Fungsi Laring

Diposting pada

Laring : Pengertian, Fungsi, Struktur, Bagian & Penyakitnya Lengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Laring.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Laring? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Laring : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Bagian Terlengkap

 


Pengertian Laring

Laring atau kotak suara (voicebox) merupakan salah satu organ pada bagian leher yang melindungi trakea dan merupakan organ yang terlibat dalan proses produksi suara. Laring termasuk salah satu organ yang berperan dalam sistem pernapasan manusia. Letak laring berada sebelum trakea.

 


Penyakit Pada Laring

  • Kanker Laring adalah salah satu kondisi di mana terdapat tumor ganas pada laring, yaitu bagian dari saluran pernapasan, tempat di mana pita suara berada, yang terletak setelah tenggorokan dan sebelum trakea.
  • Laringitis Akut yaitu peradangan dan pembengkakan pada laring. Hal ini disebabkan oleh flu dan terlalu banyak berteriak.
  • Laringitis Kronis yakni sebuah peradangan dan pembengkakan pada laring, biasanya disebabkan oleh merokok, berteriak berlebihan, debu, dan terlalu lama terpapar udara yang terpolusi.
  • Presbilaringis ialah suatu kondisi penyusutan atau pengecilan jaringan laring yang menghasilkan suara yang lemah dan rentang suara yang terbatas dan stamina yang lemah.
  • Ulcers yaitu adanya luka pada laring akibat penggunaan kateter pada trakea yang cukup lama.
  • Polip dan Nodul yaitu sebuah benjolan kecil pada pita suara akibat asap rokok dan penggunaan suara yang tidak wajar.
  • Paresis Pita Suara adalah lemahnya salah satu atau kedua pita suara
  • Laringopharingeal Reflux merupakan suatu kondisi di mana asam dari perut mengiritasi dan membakar laring.
  • Laryngomalacia ialah dimana kondisi yang biasanya terjadi pada bayi baru lahir. Disebabkan oleh luruhnya laring bagian atas karena kurang matangnya tulang rawan dan menyebabkan hambatan pada saluran pernapasan.

 


Fungsi Laring

1. Melindungi Saluran Pernapasan dari Makanan

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya. Laring adalah organ pernapasan yang terletak sebelum trakea. Epiglotis yang terletak di bagian pangkal laring berfungsi untuk melindungi makanan dan air masuk ke saluran pernapasan. Epiglotis ini akan menutup trakea sehingga saat kita makan saluran pernapasan tetap aman.


2. Mengarahkan Makanan ke Esofagus

Saat kita makan, epiglotis dari laring akan membuka esofagus untuk mengarahkan makanan dan air menuju ke saluran pencernaan, tidak ke saluran pernapasan.

Jika kita makan sambil berbicara, akan ada makanan atau air yang masuk ke saluran pernapasan, hal inilah yang menyebabkan terjadinya refleks batuk atau bersin.


3. Menghasilkan Nada Suara

Tulang laring yang melebar membentuk pita suara tersusun dari ligamen dan otot rangka. Suara yang dikeluarkan akan bergantung kepada pembukaan laring.

Getaran dari jalinan otot dan ligamen terbentuk dari gesekannya dengan udara yang masuk. Karena itu laring berperan penting dalam mengatur nada suara kita.

 


Struktur dan Bagian – Bagian Laring

1. Jaringan Epitel

Ada beberapa jaringan epitel yang menyusun laring, namun sebagian besar tersusun atas epitel silindris berilia. Epitel lain adalah epitel pipih yang menyusun epiglotis.


2. Jaringan Ikat

  • Lamina Propia

Merupakan salah satu bagian membran basal pada lapisan epitel yang berfungsi untuk menghubungkan lapisan epidermis dengan jaringan lainnya. Di dalam lamina propria terdapat tulang rawan laringeal yang akan mengkapur seiring pertambahan usia.

 

  • Ligamen

Ligamen merupakan suatu kelompok jaringan ikat padat yang menghubungkan otot dengan tulang. Berkas ligamen membentuk pita suara yang menghasilkan nada bunyi.


3. Tulang Rawan (Kartilago)

Tulang rawan yang menyusun laring umumnya merupakan tulang rawan hialin. Tulang rawan berfungsi sebagai penyokong struktural dan fungsional laring.

Ada beberapa tulang rawan penyusun laring yakni sebagai berikut :

a. Tulang rawan besar yang tidak berpasangan yaitu :

  • Cricoid
  • Thyroid
  • Epiglottis

 

b. Tulang rawan kecil yang berpasangan ialah :

  • Arytenoids
  • Corniculate
  • Cuneiform

4. Jaringan Otot

Otot yang menyusun laring ialah salah satu otot rangka (otot lurik), yaitu otot yang bisa digerakkan sesuai dengan keinginan kita.

Bersama dengan ligamen, otot ini merupaka penyusun pita suara. Getaran untuk memproduksi suara merupakan hasil dari gesekan pita suara dengan otot dan ligamen ini dengan udara yang masuk.


5. Jakun

Jakun merupakan salah satu kelenjar tiroid yang menonjol pada leher pria. Pada wanita sebenarnya juga terdapa penonjolan itu, tetapi tidak begitu besar. Jakun terletak pada tulang rawan thyroid yang merupakan tempat pertemuan 2 kartilago hyalin.


6. Epiglotis

Epiglotis merupakan susunan tulang rawan yang terletak di belakang lidah dan didepan laring. Epiglotis biasanya mempunyai konformasi menghadap atas agar udara dapat masuk ke dalam jalur pernapasan selanjutnya.

Bila terjadi proses menelan makanan, epiglotis akan menghadap ke bawah untuk menutup jalur pernapasan dan membawa makanan menuju esofagus.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Laring : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Bagian Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :