Past Future Perfect Continuous Tense

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Past Future Perfect Continuous Tense.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Past Future Perfect Continuous Tense? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Past Future Perfect Continuous Tense : Pengertian, Fungsi dan Rumus Terlengkap


Pengertian Past Future Perfect Continuous Tense

Past Future Perfect Continuous Tense merupakan salah satu tense terakhir yang paling komplek dalam susunan tenses. Hal ini karena tense ini menjelaskan suatu pekerjaan yang akan sedang terjadi dan masih berlanjut di masa lampau.

Memang cukup sulit untuk memahaminya kecuali diberikan contoh kalimatnya. Tapi yang jelas begitulah pengertiannya dan akan saya jelaskan rumus beserta fungsinya di bawah nanti.

Semua unsur tense ini kecuali present yang tercakup dalam tenses ini. Jarang terjadi orang menggunakan tense ini, namun demikian tidak menutup kemungkinan kita akan mendapatkan kalimat ini baik dalam percakapan atau tulisan dan tidak ada salahnya juga jika kita mengetahuinya.


Ciri-Ciri Past Future Perfect Continuous Tense

  1. Predikat kalimat yang lazim dipakai dalam bentuk ini berupa : Should/Would + Have + Been + Present Participle.
  2. Kata “have” tidak mengalami perubahan walaupun kalimat tersebut menunjukkan kalimat ketiga tunggal. Dan setelah kata “have” diikuti oleh kata “been” yang berarti “sudah sedang”.
  3. Keterangan waktu yang sering dipergunakan dalam tenses bentuk ini adalah sebagai berikut :
  • By last… : Menjelang akhir
  • By the end of….. : Menjelang akhir
  • By…. last year : Menjelang…. tahun lalu

Fungsi Past Future Perfect Continuous Tense

  • Tense ini berfungsi untuk menggambarkan suatu pekerjaan yang rencananya sudah mulai dikerjakan dan masih berlanjut dimasa lalu.
  • Sama dengan salah satu fungsi dari past future perfect, tense ini juga dapat digunakan untuk bisa membuat conditional sentence type 3 meskipun dalam praktiknya juga sangat jarang digunakan.

Rumus Past Future Perfect Continuous Tense

1. Pola Kalimat Positif

Untuk Subyek : I, We

Subyek + should + have been + V1 + ing


Untuk Subyek : You, They, He, She, It

Subyek + would + have been + V1 + ing

Contoh :

  • I should have been studying English for five monts by last July. (Saya akan sudah sedang belajar bahasa Inggris selama lima bulan menjelang bulan Juli lalu.)
  • She would have been teaching for sixteen years by last year. (Dia akan sudah sedang mengajar selama enam belas tahun menjelang tahun lalu.)

2. Pola Kalimat Negatif


Untuk Subyek : I, We

Subyek + should + not + have been + V1 + ing


Untuk Subyek : You, They, He, She, It

Subyek + would + not + have been + V1 + ing

Contoh :

  • I shouldn’t have been studying English for five monts by last July. (Saya belum akan sedang belajar bahasa Inggris selama lima bulan menjelang bulan Juli lalu.)
  • She wouldn’t have been teaching for sixteen years by last year. (Dia belum akan sedang mengajar selama enam belas tahun menjelang tahun lalu.)

3. Pola Kalimat Tanya

Untuk Subyek : I, We

Should + subyek + have been + V1 + ing?


Untuk Subyek : You, They, He, She, It

Would + Subyek + have been + V1 + ing?

Contoh :

1. Should I have been studying English for five monts by last July? (Apakah saya akan sudah sedang belajar bahasa Inggris selama lima bulan menjelang bulan Juli lalu?)

Jawaban :

  • Yes, you should. (Ya)
  • No, you shouldn’t. (Tidak)

2. Would she have been teaching for sixteen years by last year? (Apakah dia akan sudah sedang mengajar selama enam belas tahun menjelang tahun lalu?)

Jawaban :

  • Yes, he would. (Ya)
  • No, you wouldn’t. (Tidak)

Contoh Kalimat Past Future Perfect Continuous Tense

  • He said the he would have been trading Forex for a year last week. (Dia bilang bahwa dia sudah akan jual beli valas selama 1 tahun pada minggu lalu).
  • If your parent permitted you have been traveling around the world last month. (Jika orang tua kamu mengizinkan, maka kamu akan sudah sedang pergi keliling dunia).
  • He told me that he would have been making line to buy ticket when the last bus came last day. (Dia bilang bahwa dia akan sedang mengantri tiket ketika bis terakhir datang hari yang lalu).
  • They would have been working at that company for 4 years by the end of last year if they didn’t get an accident. (Mereka akan telah bekejra di perusahaan itu selama 4 tahun pada akhir tahun lalu jika mereka tidak mengalami kecelakaan).
  • If he had not taken my car, I would have been driving my car to Brazil for a day last week. (Jika ia tidak mengambil mobilku, maka aku akan telah sedang mengendarai mobilku ke Brazil selama sehari minggu lalu).

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Past Future Perfect Continuous Tense : Pengertian, Fungsi dan Rumus Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :