Bola Tangan

Diposting pada

SeputarIlmu.com – Hai teman-teman online, pada kesempatan kali ini SeputarIlmu.com akan membahas mengenai artikel yang berjudul Bola Tangan. Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Bola Tangan? Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.

Bola Tangan : Pengertian, Sejarah, Macam, Teknik, Manfaat, Peraturan & Cara Bermainnya Lengkap


Pengertian Bola Tangan

Bola tangan merupakan suatu jenis permainan yang dimainkan antara dua tim, yang masing-masing tim mencoba untuk melemparkan atau memukul bola yang melambung ke gawang di salah satu ujung area permainan berbentuk persegi panjang berukuran 20 x 40 meter, sambil mencegah lawan mereka melakukannya.


Pengertian Bola Tangan Menurut Para Ahli

1. Menurut Lutan

Bola tangan yakni sebuah permainan dengan irama yang cepat dengan melibatkan dua tim yang mana masing – masing tim terdiri dari tujuh orang dengan berbagai tugas, seperti mengoper, melempar, menangkap dan melakukan mendribble bola kecil menggunakan tangan guna menciptkana gol ke gawang tim lawan.


2. Menurut Haris (1991:12)

Bola tangan juga mempunyai prinsip-prinsip seperti cabang olahraga pada umumnya. Prinsip-prinsip tersebut ialah seperti permainan tim, menggunakan tangan untuk memainkannya dan gol yang diciptakan akan menentukan hasil pertandingan.


3. Menurut Mahendra (2000:9)

Permainan bola tangan yakni suatu permainan yang dapat melatih kemampuan gerak dasar untuk dapat membentuk kemampuan kecepatan gerak dan kekuatan denga secara koordinasi dan kolektivitas. Permainan ini juga sangat memerlukan gerak dasar yang menyerupai permainan bola basket. Contohnya seperti kemampuan berlari cepat, lari mengubah arah dengan, melompat, melempar dan bergerak ekplosif.


Sejarah Bola Tangan

Olahraga bola tangan ini diperkirakan sudah ada sejak zaman Yunani Kuno sekitar abad ke 130 – 200 Masehi. Terdapat juga olahraga yang menyerupai bola tangan yaitu “Urani”, tetapi tentu saja memiliki sedikit perbedaan.

Abad ke 11 Masehi, permainan bola tangan mulai terkenal di beberapa negara Jerman yang dipopulerkan oleh seorang pria bernama Walther Von Der Vgelweide, tetapi dengan nama yang berbeda yaitu fangballspiel atau apabila diartikan dalam bahasa Indonesia yakni suatu permainan tangkap bola yang terdiri dari 11 pemain.

Pada abad ke 14 Masehi, Bola tangan lebih mengalami penyebaran yang sangat cepat ke beberapa negara di benua Eropa dan Amerika, dimana olahraga ini telah dimainkan di Denmark dan Perancis. Abad ke 17 Masehi, penduduk asli Amerika Eskimo telah ikut serta dalam memainkan permainan bola tangan ini.

Kemudian pada abad ke 19 Masehi, bola tangan mulai mengalami beberapa perubahan peraturan dengan 7 orang pemain dan dikenal dengan bola tangan lapangan. Tokoh – tokoh yang mengembangkan olahraga ini adalah seorang pria asal Jerman yang bernama Hirschman dan Dr. Karl Schelenz. Mereka berdua dikenal sebagai penemu dari bola tangan lapangan modern.

Bola tangan kemudian semakin popular dan menyebar hingga seluruh dunia, banyak kompetisi – kompetisi telah diselenggarakan. Hingga pada akhirnya, dibentuklah IHF (International Handball Federation) pada tahun 1946 dan mengadakan kejuaraan dunia bola tangan pada tahun 1954. IHF telah tercatat memiliki kurang lebih 160 negara sebagai anggota.


Macam-Macam Bola Tangan

  • Permainan bola tangan gabungan, dimana dapat dimainkan di lapangan terbuka, namun tetap menggunakan peraturan indoor handball.
  • Bola tangan indoor handball, dimana dapat dimainkan oleh 7 pemain di lapangan tertutup.
  • Bola tangan outdoor handball, permainan bola tangan ini dimainkan oleh 11 pemain di lapangan terbuka.

Teknik Bola Tangan

1. Teknik Menghadang Lawan

Jika kamu pandai dalam mengahalau tim lawan, dapat dipastikan kamu memiliki potensi untuk menjadi pemain bertahan. Dalam menghadang lawan juga dibutuhkan badan yang besar, fisik yang kuat, serta stamina yang ekstra.


2. Teknik Menggiring Bola  (Dribbling)

Dribbling dalam bola tangan menjadi hal yang sangat penting untuk dapat menentukan kemenangan. Sama hal nya dengan uraina, dibutuhkan latihan yang rutin untuk dapat melakukan teknik ini dengan baik. Dribbling yang bagus itu membutuhkan tangan yang elastic atau tidak kaku agar lebih mudah dalam memantulkan bola.


3. Menangkap Bola (Catch)

Teknik menangkap bola dalam permainan bola tangan ini sangat diperlukan agar dapat menerima umpan – umpan dan tembakan dari lawan. Teknik ini butuh latihan yang banyak agar dapat menguasainya. kamu juga harus mengetahui bagaimana cara menangkap bola yang datang dengan keras, bola tinggi, bola rendah, serta bola yang sedang menggelinding. Perasaan kamu disini sangat diperlukan dalam memprediksi kapan bola harus ditangkap.


4. Teknik Mengumpan (Passing)

Jika kamu tidak terampil menembak atau menggiring bola, itu akan ditanggung jika kamu mahir mengoper bola. Teknik ini sangat – sangat penting peranannya dalam tim, mengapa begitu? Karena seorang pemain dapat mencetak gol karena umpan indah dari teman-temannya.

Terdapat 2 teknik dalam memancing dalam berbagai situasi dan kondisi, yaitu sebagai berikut:

  1. Memberi umpan dengan satu tangan, metode ini digunakan untuk memancing teman jika jaraknya jauh dari Anda.
  2. Memberi umpan dengan dua tangan, metode ini digunakan untuk memancing teman jika jaraknya dekat dengan Anda.

5. Teknik Menembak (Shooting)

Teknik ini sangat berpengaruh bagi tim, karena dengan penembakan yang keras dan akurat, akan mampu mencetak gol dan menghasilkan kemenangan. Shooting biasanya dilakukan oleh pemain yang memiliki lemparan yang kuat dan ditempatkan di posisi depan.

Terdapat beberapa jenis shooting, yaitu sebagai berikut:

  • Jump shot, teknik ini dilakukan dengan menggiring bola terlebih dahulu lalu melompat sebelum menembak ke gawang lawan.
  • Standing throw shot, teknik ini dilakukan dengan menggiring bola terlebih dahulu kemudian menembak bola sekuat mungkin.
  • Tembakan jatuh, teknik ini dilakukan dengan menggiring bola terlebih dahulu yang kemudian menjatuhkan tubuh ke depan saat menembak bola di posisi akhir dengan tubuh terlentang.
  • Tendangan samping, teknik ini dilakukan dengan menggiring bola terlebih dahulu, kemudian menembak bola dengan keras dengan posisi tubuh sedikit menyamping ke kanan jika Anda adalah pengguna yang menggunakan tangan kanan.
  • Tembakan selam, teknik ini dilakukan dengan membalikkan punggung pada gawang terlebih dahulu kemudian melakukan lompatan sambil menembak ke arah gawang dengan kuat.
  • Tembakan terbalik, teknik ini dilakukan dengan mendukung arah tembakan dan kemudian memegang bola dengan kedua tangan, di mana posisi tangan kiri di bawah bola (jika Anda adalah pengguna tangan kanan), balikkan tubuh Anda saat menembak bola .
  • Tembakan terbang, teknik ini dilakukan dengan menembak sambil melompat menggunakan kaki kiri.

Peraturan Bola Tangan

1. Jumlah Pemain

Pemain dibagi menjadi dua regu yang saling berlawan dalam satu lapangan. Masing-masing regu terdiri atas 14-16 pemain dengan 7 pemain inti dan sisanya cadangan.


2. Jumlah Wasit

Jumlah wasit dalam pertandingan bola tangan resmi yakni berjumlah 2 orang yang memiliki masing-masing tugas yang sama dengan dibantu oleh seorang pencatat waktu dan pencatat skor.


3. Ukuran Lapangan

Handball dimainkan di lapangan dengan ukuran panjang 40 meter dengan lebar 20 meter.


4. Durasi Waktu

Durasi waktu permainan handball dalam satu pertandingan terdiri atas 2 babak, yang masing-masing babak memiliki durasi 35 menit untuk putra dan 30 menit untuk putri.


5. Ukuran Bola Tangan

Untuk pemain putra yang memiliki umur 16 tahun ke atas, berat bola yang disarankan yakni 425-475 gram. Untuk pemain putri yang memiliki umur 14 tahun ke atas, berat bola yang disarankan yakni 325-375 gram. Dan untuk pemain putra dan putri yang berusia dibawah 16 dan 14 tahun, berat bola yang disarankan yakni 290-330 gram.


6. Pelanggaran

Pelanggaran akan terjadi apabila:

1. Memasuki daerah kiper.
2. Mendribbling bola lebih dari tiga langkah.
3. Memegang sebuah bola lebih dari tiga detik.
4. Melakukan hal-hal yang berbau kekerasan kepada lawan
5. Tampak sengaja melempar bola kelawan dengan keras.
6. Melempar bola dan menangkapnya kembali sebelum ada sentuhan dari lawan atau teman.


Cara Memainkan Bola Tangan

  • Pemain boleh menghentikan, menangkap, menangkap dan meyentuh bola dengan menggunakan tangan, kepala, badan, paha dan lutut.
  • Membawa bola paling banyak 3 langkah kaki dan bola harus dipantulkan atau di dribble.
  • Menahan bola paling lama 3 detik.

1. Aturan bermain di wilayah atau daerah gawang

  • Mengembalikan Bola ke Daerah Gawang
  • Penjaga gawang bebas bergerakk di area gawang.
  • Bola di wilayah gawang adalah hak penjaga gawang.
  • Pemain yang memasuki area gawang akan mendapatkan hukuman berupa lemparan bebas atau pinalti.
  • Pemain bertahan memasuki area gawang hukumannya lemparan 14 meter.

2. Boleh melempar bola memasuki area gawang dan kiper.

  • Diperbolehkan membawa bola di area gawang.
  • Tidak diperbolehkan menahan bola selama 3 detik.
  • Akan terjadi lemparan sudut bila bola keluar.

3. Aturan Penjaga Gawang atau Kiper

  • Diperbolehkan membawa bola di areanya.
  • Diperbolehkan melempar dengan segala cara.
  • Tidak diperbolehkan menahan bola selama 3 detik.
  • Terkena hukuman apabila membawa bola keluat area gawang.

Manfaat Bola Tangan

1. Menjadi Lebih Cerdas

Olahraga bola tangan bukan hanya mengandalkan fisik yang kuat, tetapi juga otak yang cerdas agar dapat memikirkan strategi yang tepat untuk dapat memenangkan suatu pertandingan.


2. Memperkuat Mental

Setiap adanya pertandingan, kamu tidak mungkin selalu mendapatkan yang namanya kemenangan, pasti akan mengalami yang namanya kekalahan. Dengan sebuah kekalahan, akan menjadi suatu pembelajaran agar menjadi lebih baik dari sebelumnya.


3. Menambah Kesehatan Fisik

Olahraga bola tangan merupakan permainan yang diwajibkannya berjalan serta berlari untuk dapat menggiring bola supaya dapat mempertahankan dan mencetak skor kegawang musuh. Aktifitas ini dapat menambah stamina dan kekuatan tubuh.


4. Menjadi Lebih Disiplin

Hal utama yang harus dilakukan dalam bermain bola tangan ialah dengan dilakukan latihan dengan giat dan juga harus disertai dengan doa. Latihan bola tangan akan dapat membuat kamu menjadi lebih disiplin dalam berlatih.


5. Meningkatkan Kerja Sama

Komunikasi sangat dibutuhkan antar para pemain di pertandingan bola tangan. Karena dengan adanya suatu komunikasi, akan membentuk kerja sama tim.


Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Bola Tangan : Pengertian, Sejarah, Macam, Teknik, Manfaat, Peraturan & Cara Memainkannya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :