Tulang Pelipis

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Tulang Pelipis.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Tulang Pelipis? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Tulang Pelipis : Pengertian, Fungsi, Ciri dan Letak Terlengkap


Pengertian Tulang Pelipis

Tulang pelipis merupakan salah satu anggota tulang tengkorak manusia yang terletak pada bagian kepala tepatnya di daerah yang ada di belakangan di samping dahi dan juga mata.

Sederhananya, tulang pelipis ini berapa pada bagian atas dari tulang pipi yaitu bagian yang membentuk lengkungan khusus yang dinamakan dengan zigomatik. Nama latin tulang pelipis adalah Os. temporale. Secara anatomi, tulang pelipis terletak di depan telinga.

Rangka kepala atau biasa disebut tengkorak kepala merupakan tulang di bagian kepala yang berperan penting, dalam melindungi otak yang mengatur semua sistem saraf dan sistem lain dalam tubuh manusia.

Jika terjadi cedera pada bagian kepala, maka kemungkinan akan terjadi beberapa gangguan. Salah satu tulang penyusun rangka kepala atau tengkorak yaitu tulang tapis.


Ciri-Ciri Tulang Pelipis

  • Memiliki ukuran yang besar dan luas.
  • Terdapat 2 buah tulang pelipis yang masing-masing berada di sisi kepala.
  • Tulang pelipis ini memiliki bentuk yang pipih atau gepeng.
  • Tulang pelipis yang ada di bagian samping kanan dan samping kiri sisi kepala memiliki bentuk dan juga ukuran yang sama, keduanya juga memiliki struktur yang kuat yang memungkinkan kedua tulang pelipis tersebut melindungi area otak dan juga bagian kepala yang ada di sekitar tulang pelipis.

Fungsi Tulang Pelipis

1. Untuk Melindungi Otak

Dengan bentuknya yang lebar dan memiliki struktur yang kuat dan berada di sisi kanan dan sisi kiri memungkinkan tulang pelipis untuk melindungi otak secara luas dan menjaga otak dari berbagai trauma yang berasal dari luar tubuh.


2. Untuk Melindungi Saraf

Di dalam otak terdapat saraf-saraf yang melekat dan memiliki peran masing-masing untuk mengatur seluruh aktivitas dalam tubuh.

Selain itu, tulang pelipis juga memberi pelindungan pada saraf otak dari trauma sehingga memungkinkan sistem saraf tetap bisa menghubungkan seluruh respon dalam tubuh dengan otak dengan sempurna.


3. Sebagai Tempat Melekatnya Otot-Otot

Di dalam tulang pelipis juga terdapat otot-otot yang berperan dalam menjaga serta mempertahankan kekuatan dari tulang tengkorak dan berdampak pada aktifitas di seluruh kepala seorang individu, otot tersebut disebut dengan musculus temporalis dan musculus-musculus ekstrinsik.


4. Mampu Menghasilkan Gerakan Respon

Seperti kontraksi dan relaksasi otot yang menempel pada rangka bisa menggerakkan rangka, mempertahankan postur dan posisi kepala tetap seimbang, misalnya seperti mempertahankan posisi kepala saat sedang membaca buku, berjalan dengan posisi tegak dan lain sebagainya.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Tulang Pelipis : Pengertian, Ciri, Fungsi & Letaknya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :