Sinar Gamma

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Sinar Gamma.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Sinar Gamma? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Sinar Gamma : Pengertian, Manfaat, Bahaya dan Sumber Terlengkap


Pengertian Sinar Gamma

Sinar gamma atau sinar gama merupakan salah satu gelombang elektromagnetik yang biasanya dilambangkan dengan huruf latin γ.

Dalam spektrumnya menempati tingkatan dengan frekuensi terbesar yaitu 1020 Hz hingga 1025 Hz atau dengan panjang gelombang terpendek yaitu 10-17 m hingga 10-12 m.

Sinar gamma ialah suatu bentuk energi radiasi elektromagnetik yang produksinya dari radio aktivitas maupun proses nuklir dan subatomik yang lain penghancuran elektronn – positron.


Sumber Sinar Gamma

  • Ledakan bintang ( supernova )
  • Ledakan bom nuklir
  • Bintang yang terhisap lubang hitam
  • Terapi sinar gamma
  • Gelembung energi di pusat galaksi Bima Sakti
  • Bahan radioaktif

Manfaat Sinar Gamma

1. Menyembuhkan Tumor, Kanker, Dan Kelainan Lain

Sinar gamma bisa digunakan untuk membunuh sel kanker dan tumor dan juga kelainan lainnya yang terkenal dengan sebutan gamma knife.

Gamma knife yaitu suatu metode terapi sinar gamma yang dimanfaatkan untuk mengobati tumor dan kelainan-kelainan lainnya pada otak tanpa membuka tulang tengkorak.

Radiasi sinar gamma ini dipakai untuk menghancurkan sel-sel yang sakit sementara menjaga sel-sel lainnya yang masih sehat. Serangkaian sinar gamma, dipancarkan secara langsung kepada sel yang terserang kanker untuk dibunuh atau dimusnahkan.


2. Membunuh Bakteri

Sinar gamma yakni gelombang elektromagnetik yang memiliki energi tinggi yang dapat membunuh bakteri, sehingga sering digunakan untuk mensterilisasi makanan, minuman dan peralatan dokter ketika akan melakukan operasi.

Pemakaian sinar gamma untuk membunuh organisme dikenal dengan irradiation. Dosis sinar gamma yang dimanfaatkan juga tidak merusak sel makanana, sehingga gizi makanan tidak akan berkurang.

Makanan menjadi tahan lama karena tidak ada bakteri yang merusak makanan dan tentu saja rasa makanan tidak akan berubah atau masih sama dengan rasa aslinya. Makanan hasil iradiasi tidak berbahaya untuk kesehatan manusia.


3. Pembentukan Bibit Unggul Tanaman

Pembentukan bibit unggul pada tanaman dapat dilaksanakan dengan memanfaatkan radiasi gelombang elektromagnetik sinar gamma, misalnya pembentukan bibit unggul pada tumbuhan padi.

Bibit padi yang ingin dibuat bibit unggul diberi radiasi dengan dosis yang bervariasi, dari dosis paling kecil yang tidak membawa pengaruh sampai dengan dosis yang rendah yang mematikan.

Biji yang telah diradiasi tersebut kemudian disemaikan dan ditanam berkelompok berdasarkan ukuran dosis radiasinya. Sinar gamma ini dapat memicu terjadinya mutasi pada suatu tanaman.

Dari proses mutasi itu diharapkan bisa dihasilkan tanaman dengan sifat-sifat yang memberi untung, seperti pada tanaman padi yang lebih tahan terhadap hama dan memiliki tunas lebih banyak.


4. Pelacakan Kebocoran Pipa Bawah Tanah

Dengan menggunakan ilmu fisika khususnya gelombang elektromagnetik sinar gamma kita bisa mendeteksi kebocoran di sebuah pipa yang ditanam dibawah tanah.

Suatu zat yang dapat memancarkan sinar gamma dilarutkan pada air dan dialirkan pada pipa bawah tanah. Kemudian permukaan tanah di atas pipa diperiksa dengan Geiger Counter. Intensitas radiasi yang berlebihan menggambarkan adanya kebocoran pada pipa tersebut.

5. Mengetahui struktur logam
6. Membuat radio isotop


Sifat Sinar Gamma

Sifat yang dimiliki oleh sinar gamma yaitu energi yang besar sehingga daya tembusnya sangat kuat. Sinar gamma memiliki daya tembus yang paling kuat dibandingkan dengan gelombang-gelombang yang masuk dalam kelompok gelombang elektromagnetik. Sinar gamma bisa menembus pelat besi yang tebalnya sampai beberapa cm.


Bahaya Sinar Gamma

1. Merusak satelit serta atmosfir

Sinar gamma berasal dari luar angkasa yang bisa merusak satelit serta atmosfir. Hal ini dapat dialami sebab sinar gamma memiliki energi yang paling kuat.

Meskipun demikian, menurut para ilmuan semburan sinar gamma tersebut jarang dialami yakni kurang lebih 10.000 – 1.000.000 tahun sekali, serta pernah mengalami di abad ke-8.


2. Menyebabkan kematian paling besar bila mengalami perang nuklir

Dalam ledakan senjata nuklir akan banyak materi radioaktif yang terbuat. Akan tetapi, sinar gamma pada fallout nuklir memungkinkan membuat beberapa kematian pada pemanfaatan senjata nuklir pada sebuah perang nuklir.

Sinar gamma yang rendah dalam mengionisasi pada sinar alfa maupun beta. Namun, dalam mengurangi bahaya pada manusia memerlukan perlindungan lebih tebal.

Hal ini akan menghasilkan kerusakan dengan mirip sebab sinar X yang mirip dengan terbakar, kanker serta mutasi genetik.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Sinar Gamma : Pengertian, Manfaat, Sifat, Sumber & Bahayanya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :