Tulang Tapis

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Tulang Tapis.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Tulang Tapis? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Tulang Tapis : Pengertian, Fungsi, Ciri dan Letak Terlengkap


Pengertian Tulang Tapis

Tulang tapis atau tulang etmoid (Os ethmoidale) merupakan tulang bagian kepala yang terletak di depan tulang baji dan diantara tulang mata. Tulang tapis berukuran kecil, berbentuk pipih, dan berjumlah 2 buah.


Ciri-Ciri Tulang Tapis

1. Berbentuk Pipih

Tulang tapis berbentuk pipih. Tulang pipih merupakan tulang yang bentuknya gepeng. Namun ulang tapis ini terlihat seperti lempengan kecil. Sebagai tulang berbentuk pipih, maka tulang tapis tersusun dari 2 lapisan tulang kompak.


2. Ukurannya Tidak Lebar

Meskipun tulang pipih yang lain memiliki ukuran yang lebar, namun tidak dengan tulang tapis. Hal tersebut karena posisinya yang terbatas di antara mata, maka tulang tapis tidak lebar sama sekali.


3. Berjumlah Dua

Terdapat dua tulang tapis yakni di sisi mata kanan dan mata kiri. Kedua tulang tapis tersebut yang akan menghubungkan mata dan menjaganya. Sehingga, tulang tapis diakui sebagai tulang yang memiliki peran penting.


4. Terletak diantara Kedua Mata

Tulang tapis terletak di antara kedua mata anda. Jadi keberadaan dan fungsinya berkaitan erat terhadap kesehatan dan penjagaan organ mata.


Fungsi Tulang Tapis

1. Membentuk Dinding Belakang Mata yang Melekuk

Mata terdapat bagian seperti rongga yang menjaganya untuk tetap tersimpan dan berlokasi. Adapun dinding belakang mata ternyata terbentuk dari berbagai lapisan tulang pipih.

Maka dari itu, jika bagian dinding belakang mata mengalami cedera, ada kemungkinan tulang tapis mengirimkan sinyal kepada kepala yang direspon sebagai sakit kepala di sekitar daerah mata.


2. Menjaga Kesehatan Rongga Nasal

Rongga nasal merupakan rongga di bagian hidung yang sering menyebabkan penyakit sinusitis. Tulang tapis yang berada di antara mata, berperan juga dalam melindungi kesehatan rongga hidung. Sehingga penyakit di rongga hidung seperti sinusitis bisa dicegah.

Dengan mencegah sinusitis, maka dapat juga mencegah vertigo, yaitu jenis sakit kepala yang mungkin menyerang akibat gangguan keseimbangan saat sedang kambuh sinusitis.


3. Melindungi Struktur Organ Mata

Mata menjadi organ penting yang terletak di kepala. Jika keberadaan organ mata terjaga, maka mungkin saja organ mata menimbulkan masalah kesehatan seperti sakit kepala.

Karena memang erat hubungan sakit kepala dengan mata. Maka dari itu, tulang tapis berfungsi melindungi mata dari gangguan struktur yang menyebabkan sakit kepala.


4. Menjadi Tempat Pembentukan Sel Darah

Bentuk tulang tapis yang pipih menyebabkan pembentukan sel darah menjadi lebih mudah di pembuluh darah sekitarnya. Maka kita perlu menjaga kesehatan tulang tapis untuk membantu meningkatkan pembentukan sel darah.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Tulang Tapis : Pengertian, Ciri, Fungsi & Letaknya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :