√ AFNEI : Pengertian, Sejarah, Tugas dan Tujuan Terlengkap

Diposting pada

√ AFNEI : Pengertian, Sejarah, Tugas dan Tujuan Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai AFNEI.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah AFNEI? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ AFNEI : Pengertian, Sejarah, Tugas dan Tujuan Terlengkap
√ AFNEI : Pengertian, Sejarah, Tugas dan Tujuan Terlengkap

 

Pengertian AFNEI

 

AFNEI merupakan kepanjangan dari Allied Forces Netherlands East Indies merupakan salah satu pasukan yang tiba ke Indonesia sehabis perang dunia ke-2 sehabis Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Pasukan ini tiba pada tanggal 29 September 1945.

 

 

Latar Belakang AFNEI

Berdasarkan persetujuan Postdam, Sekutu yang diwakili oleh Inggris kembali bertanggung jawab atas wilayah di Indonesia yang termasuk juga daerah dibawah naungan South West Pacific Areas Command (SWPAC).

Pada tanggal 14 September 1945, Mayor Greenhalgh membentuk markas besar yang ada di Jakarta. Pada tanggal 29 September 1945 kapal penjelajah Cumberland berlabuh di Tanjung Priok.

Pasukan ini adalah komando bawahan tiga divisi dari SEAC yang diberi nama Allied Forces Netherlands East Indies (AFNEI).

Adapun tiga divisi tersebut yakni :

  • Divisi India ke-23 yang dipimpin oleh Mayor Jenderal D.C. Hawthorn
  • Divisi India ke-5 yang dipimpin oleh Mayor Jenderal E.C. Marsergh
  • Divisi India ke-26 yang dipimpin oleh Mayor Jenderal H.M. Chambers

 

 

Sejarah AFNEI

Setelah berhasil mengatasi masalah dengan tentara Jepang, bangsa Indonesia selanjutnya berhadapan dengan pasukan sekutu dari Komando Asia Tenggara atau South East Asia Command (SEAC) dibawah pimpinan Laksamana Lord Louis Mountbatten.

Perwira pasukan Sekutu yang pertama, kali datang ke Indonesia yaitu Mayor Greenhalgh, ia terjun payung di lapangan udara Kemayoran pada tanggal 14 September 1945.

Tugas Greenhalgh yaitu untuk mempersiapkan pembentukan markas besar pasukan Sekutu di Jakarta. Kedatangan Greenhalgh disusul dengan berlabuhnya kapal penjelajah Cumberland di Tanjung Priok pada tanggal 29 September 1945.

Kapal tersebut membawa Panglima Skadron Kapal Penjelajah V Inggris, yaitu Laksamana Muda W.R. Patterson. Pasukan sekutu yang bertugas di Indonesia diberi nama Allied Forces Netherlands East Indies (AFNEI) di bawah pimpinan Letnan Jenderal Sir Philip Christison.

Pada awalnya, kedatangan pasukan Sekutu disambut baik oleh pihak Indonesia. Namun, setelah diketahui pasukan Sekutu (Inggris) datang dengan membawa orang-orang Belanda yang tergabung dalam Netherlands Indies Civil Administration (NICA) maka sikap bangsa Indonesia mulai berubah, menjadi memusuhinya. Kemudian situasi keamanan menjadi tidak terkendali.

Sepertinya Letnan Jenderal Christison telah memperhitngkan bahwa tugas pasukan Sekutu tidak akan berhasil tanpa bantuan dari pemerintah Republik Indonesia.

Untuk itu, Letnan Jenderal Christison melakukan perundingan dengan pemerintah Republik Indonesia dan mengakui secara De Facto negara Republik Indonesia pada tanggal 1 Oktober 1945.

Sejak adanya pengakuan secara de facto tersebut, maka masuknya pasukan Sekutu ke wilayah Indonesia diterima dengan terbuka oleh para penjabat Republik Indonesia.

Hal tersebut disebabkan karena pemerintah Republik Indonesia harus menghormati tugas-tugas yang dilakukan oleh pasukan Sekutu.

Pengakuan tersebut diperkuat lagi dengan pernyataan yang dikeluarkan oleh Christison, ia menyatakan bahwa ia tidak akan mencampuri masalah-masalah yang menyangkut status ketatanegaraan Indonesia.

 

 

Tugas dan Tujuan AFNEI

  • Menerima penyerahan dari tangan Jepang
  • Membebaskan interniran Sekutur
  • Melucuti, mengumpulkan, dan memulangkan orang Jepang
  • Menegakkan serta mempertahankan keadaan damai untuk kemudian akan diserahkan kepada pemerintahan sipil, serta.
  • Menghimpun keterangan mengenai penjahat perang serta menuntut mereka di depan sebuah pengadilan pasukan Sekutu.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ AFNEI : Pengertian, Sejarah, Tugas dan Tujuan Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

[irp]

[irp]

[irp]

[irp]