnya mengajar di kelas itu menjelang pukul delapan besok pagi.)
  • You should be being here in time last night if You didn’t get any trouble on the way. (Kamu seharusnya berada disini tepat waktu tadi malam apabila kamu tidak mendapatkan masalah di jalan.)

2. Pola Kalimat Negatif

Untuk Subyek : I, We

Subyek + should + not + be + V1 + ing


Untuk Subyek : You, They, He, She, It

Subyek + would + not + be + V1 + ing

  • Should not disingkat menjadi shouldn’t
  • Would not disingkat menjadi wouldn’t

Contoh :

  • She wouldn’t be teaching at the class by eight o’clock tomorrow morning. (Dia tidak seharusnya mengajar di kelas itu menjelang pukul delapan besok pagi.)
  • You shouldn’t be being here in time last night if you didn’t get any trouble on the way. (Kamu tidak seharusnya berada disini tepat waktu tadi malam apabila kamu tidak mendapatkan masalah di jalan.)

3. Pola Kalimat Tanya

Untuk Subyek : I, We

Should + Subyek + be + V1 + ing ?


Untuk Subyek : You, They, He, She, It

Would + Subyek + be + V1 + ing

Contoh :

  • Would she be teaching at the class by eight o’clock tomorrow morning? (Apakah dia harus mengajar di kelas itu menjelang pukul delapan besok pagi?)

Jawaban :

  1. Yes, she would. (Ya)
  2. No, she wouldn’t. (Tidak)

  • Should you be being here in time last night if you didn’t get any trouble on the way? (Apakah kamu harus berada disini tepat waktu tadi malam apabila kamu tidak mendapatkan mesalah di jalan?)

Jawaban :

  1. Yes, you would. (Ya)
  2. No, you wouldn’t. (Tidak)

Contoh Kalimat Past Future Continuous Tense

  • Roy should be teaching at the class by 8 o’clock tomorrow morning. ( Roy seharusnya mengajar dikelas itu menjelang pukul 8 besok pagi.)
  • Saiful should be studying English conversation at library with his friend by 8 0’clock next Monday. ( Saipul seharusnya belajar percakapan bahasa inggris diperpustakaan dengan temannya menjelang pukul 8 senin depan.)
  • Agung should Not be teaching at the class by 9 o’clock tomorrow morning. ( Agung seharusnya tidak mengajar dikelas itu menjelang pukul 9 besok pagi.)
  • Ika should Not be studying English conversation at library with his friend by 10 0’clock next Monday. (Ika seharusnya Tidak belajar percakapan bahasa inggris diperpustakaan dengan temannya menjelang pukul 10 senin depan.)
  • Should Tasya be teaching at the class by 9 o’clock tomorrow morning? ( Apakah Tasya harus mengajar dikelas itu menjelang pukul 9 besok pagi?)
  • Should Ipul be studying English conversation at library with his friend by 10 0’clock next Monday? ( Apakah ipul harus belajar percakapan bahasa inggris diperpustakaan dengan temannya menjelang pukul 10 senin depan?)
  • Should you be being here in time last night if you didn’t get any trouble on the way? ( Apakah kamu harus berada disini tepat waktu tadi malam apabila kamu tidak mengdapat masalah dijalan?)
  • Would Debora be studying English conversation at library with his friend by 9 0’clock next Monday? ( Apakah Debora harus belajar percakapan bahasa inggris diperpustakaan dengan temannya menjelang pukul 9 senin depan?)

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Past Future Continuous Tense : Pengertian, Fungsi dan Rumus Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :