Ciri-Ciri Legenda

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Legenda.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Legenda? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Legenda : Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri, Jenis, Unsur dan Struktur Terlengkap


Pengertian Legenda

Kata Legenda sendiri itu berasal dari Bahasa Latin “legere”. Legenda merupakan suaatu cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi yang ceritanya itu dihubungkan dengan tokoh sejarah dan juga dilengkapi dengan keajaiban, kesaktian, serta keistimewaan tokohnya.

Legenda biasa dianggap sebagai sejarah kolektif. Meskipun, karena tidak tertulis maka kisah tersebut mengalami distorsi sehingga sering jauh berbeda dengan kisah aslinya.


Pengertian Legenda Menurut Para Ahli

1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Legenda ialah suatu cerita rakyat pada zaman dahulu yang ada hubungannya dengan peristiwa sejarah.


2. Wikipedia

Legenda merupakan sebuah cerita prosa rakyat yang dianggap sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi.


3. Pudentia

Legenda yaitu sebuah cerita yang dipercaya oleh beberapa penduduk setempat benar-benar terjadi, tetapi tidak dianggap suci atau sakral yang juga membedakannya dengan mite.


4. Hooykaas

Legenda yakni sebuah dongeng tentang hal-hal yang berdasarkan sejarah yang mengandung sesuatu hal yang ajaib atau keajaiban yang menandakan kesaktian.


5. Emies

Legenda ialah cerita kuno yang setengah berdasarkan sejarah dan yang setengah lagi berdasarkan angan-angan.


6. Buku Sari Kata Bahasa Indonesia

Legenda yaitu suatu cerita rakyat dahulu yang berkaitan dengan peristiwa dan asal-usul terjadinya suatu tempat.


7. William R. Bascom

Legenda ialah cerita yang mempunyai ciri-ciri yang mirip dengan mitos, yakni dianggap benar-benar terjadi, tetapi tidak dianggap suci.


8. Danandaja

Legenda itu bersifat sekuler “keduniawian” terjadinya pada masa yang belum begitu lampau, serta bertempat di dunia seperti yang kita kenal sekarang.


9. Moeis

Legenda yaitu cerita rakyat yang persediaannya paling banyak, hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya karena legenda ini biasanya bersifat migratoris artinya dapat berpindah-pindah sehingga dapat dikenal luas di daerah yang berlainan.


Ciri – Ciri Legenda

  • Diyakini sebagai peristiwa yang memang terjadi
  • Berkarakteristik kebendaan atau keduniawian
  • Pemeran legenda pada umumnya manusia
  • Sejarah kolektif ialah sejarah yang sudah berlebih melakukan digresi karena tidak sama dengan cerita aslinya
  • Mempunyai sifat migration atau bisa disebut berpindah-pindah
  • Mempunyai sifat daur, maksudnya ialah menceritakan tokoh masa tertentu.

Jenis – Jenis Legenda Dan Contohnya

1. Legenda Keagamaan

Legenda keagamaan ini bercerita mengenai suatu kisah tentang agama tertentu. Contoh legenda ini adalah Kisah Wali Sunan Kalijaga.


2. Legenda Kegaiban

Legenda kegaiban ini bercerita mengenai suatu kepercayaan terhadap alam gaib. Contoh legenda kegaiban antara lain Kisah Nyai Roro Kidul, Sang Penguasan Pantai Selatan.


3. Legenda Perseorangan

Legenda perseorangan yaitu salah satu jenis legenda yang bercerita tentang kisah tokoh tertentu. Contoh legenda perseorangan adalah Legenda Si Pitung.


4. Legenda Lokal

Legenda lokal ialah suatu legenda yang bercerita suatu kisah tentang peristiwa pada suatu tempat seperti Gunung, bukit, danau dan lai-lain. Contoh legenda lokal antara lain: Legenda Gunung Tangkuban Perahu.


Struktur Legenda

  • Orientasi yaitu salah satu bagian awal dari sebuah cerita fabel. Orientasi berisi pengenalan dari cerita fabel, seperti pengenalan background, pengenalan tokoh, maupun latar tempat dan waktu.
  • Komplikasi merupakan suatu klimaks dari cerita, berisi puncak permasalahan yang dialami tokoh.
  • Resolusi ialah berisi pemecahan masalah yang dialami tokoh.
  • Koda yakni sebuah bagian akhir dari cerita. Biasanya berisi pesan dan amanat yang ada pada cerita fabel tersebut.

Unsur – Unsur Legenda

  • Tema yakni gagasan dasar yang menopang sebuah kara sastra dan yang terkandung di dalam teks.
  • Tokoh ialah para pelaku yang terdapat dalam sebuah cerita fiksi. Tokoh dalam cerita menempati posisi strategis sebagai pembawa dan penyampai pesan, amanat, atau sesuatu yang sengaja ingin disampaikan kepada pembaca.
  • Alur atau Plot yaitu peristiwa-peristiwa yang ditampilkan dalam cerita yang tidak berifat sederhana. Peristiwa-peristiwa tersebut tersusun karena adanya sebab-akibat di dalam cerita.
  • Latar merupakan latar merupaka landas tumpu terjadinya sebuah peristiwa di dalam sebuah cerita. Latar terbagi menjadi tiga, yaitu latar tempat, latar waktu, dan latar suasana.
  • Sudut Pandang adalah suatu sudut pandang merupakan posisi atau cara penulis dalam menyampaikan peristiwa-peristiwa yang terdapat di dalam cerita.
  • Amanat adalah sebuah pesan yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Legenda : Pengertian, Ciri, Unsur, Struktur, Jenis & Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya