Struktur Autobiografi

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Autobiografi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Autobiografi? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ 5 Jenis - Jenis, Struktur dan Contoh Autobiografi Terlengkap


Struktur Autobiografi

1. Latar belakang Keluarga

Bagian ini berisi tentang keluarganya yaitu kedua orang tua, tanggal lahir, dan tempat tinggal, anak yang ke berapa dan menceritakan saudara-saudaranya.


2. Latar belakang Pendidikan

Bagian ini menceritakan tentang pendidikan yang telah dicapai sampai sekarang berikut dengan tahun dan nama sekolahnya dan diawali dengan paragraf baru.


3. Latar belakang Prestasi

Bagian ini berisi tentang semua pestasi yang telah dicapai mulai dari kecil hingga sekarang.


4. Latar belakang Pekerjaan

Jika tokoh sudah bekerja maka mencantumkannya, namun jika masih pelajar maka bagian ini bisa dihilangkan.


5. Latar belakang Hasil Karya

Bagian ini khusus bagi mereka yang sudah bekerja dan untuk pelajar poin ini bisa dihilangkan.


Jenis-Jenis Autobiografi

1. Autobiografi sebagai Kritik Totalitarianisme

Autobiografi ini adalah korban dan penentang rezim totaliter yang telah mampu menyajikan kritik mencolok dari rezim melalui bentuk autobiografi dari penindasan mereka. Contoh tulisan-tulisan dari Primo Levi, salah satunya adalah Shoah.


2. Autobiografi Fiksi

Istilah ini diciptakan untuk mendefinisikan novel tentang seorang tokoh fiktif yang ditulis seolah-olah karakter itu menulis biografi mereka sendiri.


3. Autobiografi Seseorang yang Tidak Terkenal

Beberapa orang tanpa klaim asli terkenal mulai menulis atau menerbitkan autobiografi mereka sendiri bagi masyarakat umum.


4. Autobiografi Palsu

Tren yang mendorong adanya autobiografi palsu, terutama terkait dengan “penderitaan menyala”, penulis diduga menderita menjadi bagian keluarga yang disfungsional atau dari masalah sosial, penindasan politik.


5. Auotbiografi Sensasional

Pada abad ke-17 dan seterusnya, “skandal memoar” oleh Libertini seharusnya melayani selera publik, telah sering dipublikasikan. Biasanya samaran, sebagian karya fiksi mereka ditulis oleh ghostwriters.


Contoh Autobiografi

Namaku Samuel Gavriel dan biasa dipanggil dengan Samuel oleh orang-orang dilingkunganku. Aku sangat hobi berenang dan bermain basket serta lahir di kota Medan di tanggal 20 Oktober 1999 dari pasangan Yakub dan Azizah.

Kakakku bernama Jos yang telah menikah dan sekarang tinggal dengan istrinya di kota Bandung. Aku juga mempunyai adik kembar laki-laki dan perempuan bernama Joe dan Jeslyn yang baru berusia 4 tahun.

Aku pertama kali masuk sekolah di tahun 2003-2009 di SD Imanuel. Lalu setelah lulus meneruskan ke SMPN 4 Bandar Lampung dari tahun 2009-2013.

Dan kemudian melanjutkan sekolah lagi ke SMAN 9 Bandar Lampung. Di SMA ini aku mengikuti kegiatan ekstrakulikuler PMR dan selain itu aktif di Organisasi Pramuka dan OSIS. Aku juga pernah menjabat sebagai ketua OSIS.

Aku merupakan anggota basket di SMAN 9 Bandar Lampung dan beberapa kali menjuarai kejuaraan basket dengan tingkat sekolah ataupun tingkat umum. Antara lain Juara 1 Piala Gubernur tahun 2015. Juara II Basket Hardiknas Cup 2015, juara I DBL Sekolah dan lain sebagainya.

Aku mempunyai cita-cita dalam beberapa tahun mendatang untuk bisa bergabung dengan Tim Nasional Basket Indonesia dan membawa nama harum Bangsa di Asia dan juga di Dunia.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 5 Jenis – Jenis, Struktur dan Contoh Autobiografi Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Liannya  :