Tanjung Adalah

Diposting pada

SeputarIlmu.ComHallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Tanjung.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Tanjung? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Tanjung : Pengertian, Ciri, Manfaat dan Contoh Terlengkap

Pengertian Tanjung

Tanjung merupakan suatu daratan yang menjorok ke laut. Tanjung juga bisa di artikan sebagai daratan yang dikelilingi laut pada ketiga sisinya. Tanjung yang luas disebut dengan semenanjung.

Tanjung merupakan juga kebalikan dari teluk, dan biasanya keduanya bisa ditemukan pada suatu garis pantai yang sama.


Ciri-Ciri Tanjung

  • Menjorok ke laut
  • Terlihat seperti tonjolan apabila dilihat dengan menggunakan peta
  • Ketiga sisinya dikelilingi oleh laut
  • Terbentuk dikawasan pinggir laut
  • Lapisan batuan lembut
  • Warna cokelat lebih banyak daripada warna biru

Manfaat Tanjung

1. Lokasi Tambak Ikan

Manfaat tanjung yang pertama yaitu sebagai lokasi tambak ikan. Faktanya, banyak dari pengusaha ikan ataupun warga sekitar yang membuat tambak ikan di sekitar area tanjung.

Tanjung banyak dipilih sebab sangat dekat dengan tempat hidup atau habitat berbagai jenis ikan yang dibudidayakan di tambak. Kegiatan pemeliharaan juga jauh lebih mudah jika berada pada area tanjung.


2. Sebagai Tempat Tinggal

Manfaat selanjutnya adalah sebagai tempat tinggal penduduk sekitar dan para nelayan yang ada di sekitar pantai. Lokasi tanjung yang digunakan sebagai bermukim warga, biasanya tanjung dengan luar daerah yang luas.


3. Pintu Masuk Lalu Lintas Perdagangan

Sejak dulu tanjung digunakan sebagai pintu masuknya perdagangan internasional. Tanjung mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam proses perputaran dan sirkulasi bisnis impor dan ekspor di berbagai negara.

Hal ini dikarenakan pelabuhan dibuat di dalam tanjung, sehingga kapal-kapal yang membawa barang perdagangan harus mendarat di tanjung guna proses bisnis selanjutnya.


4. Sumber Mata Pencaharian

Manfaat selanjutnya dari tanjung adalah menjadi sumber mata pencaharian, terutama bagi penduduk yang terdapat di sekitarnya.

Laut yang berbatasan langsung dengan daratan tanjung umumnya memiliki jumlah biota laut dan ikan yang lebih banyak daripada garis pantai ataupun teluk.

Kondisi ini tentunya menjadi peluang tersendiri bagi masyarakat. Dimana mereka bisa menangkap ikan lalu dikonsumsi atau dijual.


5. Mengurangi Kemungkinan Banjir

Manfaat lainnya dari tanjung yaitu mengurangi kemungkinan adanya banjir karena pasang surutnya air laut. Fenomena bencana alam ini dikenal dengan banjir rob. Perlu diketahui bahwa banjir rob adalah naiknya air laut ke daratan sampai menggenang dan menyebabkan banjir.


6. Lokasi Wisata

Manfaat lainnya adalah sebagai lokasi wisata yang dikelola pemerintah maupun swasta. Tanjung mempunyai keindahan yang sangat memukau. Tak hanya itu, para wisatawan juga bisa melakukan aktivitas snorkeling di sekitar laut di dekat tanjung.

Potensi wisatanya amat tinggi sehingga wajar saja jika pemerintah menaruh perhatian khusus pada obyek wisata tanjung yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.


Contoh Tanjung

  • Tanjung Laimbobo, di Yapen Waropen, provinsi Papua
  • Tanjung Lampa, di Natuna, provinsi Kepulauan Riau
  • Tanjung Langas, di Pasir, provinsi Kalimantan Timur
  • Tanjung Langasia, di Kepulauan Mentawai, provinsi Sumatra Barat
  • Tanjung Layar, di Kotabaru, provinsi Kalimantan Selatan
  • Tanjung Lelapide, di Sangir Talaud, provinsi Sulawesi Utara
  • Tanjung Lereh, di Mamuju, provinsi Sulawesi Selatan

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Tanjung : Pengertian, Ciri, Manfaat dan Contoh Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :