Tulang Rusuk

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Tulang Rusuk.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Tulang Rusuk? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Tulang Rusuk : Pengertian, Fungsi, Gambar dan Struktur Terlengkap


Pengertian Tulang Rusuk

Tulang rusuk atau iga (costae) merupakan tulang panjang yang melengkung dan membentuk rongga rusuk. Tulang rusuk melindungi dada (thorax), paru-paru, jantung, hati, dan organ dalam lainnya di rongga dada.

Pada mamalia, tulang rusuk terdapat hanya di bagian dada. Akan tetapi pada reptil, tulang rusuk kadang-kadang terdapat dari bagian leher hingga sacrum. Terdapat beberapa jenis ikan yang dapat memiliki hingga 4 rusuk pada setiap tulang punggung.

Manusia baik pria maupun wanita memiliki 24 tulang rusuk (12 pasang). Hal ini pertama kali dikemukakan oleh Vesalius pada tahun 1543 untuk menyelesaikan kontroversi yang terjadi pada saat itu.

Tulang rusuk (costa) ini merupakan tulang penyusun rangka manusia yang melengkung dan membentuk bagian besar dari kerangka dada, ada 12 rusuk tulang yang berjejer di setiap sisi kiri dan sisi kanan dan berjejer ke bawah dengan sedemikian rupa. Diselingi spasi yang disebut ruas antar costa.


Fungsi Tulang Rusuk

  • Sebagai pelindung organ-organ penting seperti jantung, hati dan paru-paru serta organ lain yang berada di rongga dada.
  • Untuk membantu pernafasan saat otot-otot interkostal mengangkat dan menurunkan tulang rusuk, memfasilitasi dan menghembuskan nafas. Selain itu, memiliki kerangka sebagai kerja otot dada, punggung, dan perut juga korset bahu atas dapat menempel, diafragma juga melekat pada batas bawah tulang rusuk.
  • Tanpa tulang rusuk maka manusia tidak bisa bernafas dengan lancar dan tanpa tulang rusuk tidak ada pelindung bagi organ penting yang ada pada tubuh manusia.
  • Sebagai Suatu dukungan, respirasi dan perlindungan.

Struktur Tulang Rusuk

Tulang rusuk berjumlah 24 atau 12 pasang yang berpasangan kiri dan kanan. Akan tetapi, tidak sedikit manusia yang memiliki satu tambahan tulang rusuk dan ada juga yang justru kekurangan 1 tulang rusuk.

Tujuh pasang tulang rusuk pertama menempel di depan dada, tulang yang kuat terletak ditengah dada dan set sisa dari tulang rusuk tidak menempel ke sternum langsung.

3 pasang berikutnya berada di tulang rawan pada tulang rusuk, dua set terakhir dari tulang rusuk disebut rusuk mengambang karena tulang rusuk tersebut tidak terhubung ke sternum tulang rusuk. Tapi tidak perlu khawatir karena iga tetap melekat pada tubuh.


Bagian-Bagian Tulang Rusuk

1. Tulang Rusuk Palsu

Tulang rusuk palsu berjumlah 3 pasang, tulang rusuk ini memiliki ukuran sangat pendek dibanding tulang rusuk sejati, tulang ini berhubungan langsung dengan ruas tulang bagian belakang sedangkan ketiga ujung tulang depan disatukan oleh tulang rawan yang kemudian melekat pada satu titik ditulang dada.


2. Tulang Rusuk Sejati

Tulang rusuk sejati berjumlah 7 pasang, tulang rusuk ini berada di bagian belakang yang berhubungan langsung dengan ruas tulang belakang sedangkan ujung depannya berhubungan dengan bagian tulang dada dengan perantara yang dibantu tulang rawan.


3. Tulang Rusuk Melayang

Tulang rusuk melayang berjumlah 2 pasang, tulang rusuk ini sama seperti tulang sejati berada di bagian paling belakang yang berhubungan dengan bagian ruas-ruas tulang belakang tapi ujung depannya bebas atau tidak terhubung dengan bagian tulang lainnya.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Tulang Rusuk : Pengertian, Fungsi, Struktur, Bagian & Gambarnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :