Power Supply

Diposting pada

Power Supply : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Ciri Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Power Supply.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Power Supply? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Power Supply : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Ciri Terlengkap


Pengertian Power Supply

Power Supply merupakan salah satu hardware di dalam perangkat komputer yang berperan untuk memberikan suplai daya. Biasanya komponen power supplay ini bisa ditemukan pada chasing komputer dan berbentuk persegi.

Power Supply membutuhkan sumber listrik yang kemudian diubah menjadi energi yang menggerakkan perangkat elektronik.

Sistem kerjanya cukup sederhana yakni dengan mengubah daya 120V ke dalam bentuk aliran dengan daya yang sesuai kebutuhan komponen-komponen tersebut.


Cara Kerja Power Supply

Ketika pengguna menyalakan power pada komputer, maka power supply akan melakukan pemeriksaan dan tes sebelum menjalakan sistem komputer.

Jika tes berjalan dengan baik maka power supply akan mengirim sinyal (power good) ke mainboard sebagai pertanda bahwa sistem komputer siap untuk beroperasi.

Selanjutnya, power supply atau catu daya akan membagi daya sesuai dengan kapasitas yang diperlukan masing-masing komponen komputer.

Selain menyalurkan daya listrik ke komponen komputer, power supply juga menjaga stabilitas arus listrik pada berbagai komponen tersebut.

Dari penjelasan pengertian power supply dan fungsinya di atas, maka komponen ini sama pentingnya seperti CPU pada komputer yang seringkali dianggap sebagai otak komputer.

Jika terjadi gangguan pada power supply, maka akan menyebabkan gangguan aliran daya pada komponen-komponen komputer.


Fungsi Power Supply

  • Memberikan daya arus listrik ke berbagai komponen atau hardware yang terdapat di dalam chasing komputer.
  • Kipas pada power supply berfungsi untuk membuang udara panas dari dalam chasing komputer.
  • Port male jenis IEC 60320 C14 berfungsi sebagai konektor antara sumber energi listri dan power supply.

Jenis-Jenis Power Supply

1. Jenis Power Supply Berdasarkan Rancangannya

  • Power Supply atau Catu Daya Internal yaitu power supply yang dibuat terintegrasi dengan motherboard atau papan rangkaian induk. Contoh : ampilifier, televisi, DVD Player, power supply-nya menyatu dengan motherboard di dalam chasing perangkat tersebut.
  • Power Supply atau Catu Daya Eksternal yakni suatu power supply yang dibuat terpisah dari motherboard perangkat elektroniknya. Contoh : charger Laptop dan charger HP.

2. Jenis Power Supply Berdasarkan Fungsinya

  • Power Supply AT

Bisa dibilang ini merupakan jenis power supply yang pertama kali digunakan pada jenis-jenis komputer jaman dulu seperti pada tipe Pentium II dan Pentium III pada tahun ’97.

Sehingga untuk saat ini penggunaan Power Supply AT sudah tidak banyak ditemukan pada jenis perangkat komputer terbaru.

Ciri – Ciri Power Supply AT

  • Memiliki 8-12 terminal output yang terhubung pada motherboard komputer
  • Umumnya memiliki daya di bawah 250 watt
  • Karena tombol power On dan Off terhubung dengan chasing komputer, maka untuk mematikannya harus dilakukan secara manual pada saat shut down komputer.
  • Power Supply ATX

Power Supply ATX merupakan suatu pembaruan dari jenis Power Supply AT. Power supply ini memiliki desain yang lebih kompleks dengan sumber pasokan energi listrik yang lebih efisien.

Power Suplly ATX saat ini banyak ditemukan pada jenis komputer generasi terbaru dimana pengoperasiannya bisa dikontrol dengan software yang sudah terinstal dalam komputer. Sehingga bisa diatur dalam beberapa mode seperti mode tidur, mode siaga dan mode saat komputer dimatikan.

Ciri – Ciri Power Suplly ATX

  • Memiliki 20 sampai 24 terminal output yang terhubungan dengan motherboard
  • Memakai daya yang lebih besar
  • Ketika PC di-shuttdown maka power supply ini akan mati sepenuhnya

Komponen Power Supply

1. Transformator

Merupakan suatu komponen di dalam pada Power Supply yang digunakan untuk memindahkan tenaga listrik antar dua rangkaian listrik atau lebih melalui induksi elektromagnetik.


2. Dioda

Adalah salah satu gabungan dari dua kata elektroda, yaitu anoda dan katoda. Sifat dari dioda yaitu menghantarkan arus pada tegangan maju dan menghambat arus pada aliran tegangan balik.


3. Kapasitor

Kapasitor berfungsi sebagai penyempurna penyerahan dari tegangan arus AC ke tegangan arus DC.


4. Resistor

Resistor yaitu sebuah perangkat yang membantu Power Supply dalam menurunkan tegangan, membagi tegangan, dan membatasi arus listrik yang masuk, sehingga akan dapat mengontrol perangkat-perangkat keras yang ada pada motherboard.


5. IC regulator

IC Regulator berfungsi untuk mengatur tegangan pada rangkaian elektronika selalu tetap stabil.


6. LED

LED pada Power Supply yakni suatu komponen sejenis diode semikonduktor yang memiliki keistimewaan.


Jenis Konektor Power Supply

  • Konektor 20/24 PIN ATX Motherboard
  • Konektor 4 pin peripheral power (untuk perangkat seperti DVD Room, hardisk, kipas)
  • Konektor 4/8 pin 12V (untuk motherboard server)
  • Konektor 6 pin PCIe (untuk kartu VGA/kartu grafis PCIe)
  • Konektor Floppy (untuk floppy disk drive)
  • Konektor SATA (untuk hardisk/optical drive yang berjenis SATA)

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Power Supply : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Ciri Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :