Mitos Adalah

Diposting pada

SeputarIlmu.ComHallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Mitos.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Mitos? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Mitos : Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri, Jenis dan Fungsi Terlengkap


Pengertian Mitos

Mitos atau disebut juga dengan Mite merupakan suatu cerita prosa rakyat yang bercerita suatu kisah yang mempunyai latar belakang di masa lampau, berisikan penafsiran mengenai alam semesta dan adanya makhluk di dalamnya, serta dipercaya benar terjadi oleh yang menganutnya atau sang empunya.

Mitos juga disebut Mitologi, yang sering kadang diartikan Mitologi merupakan cerita rakyat yang akan dianggap benar-benar terjadi atau bertalian dengan terjadinya tempat, alam semesta, para dewa, adat istiadat, maupun konsep dongeng suci.lalu, mitos ialah cerita tentang asal-usul alam semesta, manusia, atau juga bangsa yang akan diungkapkan dengan cara-cara gaib dan mengandung arti yang sangat dalam.


Pengertian Mitos Menurut Para Ahli

1. Levi – Strauss

Mitos merupakan suatu warisan bentuk cerita tertentu dari tradisi lisan yang mengisahkan dewa-dewi, manusia pertama, binatang, serta sebagainya dengan berdasarkan suatu skema logis yang terkandung di dalam mitos itu serta yang memungkinkan kita mengintegrasikan seluruh masalah yang perlu diselesaikan didalam suatu konstruksi sistematis.


2. Webster’s Dictionary

Mitos ialah suatu perumpamaan atau alegori, yang keberadaannya itu hanya merupakan khayal yang tak dapat dibuktikan.


3. Bascom

Mitos atau mite (myth) yaitu salah satu cerita prosa rakyat yang ditokohi oleh para dewa atau juga makhluk setengah dewa yang terjadi di dunia lain (kahyangan) pada masa lampau serta dianggap benar-benar terjadi oleh empu cerita atau juga penganutnya serta bertalian dengan terjadinya tempat, alam semesta, para dewa, adat istiadat dan juga dongeng suci.


4. William A. Haviland

Mitos yakni suatu cerita mengenai peristiwa-peristiwa semihistoris yang menerangkan masalah-masalah akhir kehidupan manusia.


5. Cremers

Mitos merupakan suatu cerita suci berbentuk simbolik yang mengisahkan suatu serangkaian peristiwa atau kejadian nyata dan imajiner menyangkut asal-usul serta juga perubahan-perubahan alam raya dan dunia, dewa-dewi, kekuatan-kekuatan atas suatu kodrati manusia, pahlawan, dan juga masyarakat.


6. Ahimsa-Putra

Mitos ialah sebuah cerita yang aneh yang seringkali sulit dipahami maknanya atau juga diterima kebenarannya disebabkan karna kisah didalamnya tidak masuk akal atau juga tidak sesuai dengan apa yang kita temui sehari-hari.


Fungsi Mitos

  • Untuk meningkatkan ikon yang penuh arti dan menerangkan gejala lingkungan yang sedang dihadapi.
  • Menjadi media pendidikan yang paling efisien untuk memantapkan dan menumbuhkan nilai kultur, nilai sosial dan kepercayaan spesifik.
  • Menjadi kepercayaan bagi masyarakat penunjangnya untuk membangun kebersamaan sosial diantara pesertanya dapat saling melainkan antara komunitas yang satu dengan satu yang lainnya.
  • Untuk menumbuhkan dan memantapkan nilai kultur, ide maupun pengetahuan spesifik.
  • Untuk menggairahkan peningkatan keahlian dalam berasumsi.

Ciri-Ciri Mitos

1. Distorsif

Yaitu sebuah kaitan antara form dan concept yang sifatnya distorsif dan deformatif. Concept mendistorsi Form menjadikan makna pada sistem tingkat pertama bukan lagi merupakan makna yang menunjuk pada fakta yang sebenarnya.


2. Intensional

Ialah sebuah mitos tidak ada begitu juga, mitos sengaja dibuat, dikonstruksikan oleh budaya masyarakat dengan maksud tertentu.


3. Statement of Fact

Artinya mitos menaturalisasikan pesan menjadikan kita menerimanya sebagai suatu kebenaran yang tidak harus diperdebatkan kembali. Sesuatu yang berada secara alami dalam nalar awam.


4. Motivasional

Menurut Barthes, bentuk mitos berisikan motivasi. Mitos dibuat dengan melakukan seleksi kepada berbagai kemungkinan konsep yang hendak dipakai menurutu sistem semioting tingkat pertamanya.


Unsur Instrinsik Mitos

  • Tema
  • Alur
  • Latar
  • Penokohan
  • Sudut Pandang
  • Gaya Bahasa
  • Amanat

Jenis-Jenis Mitos

1. Mitos Penciptaan

Mitos penciptaan yaitu salah satu jenis mitos yang berisi tentang kejadian terciptanya sesuatu.


2. Mitos Sejarah

Mitos sejarah ialah mitos yang berisi entang kejadian yang menjadikan sistem terjadinya sesuatu.


Contoh Mitos

  • Mitos menabrak kucing
  • Mitos mendengar ayam pada malam hari
  • Mitos ibu yang mengandung bersembunyi di kolong tempat tidur saat terjadinya gerhana purnama
  • Mitos tidak boleh membuk payung didalam ruangan
  • Mitos tidak boleh berfoto dengan orang ganjil atau bertiga atau lebih
  • Mitos tidak boleh duduk di depan pintu

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Mitos : Pengertian, Ciri, Unsur, Fungsi, Jenis & Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya