Diafragma Adalah

Diposting pada

Diafragma : Pengertian, Fungsi, Struktur & Cara Kerjanya Lengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Diafragma.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Diafragma? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Diafragma : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Struktur Terlengkapq


Pengertian Diafragma

Diafragma atau Thoracic diaphragm merupakan otot yang berada pada bagian dasar internal skeletal antara rongga dada dengan rongga perut yang berperan dalam proses pernafasan.

Saat diafragma berkontraksi volume rongga dada membesar dan udara masuk ke paru-paru. Sedangkan, saat diafragma berelaksasi, volume paru-paru mengecil dan menghembuskan udara.

Biasanya ketika membahas tentang diafragma, maka yang terpikirkan adalah diafragma thoraks (Diafragma Dada) tetapi sebenarnya ada beberapa diafragma lain di dalam tubuh seperti diafragma urogenital, diafragma panggul dan diafragma mata.


Fungsi Diafragma

  • Sebagai bagian dalam proses pernapasan, diafragma ini mengatur masuk dan keluarnya udara dari dalam dan keluar tubuh melalui kontraksi dan relaksasinya.
  • Fungsi non-pernapasan, diantaranya seperti untuk membantu mengeluarkan muntah, feses, urin serta kegiatan lain yang membutuhkan peningkatan tekanan bagian rongga perut.
  • Diafragma dapat mencegah mengalirnya cairan asam dari lambung ke esofagus dan kerongkongan.
  • Kontraksi diafragma secara tiba-tiba bisa menyebabkan fenomena yang disebut dengan cegukan. Fenomena ini merupakan hasil dari pita suara semakin menutup karena banyaknya udara yang masuk ke paru. Cegukan tidak berbahaya bagi tubuh dan hanya bersifat sementara.

Struktur Diafragma

Diafragma merupakan sekat otot berserat yang berbentuk seperti kubah. Permukaan atas diafragma berbentuk cembung (pada rongga dada) dan berbentuk cekung pada permukaan bawah rongga perut. Karena terdiri dari jaringan otot, maka diafragma dapat melakukan kontraksi dan relaksasi.

Diafragma disusun oleh otot lurik (Otot Rangka) sehingga pergerakannya dapat kita sadari (volunter). Saraf yang mengatur pergerakan diafragma adalah saraf frnikus.

Diafragma mempunyai beberapa lubang yang berfungsi sebagai tempat lewatnya organ penting dari bagian dada ke bagian perut.

Tiga lubang utama yang terdapat pada diafragma yakni sebagai berikut :

  • Lubang Aortic merupakan lubang yang dilewati oleh Aorta.
  • Lubang Esophageal ialah suatu lubang yang dilewati oleh esofagus.
  • Lubang Caval yaitu salah satu lubang yang dilewati oleh vena kava inferior.

Cara Kerja Diafragma

Pada saat proses inspirasi atau saat menarik nafas, maka diafragma akan berkontraksi dan bergerak ke bawah. Selanjutnya paru-paru akan mengembang sesuai dengan volume udara yang masuk.

Kontraksi diafragma membuat rongga dada menjadi lebih luas sehingga proses inhalasi bisa berjalan lancar. Perluasan rongga dada menciptakan tekanan negatif yang akan memperkuat kekuatan hisapan udara ke dalam paru-paru.

Setelah proses pertukaran oksigen dengan karbondioksida (CO2) oleh sistem sirkulasi tubuh selesai, maka diafragma akan berelaksasi sehingga rongga dada semakin sempit, dengan kemampuan elastisnya, paru-paru akan mengempis dan udara akan dikeluarkan dari tubuh. Pengeluaran udara tersebut juga dibantu oleh otot-otot sekitaran rongga dada.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Diafragma : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Struktur Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :