Pengertian Abstrak Menurut Para Ahli

Diposting pada

SeputarIlmu.ComHallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Abstrak.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Abstrak? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ 8 Pengertian Abstrak Menurut Para Ahli Terlengkap


Pengertian Abstrak Menurut Para Ahli

1. Frederick Wilfrid Lancaster

Abstrak adalah suatu representasi yang ringkas tetapi memiliki keakuratan dari isi suatu dokumen. Meskipun menggunakan berbagai kalimat yang ada dalam sebuah dokumen, abstrak merupakan sepenggal teks yang diciptakan oleh yang membuat keabstrakan itu sendiri namun bukan merupakan kutipan langsung dari penulisnya.


2. International Standart Organisation ( ISO)

Abstrak ialah uraian singkat yang akurat yang mewakili isi atau inti suatu dokumen tanpa adanya tambahan interpretasi atau kritikan dan tanpa melihat siapa yang membuat sari karangan tersebut.


3. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Abstrak yaitu sesuatu yang tidak berwujud, tidak berbentuk, niskala, dan mujarad. Abstrak diartikan sebuah ikhtisar sebuah karangan atau laporan dan sebagainya atau ringkasan ini dari sebuah dokumen.


4. Clarence W Rowley

Abstrak yakni sebuah penyajian isi atau inti sebuah dokumen secara ringkas dan akurat dalam gaya yang sama dengan dokumen aslinya.


5. Maizel

Abstrak adalah suatu ringkasan yang disajikan secara singkat dan jelas bagian yang memuat tujuan, cakupan atau jangkauan dan temuan dari suatu artikel.


6. Davis dan Rush

Kata Astrak “A” ialah sebuah “Set” dari kalimat-kalimat “S” sedemikian rupa sehingga A = (S/S D). D yaitu suatu dokumen yang diabstrakkan.

Teori pada set ini menyatakan bahwa (A) yakni sebuah set dari kalimat-kalimat atau berbagai kumpulan kalimat-kalimat (S) yang merupakan salah satu anggota dari suatu dokumen asli.


7. Collison

Abstrak ialah suatu penyajian ringkas dalam bahasa si pengarang mengenai semua butir-butir yang pokok /utama dari dokumen asli.


8. American National Standards Institute’s

Abstrak yaitu pernyataan secara singkat tetapi akurat dari isi suatu dokumen, tanpa menambahkan tafsiran ataupun kritik dan tanpa membedakan untuk siapa abstrak itu dibuat.


Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Menulis Abstrak

  • Fokus dalam hal yang penulis sedang kerjakan. Kalimat yang diberikan harus memberitahukan kepada pembaca bahwa suatu kegiatan sudah dilakukan oleh penulis, seperti memberikan kalimat informasi mengenai objek penelitian, latar belakang penelitian, tujuan, dan metode penelitian.
  • Selanjutnya penulis dapat menyajikan temuan utama.
  • Urutan terakhir adalah pandangan atau perspektif ke depan yang berhubungan dengan penelitian atau kajian yang telah penulis lakukan.
  • Selain ketiga hal tersebut, hal-hal lain yang perlu diperhatikan adalah susunan abstrak harus dibuat secara sistematis. Susunan sistematis tersebut adalah pendahuluan (Introduction), metode riset atau penelitian yang digunakan (Methodology), hasil riset atau penelitian (Research finding), dan pembahasan yang diawali dengan sajian dan analisis data (discussion). Susunan sistematis tersebut dapat disingkat menjadi IMRAD.

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan oleh penulis, yakni antara lain :

  • Penulis tidak mengubah pengertian dari artikel asli atau karya ilmiah.
  • Penulis memberikan komentar atau pengertian dari artikel asli atau karya ilmiah.
  • Penulis dapat menyertakan hasil atau temuan utama setelah penelitian secara ringkas.
  • Penulis tidak perlu menyebutkan pekerjaan yang akan dilakukan dalam penyusunan abstrak (uraian singkat).
  • Penulis dapat menyampaikan uraian secara lugas, jelas, dan tidak berbelit-belit.
  • Penulis tidak menuliskan istilah yang sulit dimengerti oleh pembaca.
  • Penulis harus bijak dalam menggunakan kata atau diksi dalam penyusunan uraian singkat.
  • Penulis tidak mengulang-ulang sesuatu yang sudah digunakan sebelumnya.
  • Penulis tidak menggunakan gaya bahasa yang kaku.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai 8 Pengertian Abstrak Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :