Materi Suhu

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Suhu.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Suhu? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Suhu : Pengertian, Rumus, Alat Ukur dan Skala Terlengkap


Pengertian Suhu

Suhu merupakan suatu besaran yang menunjukan derajat panas khususnya pada benda. Benda yang mempunyai panas dapat menunjukan suhu yang tinggi dibandingkan pada benda yang dingin. Untuk dapat mengetahui seberapa besar suhu pada benda tersebut, maka alat yang digunakan yaitu termometer.

Satuan Internasional (SI) yang digunakan untuk suhu yaitu Kelvin (k). Simbol yang digunakan untuk melambangkan suhu atau temperatur adalah T (Huruf Kapital). Alat Ukur yang digunakan untuk mengukur suhu disebut dengan Termometer.


Skala Suhu

1. Satuan atau Skala Celsius (ºC)

Skala Celcius merupakan skala suhu yang didesain dengan titik beku air adalah 0ºC dan titik didih air pada 100ºC pada tekanan atmosfer standari. Skala ini diperkenalkan oleh Anders Celsius pada tahun 1742.

Meski angka-angka yang ditunjukan oleh skala celsius sudah lumayan tepat, namun secara lebih spesifik masih ada beberapa ketidaktepatan sehingga tidak bisa dijadikan sebagai standar formal atau satuan internasional.

Definisi baku dari 1 derajat celsius adalah 1/273,16 dari perbedaan antara triple point air dan nol absolut, berdasarkan pengertian tersebut dapat diketahui bahwa satu derajat celsius mempresentasikan perbedaan suhu yang sama dengan satu kelvin.


2. Satuan atau Skala Fahrenheit (ºF)

Skala Fahrenheit ialah salah satu skala suhu yang didesain dengan titik beku air adalah 32ºF dan titik didih air adalah 212ºF.

Dengan demikian perbedaan titik lebur dan titik didih pada skala ini adalah 180 derajat. Skala ini diperkenalkan oleh ilmuwan Jerman yang bernama Gabriel Fahrenheit pada tahun 1724.


3. Satuan atau Skala Reaumur (ºR)

Skala Reaumur yaitu sebuah skala suhu yang didesain dengan titik beku air adalah 0ºR dan titik didihnya 80ºR, artinya terdapat perbedaan sebesar 80º antara titik beku dan titik didih. Skala ini diperkenalkan oleh Rene Antoine Ferchault de Reaumur pada tahun 1731.


4. Satuan atau Skala Kelvin (ºR)

Skala Kelvin yakni suatu skala suhu yang didesain dengan titik beku air adalah 273ºK dan titik didihnya adalah 373ºK. Jadi perbedaan antara titik beku dan titik didihnya adalah 100 derajat.

Sampai saat ini Kelvin merupakan Satuan Internasional untuk suhu karena dinilai paling akurat. Ilmuwan yang memperkenalkannya adalah William Thomson atau yang juga disebut Lord Kelvin.


Alat Ukur Suhu

1. Termometer dengan Bahan Zat Cair

  • Termometer Laboratrium

Alat yang satu ini digunakan dalam mengukur suhu air dingin atau suhu air yang berlangsung dipanaskan. Termometer laboraturium memakai air raksa atau alkohol untuk petunjuk suhu.

  • Termometer Ruang

Termometer ruang terpasang pada dinding rumah atau kantor. Terometer ruang dapat mengukur suhu dalam keadaan suatu saat. Skala pada termometer ini yaitu dari -50 °C sampai 50 °C.

  • Termometer Klinis

Termometer klinis atau sering disebut juga termometer demam. Banyak para dokter yang menggunakan jenis termometer ini dalam mengukur suhu badan pasien. Pada keadaan sehat, suhu badan manusia 37 °C.

Tetapi jika badan demam suhu akan naik melewati angka tersebut, atau dapat mencapai angka 40 °C. Skala termometer klinis ini hanya 35 °C sampai 43 °C.

Karena disesuaikan pada suhu badan manusia, suhu badan manusia tidak mungkin di bawah 35 °C dan tidak melebihi 43 °C.

  • Termometer Six-Bellani

Termometer Six-Bellani atau sering disebut juga termometer maksimum-minimum. Termometer jenis ini bisa mencatat suhu tertinggi dan suhu terendah pada jangka waktu tertentu. Termometer ini memiliki 2 cairan, yakni alkohol dan raksa pada satu termometer.


2. Termometer dengan Bahan Zat Padat

  • Termometer Bimetal

Termometer Bimetal memakai logam dalam mengukur suhu dengan prinsip logam yang akan memuai jika dipanaskan dan menyusut jika sedang didinginkan.

  • Termometer Hambatan

Terometer hambatan yaitu termometer yang tepat dipakai untuk industri dalam mengukur suhu lebih dari 100°C. Termometer jenis ini diproduksi berdasarkan pada perubahan hambatan logam.

  • Termometer Termokopel

Termometer temokopel ialah jenis sensor suhu yang dipakai dalam mengukur atau mendeteksi suhu melewati dua jenis logam konduktor yang berbeda dengan digabungkan pada ujungnya sehingga dapat menimbukan efek “Termo – electric”.

Termokopel yaitu salah satu jenis sensor suhu yang sangat populer dan sering dipakai untuk rangkaian dan macam – macam elektronika yang berhubungan pada suhu.


3. Termometer dengan Bahan Gas

Termometer gas merupakan salah satu jenis termometer yang prosesnya pada pemuaian gas apabila terjadi perubahan pada suhu. Gas Hidrogen dan gas Helium adalah gas yang sering dipakai pada bahan termometer ini.


4. Termometer Optis

  • Pirometer

Intensitas radiasi yang dipancarkan pada benda yang sangat panas dalam termometer pirometer berfungsi sebagai menunjukkan perubahan suhu. Sifat pada termometrik ini dimanfaatkan dalam mengukur suhu yang ada pada pirometer.

  • Termometer Inframerah

Termometer Inframerah fungsinya dalam mengetahui suhu benda dengan menyinarkan inframerah kepada benda tersebut.


Rumus Konversi Suhu

√ Suhu : Pengertian, Rumus, Alat Ukur dan Skala Terlengkap

1. Rumus Konversi Suhu Skala Celsius

√ Suhu : Pengertian, Rumus, Alat Ukur dan Skala Terlengkap


2. Rumus Konversi Suhu Skala Fahrenheit

√ Suhu : Pengertian, Rumus, Alat Ukur dan Skala Terlengkap


3. Rumus Konversi Suhu Skala Raeumur

√ Suhu : Pengertian, Rumus, Alat Ukur dan Skala Terlengkap


4. Rumus Konversi Suhu Skala Kelvin

√ Suhu : Pengertian, Rumus, Alat Ukur dan Skala Terlengkap


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Suhu : Pengertian, Skala, Alat Ukur & Rumusnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :