Kata Sifat

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Kata Sifat.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Kata Sifat? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Kata Sifat : Pengertian, Fungsi, Ciri, Jenis dan C√ Kata Sifat : Pengertian, Fungsi, Ciri, Jenis dan Contoh Terlengkapontoh Terlengkap


Pengertian Kata Sifat

Kata Sifat atau Adjektiva merupakan salah satu kata yang digunakan untuk menyatakan sifat atau keadaan suatu hal, baik itu makhluk hidup, benda mata, tempat, waktu, atau lainnya.

Dalam penggunannya dalam sebuah kalimat, kata sifat sering digunakan untuk menjelaskan tentang keadaan subjek (S) atau Objek (O) kalimat tersebut.


Fungsi Kata Sifat

  • Adjektiva Atributif yaitu suatu kata sifat yang berfungsi sebagai pelengkap atau penjelas dalam suatu kalimat. Jika jenis kata sifat ini terletak setelah subjek, maka biasanya merupakan penjelas subjek tersebut, sedangkan jika terletak setelah objek, maka merupakan penjelas dari objek tersebut. Contohnya : Adik sudah tumbuh menjadi putri yang cerdas dan baik hati.
  • Adjektifa Predikatif ialah salah satu kata sifat yang berfungsi sebagai predikat dalam sebuah kalimat. Contohnya : Rumah baru itu sangat luas.
  • Adjektifa Predikatif Inversi yakni sebuah jenis kata sifat yang fungsinya juga sebagai predikat dalam sebuah kalimat, tetapi letaknya di awal kalimat. Contohnya : Indahnya pemandangan di puncak gunung ini.

Ciri-Ciri Kata Sifat

  • Dapat diingkari atau dibatalkan sifatnya dengan kata “Tidak” atau “Bukan”. Contohnya: Tidak bagus, Tidak baik, Tidak bahagia dan lain sebagainya.
  • Dapat diberikan keterangan penguat, seperti sangat, amat, paling, sekali, benar. Contohnya: Sangat indah, Amat luas, Paling rendah dan lain sebagainya.
  • Dapat diberikan keterangan pembanding, seperti lebih, kurang, paling. Contohnya: Sepatuku lebih mahal dari sepatunya; Jika dibandingkan baju itu, baju ini kurang mewah dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Kata Sifat

1. Jenis Kata Sifat Menurut Maknanya (Semantis)

  • Kata Sifat Bertaraf (Menyatakan Kualitas)
  1. Adjektiva Pemberi Sifat yaitu kata sifat yang menerangkan kualitas atau intensitas yang dinilai secara fisik atau mental. Contohnya misalnya bersih, rapi, nyaman.
  2. Adjektiva Ukuran yakni suatu kata sifat yang menerangkan kualitas yang dapat diukur dengan ukuran kuantitatif (dapat dijelaskan dalam bilangan). Contohnya misalnya: Berat, panjang
  3. Adjektiva Warna ialah salah satu kata sifat yang menerangkan warna. Contohnya adalah: Biru, putih
  4. Adjektiva Waktu adalah sebuah kata sifat yang menggambarkan masa atau periode pada suatu pekerjaan atau peristiwa. Contohnya adalah: sebentar, lama.
  5. Adjektiva Jarak ialah suatu kata sifat yang menerangkan ruang antara dua benda atau tempat. Contohnya: Jauh, dekat
  6. Adjektiva Sikap yakni suatu kata sifat yang menerangkan emosi atau suasana hati. Contohnya adalah: Bahagia, sedih, marah
  7. Adjektiva Serapan merupakan suatu kata sifat yang menunjukkan sesuatu yang dapat dirasakan oleh panca indera. Contohnya seperti: Pahit, manis, asam, bau.
  • Kata Sifat Tak Bertaraf

Kata sifat tak bertaraf merupakan salah satu jenis kata sifat yang menjelaskan keanggotaan pada suatu golongan, contohnya yaitu Abadi, bundar, dan lain sebagainya.


2. Kata Sifat Berdasarkan Sintaksis (Letak atau Fungsinya dalam kalimat)

  • Adjektiva Atributif merupakan kata sifat yang berfungsi sebagai pelengkap atau penjelas dalam suatu kalimat. Jika jenis kata sifat ini terletak setelah subjek, maka biasanya merupakan penjelas subjek tersebut, sedangkan jika terletak setelah objek, maka merupakan penjelas dari objek tersebut. Contohnya : Adik sudah tumbuh menjadi putri yang cerdas dan baik hati.
  • Adjektifa Predikatif ialah sebuah kata sifat yang berfungsi sebagai predikat dalam sebuah kalimat. Contohnya : Rumah baru itu sangat luas.
  • Adjektifa Predikatif Inversi yaitu suatu jenis kata sifat yang fungsinya juga sebagai predikat dalam sebuah kalimat, tetapi letaknya di awal kalimat. Contohnya : Indahnya pemandangan di puncak gunung ini.

3. Jenis Kata Sifat Menurut Bentuknya

  • Kata Sifat Dasar

Kata sifat dasar merupakan salah satu kata sifat asli yang tidak mengalami proses afiksasi (pengimbuhan) dan tidak dapat diurai menjadi bentuk yang lebih sederhana. Adapun beberapa contoh kata sifat dasar antara lain: Indah, Baru, Banyak, Tinggi, Sedikit, Lama dan lain-lain.

  • Kata Sifat Turunan

Kata sifat turunan (Polifermis) ialah suatu kata sifat yang telah mengalami proses afiksasi (penambahan imbuhan), pengulangan/reduplikasi, pemajemukan, dan penyerapan.

Secara umum ada empat kelompok kata sifat atau adjektiva turunan, yakni sebagai berikut :

1. Adjektiva Turunan Yang Mengalam Pengimbuhan (Afiksasi)

Contoh :

  • Sebaik (imbuhan se-)
  • Terindah (imbuhan ter-)

2. Adjektiva Turunan Yang Mengalami Pengulangan, proses pengulangan itu seringkali mengikut pola “Se- + kata sifat dasar + nya”

Contoh :

  • Sepitar-pintarnya
  • Seburuk-buruknya
  • Semarah-marahnya
  • Seberat-beratnya
  • Sebaik-baiknya

3. Adjektiva Turunan Majemuk

Kata sifat mejemuk merupakan salah satu kata sifat yang terbentuk berasal dari penggabungan dua atau lebih kata sifat dasar yang menghasilkan arti baru, atau bermakna berbeda dari kata sifat dasar pembentuknya. Contohnya ialah : Lemah lembut, Rendah hati, Berjiwa besar dan lain-lain.


4. Kata Sifat Serapan

Kata sifat serapan ialah suatu kata sifat yang asalnya dari bahasa asing yang selanjutnya diserap dan dijadikan bagian dari bahasa Indonesia. Contohnya adalah: Aktif, Struktural, Duniawi, dan lain sebagainya.


Contoh Penggunaan Kata Sifat Dalam Kalimat

  • Google merupakan salah satu perusahaan terkaya di dunia saat ini.
  • Ibu saya yaitu orang yang sangat baik.
  • Dinda memang pendiam, tetapi dia bukanlah orang yang jahat.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Kata Sifat : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis & Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :