Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Diposting pada

SeputarIlmu.ComHallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Perubahan Sosial.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Perubahan Sosial? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ 23 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap


Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

1. Selo Soemardjan

Perubahan sosial adalah segala perubahan pada lembaga kemasyarakatan didalam suatu masyarakat yang mempengaruhi suatu sistem sosialnya, termasuk didalamnya nilai, sikap dan pola perilaku diantara kelompok-kelompok dalam masyarakat.


2. Kingsley Davis

Perubahan sosial merupakan salah satu perubahan yang sudah dan akan terjadi dalam struktur serta fungsi masyarakat.


3. Mac Iver

Perubahan sosial ialah perubahan-perubahan dalam hubungan sosial atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan hubungan sosial.


4. John Lewis Gillin dan John Philip Gillin

Perubahan sosial sebagai salah satu variasi dari berbagai cara-cara hidup yang telah diterima, baik itu karena perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, komposisi suatu penduduk dan ideologi maupun karena adanya suatu difusi ataupun penemuan-penemuan baru dalam suatu masyarakat.


5. Samuel Koenig

Perubahan sosial menunjuk pada modifikasi-midifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia. Modifikasi-modifikasi ini bisa terjadi karena faktor-faktor intern maupun ekstern.


6. William F. Ogburn

Perubahan sosial menekankan pada kondisi teknologis yang menyebabkan terjadinya perubahan-perubahan pada aspek kehidupan sosial, seperti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat berpengaruh pada pola berfikir masyarakat.


7. Emile Durkheim

Perubahan sosial ialah suatu perubahan yang terjadi sebagai hasil dari faktor-faktor ekologis dan demografis, yang mengubah kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional yang diikat solidaritas mekanistik, ke dalam kondisi masyarakat modern yang diikat oleh solidaritas organistik.


8. Robert M.I Lawang

Perubahan sosial ialah sebuah proses ketika dalam suatu sistem sosial terdapat perbedaan-perbedaan yang dapat diukur yang terjadi dalam suatu kurun waktu tertentu.


9. Max Weber

Perubahan sosial yaitu perubahan situasi dalam masyarakat sebagai akibat adanya ketidaksesuaian unsur-unsur.


10. Robert H. Lauer

Perubahan sosial yakni sebuah perubahan dalam segi fenomena sosial di berbagai tingkat kehidupan manusia, mulai dari tingkat individual sampai pada tingkat dunia.


11. Prof. Dr. M. Tahir Kasnawi

Perubahan sosial ialah suatu proses perubahan, modifikasi, atau penyesuaian-penyesuaian yang terjadi dalam pola hidup masyarakat, yang mencakup nilai-nilai budaya, pola perilaku kelompok masyarakat, hubungan-hubungan sosial ekonomi, serta kelembagaan-kelembagaan masyarakat, baik dalam aspek kehidupan material maupun nonmateri.


12. Bruce J. Cohen

Perubahan sosial yaitu suatu perubahan yang sangat struktur sosial dalam sebuah organisasi sosial sehingga suatu syarat dalam perubahan itu ialah sebuah sistem sosial, perubahan hidup dalam suatu nilai sosial dan juga budaya masyarakat.


13. Paul B. Horton dan Chester L. Hunt

Perubahan sosial merupakan suatu hal yang tetap dan selalu ada di dalam alam semesta.


14. Atkinson dan Brooten

Perubahan sosial ialah salah satu proses yang akan membuat sesuatu atau seseorang berbeda dengan keadaan sebelumnya dan juga merupakan sebuah proses yang dapat menyebabkan perubahan pola perilaku individu atau institusi.


15. Pasurdi Suparlan

Perubahan sosial merupakan perubahan dalam struktur sosial dan pola-pola hubungan sosial yang mencakup sistem status, hubungan keluarga, sistem politik dan kekuasaan, maupun penduduk.


16. Hans Garth dan C. Wright Mills

Perubahan sosial ialah suatu perubahan yang terjadi baik kemunculan, perkembangan, atau bahkan kemunduran, dalam kurun waktu tertentu kepada tatanan yang meliputi struktur sosial.


17. Robert Morrison Mac Iver

Perubahan sosial adalah salah satu perubahan dalam bidang hubungan sosial atau juga perubahan terhadap keseimbangan dalam hubungan sosial tersebut.


18. Roucek dan Warren

Perubahan sosial sebagai perubahan dalam proses sosial atau dalam struktur masyarakat.


19. Wilbert E. Moore

Perubahan sosial merupakan salh satu hasil dari evolusi rektilinier yang sederhana dimana fungsi waktu berbanding lurus dengan suatu perubahan peradaban. Ia juga mempercayai bahwa perubahan dapat ditentukan oleh waktu kapan perubahan itu akan terjadi.


20. Wikipedia

Perubahan sosial yaitu berbagai perubahan-perubahan yang sudah dan akan terjadi dalam berbagai lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang juga dapat memengaruhi sistem sosialnya, termasuk pada nilai, sikap-sikap sosial, serta suatu pola perilaku di antara berbagai kelompok-kelompok dalam masyarakat.


21. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Perubahan sosial yakni suatu perubahan pada berbagai lembaga kemasyarakatan, yang dapat mempengaruhi sistem sosial masyarakat, termasuk pada nilai-nilai, sikap, pola dan juga perilaku di antara kelompok dalam masyarakat.


22. W. Kornblum

Perubahan sosial ialah perubahan suatu budaya masyarakat secara bertahap dalam jangka waktu lama.


23. Raja

Perubahan Sosial adalah segala bentuk perubahan pada suatu lembaga masyarakatan yang mampengaruhi sistem sosial.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 23 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :