Seni Audio

Diposting pada

SeputarIlmu.com – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini SeputarIlmu.com akan membahas mengenai artikel yang berjudul Seni Audio. Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Seni Audio? Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.

Seni Audio : Pengertian, Fungsi, Macam & Manfaatnya Lengkap


Pengertian Seni Audio

Seni audio merupakaan suatu seni yang dapat dirasakan dan dinikmati melalui media pendengaran. Misalnya seni musik atau lagu. Hal yang terpenting dalam seni audio yakni unsur suara. Namun, unsur yang lainnya juga tak kalah penting antara harmoni, notasi musik dan melodi.


Macam-Macam Seni Audio

1. Seni Musik

Seni musik yakni sebuah cabang seni yang akan fokus menggunakan sebuah irama, tempo, melodi, harmoni dan vokal yang mempunyai peran sebagai sarana untuk dapat menyampaikan perasaan yang dialami seorang seniman. Banyak sekali ahli pendapat yang mengemukakan mengenai pengertian seni musik . Contohnya, Pertunjukan gamelan atau piano.


2. Seni Sastra

Seni sastra yakni suatu bentuk seni yang menggunakan bahasa sebagai media untuk menampilkan keindahan tutur kata dan isi cerita kemudian disalurkan menjadi berbentuk tulisan maupun lisan. Seni sastra didalamnya mengungkapkan perasaan manusia yang memiliki nilai keindahan melalu tulisan-tulisannya. Contohnya, pembacaan puisi atau drama.


3. Seni Suara

Seni suara yakni salah satu cabang dari seni musik dengan menggunakan vokal sebagai media utama untuk berkespresi atau menciptakan keindahan. Contohnya pertunjukan band.

Baca Juga : Seni Rupa 2 Dimensi


Fungsi Seni Audio

1. Sebagai Media Hiburan

Sene audio tentunya memiliki sebuah fungsi sebagai media hiburan. Dimana berbagai karya seni seperti seni musik, seni tari atau seni teater tentu akan menghadirkan unsur hiburan yang dapat memberikan rasa kepuasan dan kesenangan bagi penontonnya.


2. Sebagai Media Informasi dan Berita

Seni audio juga memiliki fungsi sebagai media informasi dan berita. Karena, melalui seni kamu dapat menjelaskan sesuatu kepada orang lain dengan lebih mudah, contohnya lewat karya poster atau infografis, dapat juga lewat media lagu atau pertunjukan drama yang akan mengandung pesan-pesan tertentu.


3. Sebagai Media Pendidikan dan Pembelajaran

Seni audio juga memiliki sebuah berperan sebagai media pendidikan dan pembelajaran. Dimana hal tersebut akan membuat proses pembelajaran menjadi lebih terhibur, menyenangkan dan tidak membosankan. Selain itu nilai-nilai yang terkandung dalam seni juga dapat diajarkan dan menjadi pelajaran penting dalam bidang pendidikan.

Baca Juga : Seni Visual


Manfaat Seni Audio

1. Sebagai Sarana Komunikasi

Manfaat seni audio yakni dapat dimanfaatkan sebagai sarana kominukasi. Dimana seperti yang sudah diketahui sebelumnya, bahwa manusia adalah makhluk sosial yang akan membutuhkan interaksi dengan manusia lain dan tentu saja membutuhkan manusia lain. Maka dari itu, dalam kasus interaksi seperti ini, seseorang tentu akan membutuhkan media komunikasi untuk dapat menghubungkan interaksi ini, dan salah satu media yang diperlukan yakni keberadaan seni semacam seni audio.


2. Memenuhi Kebutuhan Emosional

Seni ini yakni salah satu hal yang sangat kuat sebagai cara untuk dapat memenuhi kebutuhan emosionalnya. Tentunya ini berkaitan dengan perasaan manusia yang beragam dan berbeda satu sama lain. Sebut saja ketika kamu merasakan emosional, marah, bahagia, sedih dan berbagai jenis perasaan lainnya, maka dari itu seni ini benar-benar dapat membantu seseorang untuk dapat menenangkan perasaan mereka.


3. Sebagian Kebutuhan Fisik

Manfaat seni audio yakni dapat dimanfaatkan sebagai kebutuhan fisik. Dimana seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa seseorang cenderung menyukai tipe-tipe bahagia dan jenis-jenis hal yang indah dalam hidupnya, sehingga ia merasa bahwa ia akan mendapatkan ketenangan dan kepuasan batin. Dan kemungkinan besar salah satu kesenangan atau kepuasan dapat diperoleh dari seni.

Baca Juga : Seni Grafis


Demikianlah pembahasan artikel mengenai Seni Audio . Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.