Gizi Adalah

Diposting pada

√ Gizi : Pengertian, Fungsi dan Jenis Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Gizi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Gizi? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Gizi : Pengertian, Fungsi dan Jenis Terlengkap


Pengertian Gizi

Gizi merupakan zat yang terdapat pada makanan yang dibutuhkan oleh organisme untuk pertumbuhan serta perkembangan yang dimanfaatkan langsung oleh tubuh yang meliputi vitamin, mineral, protein, lemak maupun air.

Zat gizi diperoleh dari makanan yang didapatkan dalam bentuk sari makanan dari hasil pemecahan pada sistem pencernaan. Zat gizi dibagi menjadi dua yaitu zat gizi organik dan zat anorganik.

Zat-zat gizi organik seperti lemak, vitamin, karbohidrat dan protein. Sedangkan zat gizi anorganik ialah terdiri dari air dan mineral dan tidak itu saja.


Fungsi Zat Gizi

  • Menjadi sumber tenaga atau energi.
  • Memperbaiki sel-sel yangrusak.
  • Menjadi sumber pertumbuhan & perkembangan.
  • Mempertahankan fungsi dari pada organ tubuh.
  • Menjaga keseimbangan pada metabolisme.
  • Pengatur serta pendukung dari proses metabolisme.
  • Dapat membentuk sel-sel pada jaringan tubuh.

Pengertian Gizi Menurut Pendapat Para Ahli

1. Chairinniza K. Graha

Gizi ialah suatu unsur yang terkandung di dalam makanan, yang dimana unsur-unsur itu dapat memberikan suatu manfaat bagi tubuh yang ketika mengkonsumsinya dapat menjadi sehat.


2. I Dewa Nyoman Suparisa dkk

Gizi yakni suatu proses organisme yang menggunakan makanan yang dimakan atau dikonsumsi secara normal melalui tahapan proses degesti, absorpsi, dan transportasi.


3. Joyce James, Colin Baker, Helen Swain

Gizi merupakan komponen kimia dalam makanan yang telah digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi dan dapat membantu pertumbuhan, perbaikan, dan membantu perawatan sel-sel tubuh.


4. Sunita Almatser

Gizi merupakan termasuk zat organik yang mengandung senyawa karbon yang dapat dibakar, jumlah zat gizi tersebut yang paling banyak terdapat dalam pangan dan ini disebut juga zat pembakar.


5. Dr. I.K.G. Suandi, Spa

Gizi merupakan suatu bagian dari proses kehidupan dan proses tumbuh kembang anak, maka sehingga pemenihan kebutuhan gizi harus secara akurat turut menentukan kualitas untuk tumbuh kembang, dan sebagai sumber daya manusia untuk dimasa yang akan datang.


6. Ida Purnomowati, Diana H, Cahyo

Gizi merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk membantu proses pertumbuhan, mempertahankan dan memperbaiki jaringan yang ada di tubuh tubuh, mengatur proses dalam tubuh, dan menyediakan energi guna untuk fungsi tubuh, atau dapat juga diartikan sebagai komponen untuk pembangun tubuh manusia.


7. Lioni Ellis H

Gizi merupakan komponen penting yang sangat diperlukan tubuh untuk dapat tumbuh dan berkembang.


8. Harry Oxorn & William R. Forte

Gizi meliputi pengertian yang luas, tetapi tidak hanya mengenai tentang jenis-jenis pangan dan gunanya bagi badan kita melainkan juga untuk mengenai cara-cara memperoleh serta dapat mengolah dan mempertimbangkan agar kita semua tetap sehat.


9. Nirmala Devi

Gizi yaitu substansi yang diperoleh dari berbagai makanan dan digunakan untuk membantu proses pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan pada jaringan tubuh.


10. Tuti Sunardi

Gizi ialah sesuatu yang dapat mempengaruhi proses perubahan dari semua jenis makanan yang dapat masuk ke dalam tubuh, yang gunanya dapat mempertahankan kehidupan kita.


11. WHO

Gizi yakni sebagai ilmu yang mempelajari proses-proses yang terjadi pada hidup organisme hidup. Proses tersebut dapat mencakup pengambilan dan pengolahan antara zat padat dan cair yang berasal dari makanan yang diperlukan untuk memelihara kehidupan, pertumbuhan, serta berfungsinya organ-organ tubuh dan menghasilkan energi.


Jenis-Jenis Gizi

1. Jenis Zat Gizi Berdasarkan Sumbernya

  • Nabati yakni merupakan sumber gizi yang berasal dari tumbuhan.
  • Hewani yakni merupakan zat gizi yang berasal dari hewan.

2. Jenis Zat Gizi Berdasarkan Jumlahnya

  • Zat gizi makro atau makronutrisi
  • Yakni merupakan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang besar dengan satuan gram. Adapun zat gizi makro ini ialah karbohidrat, protein, dan lemak.
  • Zat mikro atau mikronutrisi
  • Yakni merupakan zat gizi atau nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sedikit Adapun zat gizi mikro ialah vitamin, air, dan mineral.

3. Jenis Zat Gizi Berdasarkan Fungsinya

  • Sumber energi bagi tubuh
  • Energi bagi tubuh digolongkan pada jenis gizi seperti protein, karbohidrat, dan lemak.
  • Pembangunan & Penjaga tubuh
  • Pembangun dan penjaga tubuh digolongkan pada jenis gizi yakni seperti protein, vitamin, mineral, dan lemak.
  • Pengatur kerja dalam tubuh
  • Pengatur kerja dalam tubuh ialah untuk mengatur proses metabolisme yang terdapat pada tubuh yang digolongkan pada jenis gizi seperti lemak, protein, air, dan mineral.

Keperluan Gizi Untuk Tubuh Manusia

  • Adanya pasokan vitamin pada tubuh. Kamu dapat menemukan vitamin dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran, minimal satu hari sekali Anda tidak melewatkan untuk memakan sayuran dan buah-buahan. Dan tubuh yang kekurangan vitamin akan mudah terkena penyakit. Contohnya saja kekurangan vitamin B12 akan menyebabkan gangguan syaraf otak. Dan juga kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kerusakan pada mata, sedangkan kekurangan vitamin C dapat menurunkan kekebalan tubuh.
  • Kemudian tubuh anda membutuhkan karbohidrat. Yang kita tahu bahwa karbohidrat musuh terbesar buat mereka yang sedang menjalani diet ketat. Tapi, karbohidrat sangat dibutuhkan untuk tubuh dan banyak pelaku diet yang mengalami sejumlah masalah karena benar-benar meninggalkan karbohidrat dalam menu diet mereka.
  • Lalu kebutuhan tubuh pada mineral. Adanya fosfor, kalium, zat besi, kalsium, yodium, flourin, magnesium, dan natrium merupakan mineral yang wajib dikonsumsi oleh tubuh. Itu karena dengan banyak mengkonsumsi mineral, dapat membantu kesehatan otak Anda, kesehatan jantung, menjaga sel-sel Anda tetap kuat, kekeblan tubuh terjaga, juga dengan asupan mineral yang terjaga tubuh Anda akan tetap sehat dan Anda akan produktif sepanjang hari.
  • Selain itu kebutuhan tubuh akan lemak sehat sepertihalnya omega-3 sangat penting. Yang fungsi lemak ini untuk adalah untuk mengangkut, menyimpan, dan menyerap vitamin A, E, D, dan K.
  • Lalu kebutuhan pada protein. Zat protein dapat ditemukan pada telur, ikan, daging, keju, kacang-kacangan, yoghurt, dan biji-bijian. Dan protein dapat membantu memperbaiki sel-sel syaraf Anda, membantu mempercepat proses penyembuhan, membantu menurunkan berat badan, membuat kuku dan rambut Anda juga sehat.
  • Terakhir kebutuhan tubuh pada serat. Karna serat mampu untuk mengurangi kolesterol, mencegah diabetes, sembelit, dan menigkatkan gerakan usus. Dan makanan yang kaya akan serat yaitu beras merah, kacang-kacangan, biji-bijian, popcron, buah, dan sayuran.

Macam-Macam Zat Gizi

1. Karbohidrat

Zat ini menyediakan berbagai macam kebutuhan dasar yang dibutuhkan manusia. Dan berbagai jenis makanan yang banyak mengandung karbohidrat antara lain adalah jagung, kentang, nasi, dan lain sebagainya.


2. Protein

Zat ini terdiri atas 2 macam, antara lain protein hewani serta protein nabati. Pada sumber protein hewani sebagai berikut : ikan, keju, telur, susu, dan lain sebagainya.

Dan sumber protein nabati sebagai berikut : tahu, tempe, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Dalam kebutuhan protein tersebut berbeda untuk setiap orang.


3. Lemak

Ada 2 macam sumber lemak secara umum, yaitu lemak nabati serta lemak hewani. Sebagai contoh sumber lemak nabati antara lain : margarine, kemiri, minyak kelapa, dan lain sebagainya. Begitupun sumber lemak hewani antara lain : susu, daging, keju, dan lain sebagainya.

Karena kebutuhan lemak bagi setiap orang tentu berbeda. Dan kebutuhan lemak bagi orang yang bertempat tinggal di iklim yang dingin lebih banyak yaitu sekitar 1/2-1 gram/kg berat badan.


4. Vitamin

Zat vitamin adalah komponen gizi yang sangat penting dibutuhkan tubuh. Selain itu, vitamin dapat membantu untuk memperlancar proses metabolisme tubuh, akan tetapi vitamin tidak dapat menghasilkan energi.

Tetapi, walau tubuh membutuhkan vitamin dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, namun keberadaan vitamin sangat penting.

Dan hal ini karena avitaminose atau kekurangan vitamin dapat mengakibatkan terjadinya gangguan pada proses metabolisme tubuh, hal ini disebabkan karena fungsi zat gizi vitamin yang tidak dapat untuk digantikan oleh senyawa lain.


5. Mineral (Garam-garaman)

Zat mineral dibutuhkan oleh manusia juga sama dengan vitamin, yaitu dibutuhkan dalam jumlah sedikit. Tapi walaupun begitu, kebutuhan mineral sangatlah penting.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Gizi : Pengertian, Fungsi dan Jenis Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :