Kontaminasi Adalah

Diposting pada

Kontaminasi : Pengertian, Penyebab, Dampak, Jenis & Contohnya Lengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Kontaminasi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Kontaminasi? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Kontaminasi : Pengertian, Penyebab, Jenis dan Contoh Terlengkap


Pengertian Kontaminasi

Kontaminasi merupakan suatu kondisi terjadinya percampuran atau pencemaran terhadap sesuatu oleh unsur lain yang memberikan efek tertentu, biasanya berdampak buruk.

Komponen yang menyebabkan terjadinya kontaminasi sangat beragam, baik itu benda mati ataupun mahluk hidup. Kontaminan yang berasal dari benda mati misalnya senyawa kimia dan kotoran. Sedangkan kontaminan yang berasal dari mahluk hidup misalnya mikroba.


Penyebab Kontaminasi

  • Kontaminasi Biologi yakni beberapa penyebab kontaminasi biologi atau mikrobiologis adalah parasit (protozoa dan cacing), virus, bakteri patogen, yang dapat menyebabkan keracunan dan infeksi pada manusia.
  • Kontaminasi Kimia ialah bahan kimia yang dapat menimbulkan intoksikasi pada manusia. Beberapa bahan kimia penyebab keracunan diantaranya antibiotika, residu pestisida, cemaran kimia industri.
  • Kontaminasi Fisik yaitu pencemaran yang sifatnya fisik, misalnya batu, debu, rambut, logam, potongan kayu, kuku, atau bahkan peralatan memasak yang digunakan. Kontaminasi fisik tidak selalu mengakibatkan penyakit, namun tetap berbahaya dan menganggu kesehatan manusia.

Dampak Kontaminasi Fisik

  • Menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan, ginjal, hati, jantung, dan organ tubuh lainnya.
  • Menyebabkan keracunanan pada makanan.
  • Dapat melukai keadaan fisik dan dapat menyebabkan kemmatian.

Menanggulangi Kontaminasi

1. Bila Terkena Cairan Korosif

Segera dicuci dengan air berulang- ulang pada yang terkena, sebelum dibawa ke IGD untuk ditangani dokter.


2. Bila Terkena Bahan Korosif Padat

Segera dicuci dengan air berulang- ulang pada bagian yang terkena, bila perlu dengan air sabun.


3. Bila Luka Bakar Karena Bahan Kimia

Secepatnya menghindari dari bahan kimia tersebut dan dicuci dengan air berulang- ulang dan segera ditangani dokter IGD.


4. Luka Bakar Karena Panas

Pertolongan pertama dapat dilakukan dikompres air es atau diguyur air sampai rasa sakit hilang dan tidak timbul kembali. Bila perlu direndam dalam air.

Langkah pertolongan pendinginan dapat dilakukan agar rasa sakit dan yang lebih penting adalah bahwa pendinginan akan dihentikan atau memperlambat reaksi perusakan jaringan tubuh akibat kebakaran.


Jenis-Jenis Kontaminasi

1. Kontaminasi Makanan

Kontaminasi makanan ialah terjadinya percampuran antara bahan makanan dengan zat, senyawa, atau mahluk hidup lainnya yang bersifat merusak makanan tersebut. Makanan yang sudah terkontaminasi zat yang merusak akan berbahaya jika masuk ke dalam tubuh manusia.


2. Kontaminasi Silang

Kontaminasi silang yaitu terjadinya perpindahan bakteri dari bahan pangan mentah ke produk pangan yang sudah jadi, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Kontaminasi silang umumnya terjadi karena proses penyimpanan bahan makanan dan proses pembuatan makanan yang tidak bersih.


3. Kontaminasi Bahasa

Kontaminasi yakni suatu penggabungan beberapa bentuk kata, frasa, susunan, dan kaidah suatu bahasa dengan bahasa lainnya sehingga terbentuk kata baru yang tidak lazim.


4. Kontaminasi Lingkungan

Kontaminasi lingkungan merupakan masuknya komponen lain (zat, mahluk hidup) ke dalam lingkungan yang mengakibatkan kualitas lingkungan tersebut menjadi rusak. Kontaminasi dapat terjadi karena ulah manusia dan juga karena aktivitas alam.


Contoh Kontaminasi

1. Kontaminasi Makanan

Sayur sop yang terkontaminasi kuman berbahaya karena wadahnya kotor, gorengan di pinggir jalan yang terkontaminasi debu, bakso yang terkontaminasi dengan borax, roti yang terkontaminasi jamur dan lain sebagainya.

Semua makanan yang sudah terkontaminasi dengan zat/senyawa berbahaya bisa mengakibatkan keracunan bagi orang yang mengonsumsinya.


2. Kontaminasi Silang

Saat pisau yang kotor dan terkontaminasi zat berbahaya digunakan untuk mengupas apel yang akan dimakan. Contoh lain yakni plasik penyimpanan yang terkontaminasi kotoran digunakan untuk menyimpan daging dan lain sebagainya.


3. Kontaminasi Bahasa

Bentuk kata yang sudah terkontaminasi yaitu kata nyuci yang merujuk pada kata mencuci. Bentuk baku kata tersebut mencuci bukan menyuci.

Kontaminasi bahasa bisa disebabkan karena percampuran antara bahasa Indonesia baku dengan bahasa asing atau bahasa daerah tertentu. Dalam hal ini kata nyuci sudah terkontaminasi kaidah bahasa Jawa.


4. Kontaminasi Lingkungan

Kegiatan manusia diantaranya limbah pabrik dibuang ke sungai sehingga air sungai menjadi beracun bagi mahluk hidup.

Contoh kontaminasi lingkungan karena aktivitas alam; gunung meletus, gas alam yang beracun).


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Kontaminasi : Pengertian, Penyebab, Jenis dan Contoh Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :