Saklar Adalah

Diposting pada

SeputarIlmu.ComHallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Saklar.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Saklar? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Saklar : Pengertian, Fungsi, Contoh dan Jenis Terlengkap


Pengertian Saklar

Saklar merupakan suatu pemutusan dan juga penyambungan arus listrik atau aliran listrik. Penggunaan saklar selain untuk jaringan listrik arus kuat, saklar berbentuk kecil juga dipakai untuk alat komponen elektronika yang berarus lemah.

Saklar Listrik itu sendiri dapat digolongkan dari berdasarkan jumlah Kondisi yang dimilikinya. Jumlah dari Kontak dan kondisi yang dimiliki tersebut biasanya disebut dengan istilah “Pole” dan “Throw”.


Keadaan Saklar

1. Keadaan Membuka

Ketika keadaan membuka ini dapat membuat tegangan arus listrik atau aliran dari arus listrik ini dapat tidak tersambung yang membuat arus listrik tidak dapat mengalir karena saklar membuka.


2. Keadaan Tertutup

Ketika keadaan tertutup maka akan terjadi tersambungnya aliran listrik atau arus listrik yang tersambung dan dapat memberikan arus listrik.

Saklar dapat berganti-gantian keadaan yaitu dapat membuka dan dapat menutup. Alat yang di pakai ini memang di rancang untuk dapat memiliki dua keadaan untuk dapat membuka dan menutup sehingga pemakaian arus listrik dapat terkontrol dengan baik.

Rangkaian listrik dapat di rubah menjadi suatu rangkaian terbuka atau juga dapat di rubah menjadi suatu rangkaian tertutup. Keadaan rangkaian tertutup akan dapat membuat arus listrik yang ada akan dapat mengalir ke dalam rangkaian tersebut.

Akan tetapi jika saklar ini di buka maka akan terjadi rangkaian terbuka yang membuat arus listrik berhenti dan tidak dapat mengalir ke dalam rangkaian.


Contoh Penggunaan Saklar

  • Tombol on/off dan volume up down di ponsel
  • Tombol on/off di TV, tombol-tombol di remote TV
  • Saklar dinding untuk menghidupkan dan mematikan lampu listrik
  • Tombol on/off di laptop atau komputer
  • Tombol-tombol keyboard pada laptop atau komputer
  • Tombol on/off dan tombol pilihan kecepatan di kipas angin

Fungsi Saklar

  • Sebagai alat yang dapat memutuskan dan juga menyambungkan arus listrik yang ada di dalam rangkaian.
  • Untuk engatur arus listrik yang masuk dan keluar.
  • Untuk memberikan kenyamanan ketika ada hal yang tidak di inginkan.

Jenis-Jenis Saklar Listrik

  • SPST : Single Pole Single Throw ialah suatu Saklar ON/OFF yang paling sederhana dengan hanya memiliki 2 Terminal. Contohnya Saklar Listrik ON/OFF pada lampu.
  • SPDT : Single Pole Double Throw yaitu salah satu jenis Saklar yang memiliki 3 Terminal. Saklar jenis ini dapat digunakan sebagai Saklar Pemilih. Contohnya Saklar pemilih Tegangan Input Adaptor yaitu 110V atau 220V.
  • DPST : Double Pole Single Throw yakni sebuah saklar yang memiliki 4 Terminal. DPST dapat diartikan sebagai 2 Saklar SPST yang dikendalikan dalam satu mekanisme.
  • DPDT : Double Pole Double Throw adalah suatu jenis saklar yang memiliki 6 Terminal. DPDT dapat diartikan sebagai 2 Saklar SPDT yang dikendalikan dalam satu mekanisme.
  • SP6T : Single Pole Six Throw merupakan salah satu saklar yang memilki 7 Terminal yang pada umumnya berfungsi sebagai Saklar pemilih. Jenis Saklar ini banyak ditemui dalam Rangkaian Adaptor yang dapat memilih berbagai Tegangan Output, misalnya pilihan output 1,5V, 3V, 4,5V, 6V, 9V dan 12V.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Saklar : Pengertian, Fungsi, Jenis & Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :