Gen Adalah

Diposting pada

Gen : Pengertian, Sifat, Fungsi, Struktur & Komponen Penyusunnya Lengkap – Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Gen.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Gen? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Gen : Pengertian, Sifat, Fungsi, Struktur dan Komponen Penyusun Terlengkap


Pengertian Gen

Gen merupakan suatu bagian dari kromosom atau salah satu kesatuan kimia atau DNA dalam kromosom yaitu dalam lokus yang mengendalikan ciri-ciri genetis dari suatu makhluk hidup.

Sebuah gen dapat di turunkan atau di wariskan oleh satu individu kepada keturunannya, yaitu melalui suatu proses reproduksi.

Istilah gen telah dipopulerkan oleh Yohansen pada tahun 1909 yang dianggap sebagai satuan terkecil di dalam sel yang memiliki peran dalam menentukan sifat keturunan (hereditas).


Sifat-Sifat Gen

  • Mengandung informasi genetik
  • Tiap genmemiliki tugas dan fungsi yang berbeda
  • Ketika waktupembelahan mitois dan meiosis dapat menduplikasi
  • Sebagai zarah yang terdapat di dalam kromosom
  • Sifat genditentukan oleh susunan kombinasi basa nitrogen

Fungsi Gen

  • Menyampaikan informasi mengenai genetika dari generasi ke generasi.
  • Menentukan sifat-sifat pada keturunannya. Seperti yang di contohkan pada fakta di depan. Sifat-sifat itu dapat berupa bentuk rambut, bentuk badan, warna kulit dan lain sebagainya.
  • Mengontrol, mengatur metabolisme dan perkembangan tubuh.

Struktur Gen

1. Pengkode

Pengkode ialah ekson dan intron yang menentukan RNA maupun protein. Intron ialah sekuens yg tidak menentukan asam amino, sementara ekson ialah bentuk yang akan ditentukan sebagai asam amino.


2. Promotor

Promotor ialah adalah rangkaian DNA tertentu yang berfungsi dalam menjalankan salinan gen struktural dan terletak di kawasan upstream dari bentuk struktural gen.

Promotor berperan sebagai lokasi pertama perapatan enzim RNA polimerase yang kemudian menjalankan salinan pada bentuk struktural.


3. Operator

Operator ialah rangkaian nukelotida yang terletak di sekitar promotor dan bagian struktural dan ialah lokasi perapatan protein represor. Jika ada represor yang merapat di operator, maka RNA polimerase tidak dapat melintasi dan ekspresi gen tidak dapat berproses.

Supresor difungsikan untuk menghalangi, sementara enhancer difungsikan untuk menambah proses salinan dengan menambahkan beberapa RNA polimerase. Namun lokasinya tidak pada tempat yang jelas misalnya operator.


4. Terminator

Terminator dibuktikan dengan struktur yang kaya akan susunan GC yang terwujud pada molekul RNA dari perolehan salinan.


Komponen Penyusun Gen

1. Rekon

Rekon merupakan sebuah komponen yang lebih kecil dari gen dan terdiri atas satu atau dua pasang nukleotida saja.


2. Muton

Muton yakni salah satu komponen yang memiliki lebih dari dua nukleotida.


3. Sistron

Sistron ialah suatu komponen yang terdiri dari ratusan nukleotida.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Gen : Pengertian, Sifat, Fungsi, Struktur dan Komponen Penyusun Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :