Karya Tulis Ilmiah

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Karya Tulis Ilmiah.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Karya Tulis Ilmiah? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Karya Tulis Ilmiah : Pengertian, Karakteristik, Jenis, Manfaat dan Fungsi Terlengkap


Pengertian Karya Tulis Ilmiah

Karya ilmiah merupakan suatu karangan yang memaparkan pendapat, hasil pengamatan, tinjauan, dan penelitian dalam bidang tertentu yang disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan, bersantun bahasa, dan isi yang kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan.

Bahasa yang dipakai dalam suatu karya tulis ilmiah adalah bahasa Indonesia yang baku yang sesuai dengan kaidah Ejaan Yang Disempurkan (EYD).


Pengertian Karya Tulis Ilmiah Menurut Para Ahli

1. Sudjiman dan Sugono

Karya ilmiah merupakan salah satu karya tulis dengan penyusunan berdasarkan kajian ilmiah.


2. Eko Susilo

Karya ilmiah ialah suatu karangan atau tulisan yang didapat sesuai sifat keilmuannya dan didasari oleh hasil pengamatan, pemantauan, penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu serta sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya atau keilmiahannya.


3. Dwiloka dan Riana

Karya ilmiah atau artikel ilmiah yaitu sebuah karya seorang ilmuwan (pembangunan) yang hendak membangun ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang didapat melalui literatur, pengalaman, serta penelitian.


4. Suriasumantri

Karya tulis ilmiah yakni salah satu tulisan yang memuat argumentasi penalaran keilmuan serta dikomunikasikan lewat bahasa tulisan yang baku dengan sistematis-metodis dan sintesis analitis.


5. Maryadi

Karya tulis ilmiah merupakan sebuah kerja yang berisi dan menilai masalah tertentu dengan menggunakan kaidah ilmu.


Karakteristik Karya Tulis Ilmiah

1. Logis

Maksudnya setiap tulisan pada karya ilmiah dapat di terima oleh akal sehat, jadi tulisannya dapat di buktikan kebenarannya.


2. Data Yang Jelas

Data pada karya ilmiah yang dijadikan bahan penelitian, harus jelas sesuai dengan fakta yang ada.


3. Objektif

Isinya di tulis secara benar sesuai fakta yang ada tanpa merekayasa atau mengada-ngada.


4. Sistematis

Penulisan maupun penyajiannya disajikan secara tersusun atau teratur sesuai prosedur yang berlaku.


5. Pembahasannya Tuntas Dan Menyeluruh

Selain di susun secara sistematis, pembahasan mengenai permasalahan dan pemecahannya dibahas secara tuntas dan menyeluruh, yang sehingga pembaca dapat memahami maksud dari karya tulis ilmiah tersebut.


6. Menggunakan Bahasa Yang Baku

Bahasa yang digunakan ialah bahasa yang baku, yaitu sesuai dengan bahasa standar yang benar.


7. Dapat Di Uji Kebenarannya

Masalah yang dibahas dan juga pemecahan masalah tersebut dapat diuji kebenarannya, jadi tidak mengada-ngada. Permasalahan yang dibahas dan hasil pemecahannya dapat dilakukan percobaan sehingga kebenarannya bisa dibuktikan.


Tujuan Karya Tulis Ilmiah

  • Bisa menjadi transformasi pengetahuan bagi sekolah atau institusi perguruan tinggi dengan masyarakat atau bagi peminatnya.
  • Melatih keterampilian dasar untuk menjalankan penelitian dengan benar dan teratur.
  • Membuktikan potensi dan wawasan ilmiah yang ada pada mahasiswa dalm menghadapi dan menyelesaikan masalah berupa karya ilmiah setelah yang bersangkutan mendapatkan pengetahuan dari keilmuannya.
  • Menumbuhkan etos ilmiah di kalangan mahasiswa.
  • Sebagai wahana melatih pengungkapan pikiran atau hasil penelitiannya berupa tulisan ilmiah yang sistematis.

Manfaat Karya Tulis Ilmiah

  • Melatih untuk mengembangkan keterampilan membaca yang efektif
  • Mengenalkan dengan kagiatan kepustakaan
  • Memperoleh kepuasaan intelektual
  • Memperluas cakrawala ilmu pengetahuan
  • Sebagai bahan acuan atau penelitian pendahuluan untuk peneliti selanjutnya
  • Meningkatkan perorganisasian fakta dan data secara sistematis
  • Melatih untuk menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber

Fungsi Karya Tulis Ilmiah

1. Fungsi untuk Pendidikan

Dengan menulis suatu karya tulis ilmiah akan memberikan sebuah pengalaman dan pelajaran yang berharga untuk penulisnya. Karena penulis akan mampu berfikir, menulis dan mempertanggungjawabkan hasil dari penelitiannya.


2. Fungsi untuk Penelitian

Dalam hal ini karya tulis ilmiah di tulis berguna untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan berguna juga untuk peneliti dalam mempraktekkan prosedur ilmiahnya.


3. Fungsi Fungsional

Yakni suatu karya tulis ilmiah dapat bermanfaat sebagai alat untuk melakukan pengembangan pengetahuan, sebagai bahan pustaka dan dan untuk kepentingan disiplin ilmu tertentu.


Jenis-Jenis Karya Tulis Ilmiah

  • Makalah yaitu karya ilmiah yang memerlukan studi, baik langsung maupun tidak langsung. Dapat berupa kajian pustaka atau buku, kajian suatu masalah, atau analisis fakta hasil observasi.
  • Laporan Penelitian merupakan suatu karya ilmiah yang dibuat setelah seseorang melakukan penelitian, pengamatan, wawancara, percobaan, dan lain sebagainya.
  • Skripsi yakni sebuah karya ilmiah yang karya ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa tingkat strata-1 untuk memperoleh gelar sarjana.
  • Tesis ialah salah satu karya ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa strata-2 untuk memperoleh gelar magister.
  • Disertasi adalah sebuah karya ilmiah yang dibuat dan disusun oleh mahasiswa strata-3 untuk memperoleh gelar doktor.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Karya Tulis Ilmiah : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Karakteristik, Jenis & Manfaatnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :