Contoh Tari Kreasi Baru

Diposting pada

SeputarIlmu.com – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini SeputarIlmu.com akan membahas mengenai artikel yang berjudul Tari Kreasi Baru. Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Tari Kreasi Baru? Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.

Contoh Tari Kreasi Baru

Pengertian Tari Kreasi Baru

Tari kreasi baru merupakan suatu tari klasik yang terjadi akibat banyak perubahan irama dan gerakan yang kemudian dikembangkan sesuai dengan mengikuti perkembangan zaman, namun tetapi mempertahankan nilai-nilai yang ada pada tariannya.

Tari kreasi baru ini diciptakan dan dikembangkan oleh para pakar tari, dimana dalam gerakannya yang terdapat pada tari kreasi baru biasanya mempunyai paduan gabungan antara gerakan tari klasik dengan tari tradisional yang berasal dari berbagai macam tarian daerah.

Pengertian Tari Kreasi Baru Menurut Para Ahli

1. Menurut Endang Caturwati

Tari kreasi baru yakni suatu karya yang dihasilkan atas kreativitas indvidual atau kelompok, sebagai karya yang ditata dengan sentuhan atau cita rasa baru.

2. Menurut Arthur S Nalan

Tari kreasi baru yakni suatu tarian yang datang dari wujud-wujud tarian yang hadir kisaran tahun 1950-an keatas, yaitu hasil dari garapan tari yang hidup relatif masih muda, lahir setelah tari tradisi berkembang, serta terlihat berbagai macam bentuk perubahan.

Baca Juga : Tari Kreasi Tunggal

Contoh Tari Kreasi Baru

1. Tari Rara Ngigel

Tari Rara Ngigel

Tari Rara Ngigel yakni suatu tarian yang berasal dari kota Yogyakarta yang diciptakan oleh Ida Wibawa yang merupakan putri seniman tari yang bernama Bagong Kusudiardjo. Tari rara ngigel ini masuk dalam kategori tarian berpasangan yang dipertunjukan oleh sepasang pria dan wanita.

2. Tari Garuda Nusantara

Tari Garuda Nusantara

Tari Garuda Nusantara yakni satu-satunya tari kreasi baru yang dapat mencerminkan kenasionalismenya, diman tari garuda nusantara dapat menunjukan keagungan, keindahan, kegagahan, dan kelincahan seekor burung garuda yang merupakan lambang Negara Indonesia.

Baca Juga : Tari Kreasi Berpasangan

3. Tari Merak

Tari Merak

Tari Merak yakni salah satu ragam tarian kreasi baru yang dapat mengekspresikan kehidupan binatang, yaitu binatang burung merak, dimana tata cara dan geraknya dapat diambil dari kehidupan burung merak yang diangkat ke pentas oleh Seniman Sunda Raden Tjetje Somantri.

4. Tari Nguri

Tari Nguri

Tari Nguri yakni suatu tarian yang berasal dari kerajaan Sumbawa yang memiliki fungsi sebagai penghibur. Asal mula tarian ini berasal dari Raja Sumbawa yang saat itu mengalami duka, sehingga raja memerintahkan untuk dapat menampilkan tarian yang menghibur dan tarian nguri ini dilakukan oleh beberapa wanita.

5. Tari Kupu – Kupu

Tari Kupu – Kupu

Tari kupu-kupu atau tari kupu-kupu tarum yakni salah satu dari sekian banyak tarian yang berasal dari Bali. Dimana, keberadaan Bali dalam sisi seni budaya merupakan suatu keindahan alam dan religiusitasnya telah banyak diakui dan dikenali oleh masyarakat Internasional. Sehingga, tidak heran jikalau banyak budayawan dan seniman Bali yang terkenal dalam pentas dunia seni internasional.

Baca Juga : Tari Kontemporer

6. Tari Manipuren

Tari Manipuren

Tari Manipuren yakni suatu tari kreasi baru dari Jawa Tengah yang dikembangkan oleh seorang koreografi yang bernama S. Maridi. Tarian sebenarnya berasal dari Tari Manipuri dari India Timur yang mengisahkan pola hidup para gadis di sungai Gangga.

7. Tari Yapong

Tari Yapong

Tari Yapong yakni suatu tari yang diciptakan oleh Bagong Kussudiarjo dalam rangka perayaan ulang tahun Jakarta ke-450 pada 1977. Tarian ini menceritakan kehidupan masyarakat Betawi kala itu.

Tari Yapong sering dijadikan sebagai tarian pergaulan untuk mengisi sebuah acara. Tarian ini pun dapat disesuaikan permintaan karena banyak variasi di dalamnya.

8. Tari Gambyong

Tari Gambyong

Tari gambyong yakni salah satu tarian klasik dari Surakarta yang umumnya dibawakan dalam acara pertunjukan maupun penyambutan tamu. Uniknya, dalam tari Gambyong tidak terdapat bermacam gerakan koreografi, namun hanya mempunyai gerakan dasar tayub.

Baca Juga : Tari Tradisional

9. Tari Kuntulan

Tari Kuntulan

Tari Kuntulan yakni suatu tarian yang berdiri pada awal abad 20, sehingga tarian kuntulan ini termasuk dalam kategori tari kreasi baru, karena tarian ini juga muncul di peradaban modern. Tari Kuntulan ini berasal dari Pemalang, Jawa Tengah yang mempunyai ciri khas gerakan serupa dengan pencak silat.

10. Tari Manuk Rawa

Tari Manuk Rawa

Tari Manuk Rawa yakni suatu tarian yang berasal dari Bali. Terciptanya tari manuk rawa ini dari cerita sendratari Mahabarata dengan kisah lakon Bale Sigale-gale yang telah diciptakan oleh koreografer I Wayan Dibia dan kemudian pada tahun 1981 dibantu oleh composer yang bernama I Wayan Beratha.

Baca Juga : Seni Tari

Demikianlah pembahasan artikel mengenai Tari Kreasi Baru. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.