Pengertian Konflik Sosial Menurut Para Ahli

Diposting pada

SeputarIlmu.ComHallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Konflik Sosial.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Konflik Sosial? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ 25 Pengertian Konflik Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap


Pengertian Konflik Sosial Menurut Para Ahli

1. Gillin

Konflik sosial merupakan bagian dari suatu proses sosial yang terjadi karena adanya perbedaan-perbedaan fisik, kebudayaan, emosi, dan perilaku.


2. Soerjono Soekanto

Konflik sosial yaitu suatu proses sosial di mana berbagai individu atau kelompok berusaha dapat memenuhi tujuannya dengan jalan menantang dari pihak lawan dan disertai dengan ancaman juga kekerasan.


3. Lewis A. Coser

Konflik sosial yakni sebuah perjuangan yang bersangkutan dengan nilai-nilai atau tuntunan terhadap status, kekuasaan yang bermaksud untuk menetralkan, mencederai, bahkan melenyapkan lawan.


4. Robert M. Z Lawang

Konflik sosial ialah sebuah perjuangan untuk memperoleh hal-hal yang langka seperti, status, kekuasaan, nilai, dan lain-lain.


5. Minnery

Konflik sosial yaitu sebuah interaksi antara dua atau lebih, dan kedua pihak tersebut saling ketergantungan, akan tetapi terpisahkan oleh tujuan.


6. De Moor

Konflik sosial adalah konflik yang terjadi ika para anggotanya secara besar- besaran membiarkan diri dibimbing oleh tujuan (nilai) yang bertentangan.


7. Taquiri

Konflik sosial ialah sebuah warisan kehidupan sosial yang boleh berlaku dalam banyak sekali keadaan tanggapan daripada berbangkitnya dari suatu keadaan ketidaksetujuan, kontraversi dan pertentangan di antara dua pihak atau lebih pihak secara berterusan.


8. Robbins

Konflik sosial yaitu suatu proses yang dapat dimulai bila salah satu pihak akan merasakan bahwa pihak lain telah mempengaruhi secara negatif, atau akan segera dapat mempengaruhi secara negatif, sesuatu yang dapat diperhatikan oleh pihak pertama.


9. White dan Bednar

Konflik sosial adalah suatu interaksi di antara banyak orang-orang atau juga kelompok yang saling bergantung dan juga dapat merasakan adanya tujuan yang saling bertentangan dan juga saling mengganggu satu sama lain dalam mencapai suatu tujuan itu.


10. Fisher

Konflik sosial yakni tidak satupun dari sekelompok masyarakat pun yang tidak pernah mengalami suatu konflik antar anggotanya atau dengan suatu kelompok masyarakat lainnya, konflik ini hanya akan hilang bersamaan dengan hilangnya suatu masyarakat itu sendiri.


11. Cassel Concise

Konflik sosial ialah suatu pertarungan, suatu yang benturan atau suatu pergulatan, pertentangan kepentingan, opini-opini atau tujuan-tujuan dan pergulatan mental serta penderitaan batin.


12. Wexley dan Yukl

Konflik sosial yaitu sebuah perselisihan atau juga perjuangan di antara dua pihak (two parties) yang dapat ditandai dengan menunjukkan suatu permusuhan secara terbuka atau juga dapat mengganggu dengan sengaja pencapaian tujuan pihak yang menjadi suatu lawannya.


13. Clinton

Konflik sosial ialah berbagai relasi-relasi psikologis yang antagonis, berkaitan dengan tujuan-tujuan yang tak bisa dipertemukan, sikap-sikap emosional yang bermusuhan, dan juga berbagai struktur-struktur nilai yang berbeda.


14. Zein

Konflik sosial merupakan perdebatan atau pertandingan untuk memenankan sesuatu.


15. Lacey

Konflik sosial ialah suatu pertarungan benturan, perdulatan, pertengkaran kepentingan-kepentingan, opini-opini atau tujuan-tujuan, pergulatan mental, penderitaan batin.


16. Wikipedia

Konflik berasal dari kata kerja Latin yaitu configere yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) di mana salah satu pihak berupaya untuk menyingkirkan pihak lain dengan cara menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.


17. Ariyono Suyono

Konflik sosial yaitu berbagai proses atau keadaan dimana dua belah pihak berusaha untuk dapat menggagalkan tercapainya tujuan masing-masing yang dapat disebabkan adanya perbedaan pendapat, nilai-nilai ataupun tuntutan dari masing-masing pihak.


18. James W.Vander Zanden

Konflik sosial yakni suatu pertentangan mengenai suatu nilai atau tuntutan hak atas kekayaan, kekuasaan, status atau wilayah tempat yang dapat saling berhadapan, bertujuan untuk menetralkan, merugikan ataupun menyisihkan lawan mereka.


19. Simmel

Konflik sosial ialah jika setiap hubungan antara manusia berarti adalah sebuah sosiasi, maka konflik juga wajib diangap sebagai sosiasi.


20. Pace dan Faules

Konflik sosial yaitu ekspresi pertikaian antara individu dengan individu lain, kelompok dengan kelompok lain karena beberapa alasan.


21. Devito

Konflik sosial yakni suatu interaksi yang disebut komunikasi antara individu yang satu dengan yang lainnya, tidak dapat disangkal akan menimbulkan konflik dalam level yang berbeda.


22. Taman dan Burgess

Konflik sosial ialah bentuk yang berbeda dari kompetisi atau persaingan yang merupakan bentuk interaksi, kompetisi atau persaingan adalah perjuangan antara individu atau kelompok individu yang dilakukan tanpa melalui kontak dan komunikasi.


23. Folger dan Poole

Konflik sosial yaitu konflik dapat dirasakan, diketahui, diekspresikan melalui perilaku-perilaku komunikasi.


24. Max Weber

Konflik Sosial ialah konflik apabila sepanjang tindakan yang ada didalamny secara sengaja ditujukan untuk melaksanakan kehendak satu pihak untuk melawan pihak lain.


25. R.E. Park

Konflik sosial dipandang sebagai salah satu bentuk dari suatu interaksi.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 25 Pengertian Konflik Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :