Fungsi Bronkiolus

Diposting pada

Bronkiolus : Pengertian, Fungsi, Struktur, Letak dan Penyakitnya Lengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Bronkiolus.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Bronkiolus? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Bronkiolus : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Penyakit Terlengkap


Pengertian Bronkiolus

Bronkiolus merupakan salah satu percabangan dari bronkus pada batang tenggorok manusia. Bronkioli bercabang pada bronkus tersier pada bronkus dan kemudian menjadi tempat percabangan alveolus.

Luas permukaan bronkiolus menentukan besar oksigen yang dapat diikat secara efektif oleh paru-paru. Percabangan berkisar 20-25 x dari Bronkus Tersier. Letak bronkiolus ini sendiri berbatasan secara langsung dengan gelembung-gelembung udara dalam paru, yaitu alveoli.


Letak Bronkiolus

Letak bronkiolus berbatasan dengan gelembung udara dalam paru (alveoli). Dari letaknya, bronkiolus menjadi jembatan dari masuk keluarnya udara dalam sistem pernafasan manusia.


Fungsi Bronkiolus

  • Sebagai penyalur udara yang berasal dari bronkus untuk kemudian dialirkan ke alveoli untuk mendapatkan pertukaran gas antara karbondioksida dan oksigen.
  • Berperan penting dalam pengontrolan banyak atau sedikitnya udara yang nantinya akan didistribusikan melalui paru-paru.
  • Bronkus memiliki cincin tulang rawan yang berfungsi untuk menjaganya tetap terbuka, bronkiolus dilapisi dengan jaringan otot polos.
  • Untuk berkontraksi dan melebar, secara efektif mengendalikan aliran udara saat mengalir ke alveoli.
  • Ada satu jenis sel yang ditemukan di bronkiolus disebut sel alveolar Tipe 2, yakni surfaktan, sel ini berfungsi untuk sekresi zat yang memastikan bronkiolus sehingga tidak jatuh saat bernapas. Tipe lainnya disebut dengan sel klub, dimana sel ini mengeluarkan protein pemecah racun yang mungkin sudah menemukan jalan ke bawah pohon pernapasan.

Struktur Bronkiolus

Saat udara dihirup, udara akan ditarik ke dalam trakea dan masuk ke bronkus utama. Bronkus utama kemudian terbagi menjadi dua bronkus yang kemudian membelah sebelum menjadi bronkiolus.

Saat bronkiolus semakin menyebar, secara harfiah seperti cabang pohon, masing-masing ditutup dengan alveolus. Disini transfer oksigen dan karbon dioksida ke darah terjadi.

Bronkiolus terbagi menjadi tiga jenis yang semakin lebih kecil yakni :

  • Bronkiolus Lobular merupakan lobus yang lebih besar.
  • Bronkiolus Terminalis yakni ujung untuk transfer.
  • Bronkiolus Respiratorius ialah yang bertanggung jawab untuk mengarahkan udara ke alveoli.

Bronkiolus lobular dan terminalis dikenal sebagai ruang mati karena tidak ada pertukaran udara yang terjadi pada lintasan ini. Bronkiolus berukuran kecil, mulai dari 0,5-1 mm.


Penyakit Pada Bronkiolus

  • Bronkokonstriksi yakni suatu kontraksi dan penyempitan bronkiolus akibat asap rokok, asap beracun, udara dingin dan alergi lainnya.
  • Bronkiolitis yaitu salah satu peradangan bronkiolus yang biasanya terjadi pada anak-anak antara usia 3 dan 6 bulan. Penyebab umum bronkiolitis yaitu virus seperti virus pernapasan syncytial (RSV) dan influenza.
  • Bronkiolitis Obliteran yaitu sebuah kondisi langka dan serius terutama yang mempengaruhi orang dewasa di mana bronkiolus menjadi bekas luka dan berserat, mengganggu kemampuan seseorang untuk bernapas. Penyebab bronkiolitis obbliteran bisa berupa paparan asap beracun, infeksi virus, transplantasi organ, dan rheumatoid arthritis.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Bronkiolus : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Penyakit Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :