Hyperlink Adalah

Diposting pada

Hyperlink : Pengertian, Fungsi, Cara Membuat dan Jenis Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Hyperlink.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Hyperlink? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Hyperlink : Pengertian, Fungsi, Cara Membuat dan Jenis Terlengkap


Pengertian Hyperlink

Hyperlink atau Pranala merupakan suatu cara untuk menghubungkan suatu bagian tertentu di dalam slide, file dokumen, program, atau halaman web dengan bagian yang lainnya pada bidang tersebut.

Hyperlink sering dipakai untuk menunjukan lokasi lainnya dari teks maupun objek yang diperlihatkan atau dipresentasikan. Hyperlink dapat menghubungkan beberapa file, objek, aplikasi, dokumen, halam web dan lain-lain.

Pada umumnya hyperlink atau link ditampilkan dalam huruf dengan warna yang berbeda, yang paling sering adalah berwarna biru.

Hyperlink atau Link bisa dipasang tidak hanya pada teks, tetapi juga pada gambar dan jika gambar diklik maka akan dibawa ke tampilan lain dari isi link tersebut.


Pengertian Hyperlink Menurut Para Ahli

1. Buku Desain grafis Web dengan MS Frontpage 97

Hyperlink merupakan suatu hubungan dari page WWW ke file pada WWW. Tujuan dari hyperlink pada umumnya merupakan page WWW lainnya, tetapi juga dapat berupa file multimedia maupun bahkan program.


2. Buku Komputer SMA Kelas XII

Hyperlink merupakan teks maupun gambar untuk menuju suatu alamat atau halaman tersebut.


3. Wikipedia

Hyperlink ialah sebuah acuan dalam suatu dokumen hypertext ke dokumen yang lain atau juga sumber lain.


4. Buku Cara Mudah Menguasai Google Docs

Hyperlink atau link yaitu suatu teks yang dapat menuntun kita untuk menuju URL tersebut.


Fungsi Hyperlink

  • Untuk memudahkan visitor atau pengunjung web untuk menelusuri informasi yang tersimpan di dalam suatu website yang dikunjunginya dan link
  • Untuk menghubungkan antar dokumen HTML.

Cara Membuat Hyperlink

  • Blok bagian teks tertentu dalam file Word/ Excel/ Power Point yang ingin ditautkan dengan file lain
  • Kemudian pilih menu “Insert” lalu klik “Hyperlink”. Secara otomatis Anda akan diarahkan ke tampilan file manager, lalu pilih file mana yang akan Anda jadikan hyperlink.
  • Setelah memilih file yang dijadikan hyperlink, klik OK
  • Selesai

Jenis-Jenis Hyperlink

1. Absolute Addres

Absolute Addres atau alamat mutlak ialah full internet addres “URl” yang meliputi protocokl, network location, path dan nama file.

Biasanya jika kita memberi backlink pada artikel di web kita sendiri atau web orang lain kita selalu menggunakan hyperlink jenis ini.


2. Relatif Addres

Relatif addres atau alamat relatif yaitu URL yang tidak menyebutkan protocol dan network locationnya, tetapi hanya path dan nama filenya. Jenis hyperlink ini banyak digunakan kedalam sebuah website atau blog.


3. Link Ke Section Tertentu Dalam Dokumen

Maksudnya yakni membuat suatu link ke wilayah “section” tertentu dari suatu dokumen atau artikel. Dapat dipakai juga untuk membuat kamus.


Contoh Hyperlink

  • Hyperlink : <a href=”https://www.seputarilmu.com”>seputarilmu.com</a> dan hasilnya ialah seputarilmu.com
  • Hyperlink untuk File Download : Yaitu membuat hyperlink yang jika user mengklik ini makan akan menampilkan download file pada komputer. Contoh : <a href=”https://www.seputarilmu.com/sample-gambar.jpg” download>
  • Hyperlink rel nofollow : Menentukan hubungan antara dokumen saat ini dan dokumen terkait. Value yang dipakai yaitu alternative, author, bookmark, hel, license, next, nofollow, prev, seach, tag. Contoh : <a href=”https://www.seputarilmu.com rel=”nofollow”>seputarilmu.com</a>

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Hyperlink : Pengertian, Fungsi, Cara Membuat dan Jenis Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :