Pengertian Semantik Menurut Para Ahli

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Semantik.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Semantik? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ 15 Pengertian Semantik Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Semantik Menurut Para Ahli

1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Semantik adalah suatu arti, maksud pembicara dan penulis, atau pengertian yang diberikan pada suatu bentuk pembahasan.


2. Dr. Mansoer Pateda

Semantik ialah subdisiplin linguistik yang membicarakan makna.


3. Hurford dan Heasley

Semantik yaitu salah satu istilah teknis yang mengacu pada studi tentang makna kata.


4. Encyclopedia Britanica

Semantik ialah studi tentang hubungan antara suatu pembeda linguistik dengan hubungan proses mental atau simbol dalam aktifitas bicara.


5. Kridalaksana

Semantik yakni salah satu bagian dari struktur bahasa yang berhubungan dengan makna ungkapan dan dengan struktur makna suatu wicara.


6. Charles Morrist

Semantik ialah esuatu hal untuk menelaah hubungan-hubungan tanda dengan objek yang merupakan wadah penerapan tanda-tanda tersebut.


7. Griffiths

Semantik merupakan studi tentang makna ilmu pengetahuan tentang kode dalam kosakata bahasa dan pola untuk membangun makna yang lebih rumit, sampai ke tingkat makna kalimat.


8. Chaer

Semantik yaitu sebuah hubungan antara kata dengan konsep atau makna dari kata tersebut, serta benda atau hal yang dirujuk oleh makna itu yang berada diluar bahasa.


9. Kreidler

Semantik yakni studi sistematik makna, dan semantik linguistik adalah studi dari bagaimana bahasa mengorganisasi dan mengekspresikan makna.


10. Kambartel

Semantik ialah mengasumsikan bahwa bahasa terdiri dari struktur yang menampakan makna apabila dihubungkan dengan objek dalam pengalaman dunia manusia.


11. J.W.M Verhaar

Semantik adalahg salah satu teori makna atau teori arti, yakni cabang sistematik bahasa yang menyelidiki makna atau arti.


12. Tarigan

Semantik dapat menelaah lambang atau tanda yang menyatakan makna, hubungan makna satu dengan yang lain, dan pengaruhnya terhadap manusia dan masyarakat.


13. Palmer

Semantik ialah salah satu istilah yang merujuk dalam suatu studi tentang makna, dan karena makna merupakan bagian dari bahasa, maka semantik merupakan bagian dari linguistik.


14. Lyons

Semantik yakni sebuah istilah asal yang relatif baru, yang diciptakan pada akhir abad kesembilan belas dari arti kata kerja Yunani yang diartikan “untuk menandakan”.


15. Lehrer

Semantik yaitu suatu bidang kajian yang sangat luas, karena turut menyinggung aspek-aspek struktur dan fungsi bahasa sehingga dapat dihubungkan dengan psikologi, filsafat dan antropologi.


Manfaat Semantik

1. Bagi Wartawan, Reporter dan Persuratkabaran

  • Dapat memudahkan dalam memilih dan menggunakan kata dengan makna yang tepat dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

2. Bagi Peneliti Bahasa

  • Untuk menganalisis bahasa yang sedang dipelajari.
  • Akan memberikan manfaaat teoritis dan praktis.
  • Akan membantu dalam memahami dengan lebih baik bahasa yang akan diajarkannya.

3. Bagi Kaum Awam

  • Untuk dapat memahami dunia yang penuh dengan informasi dan lalu-lintas kebahasaan yang terus berkembang.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 15 Pengertian Semantik Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :