√ 19 Pengertian Wacana Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 19 Pengertian Wacana Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Wacana.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Wacana? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 19 Pengertian Wacana Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 19 Pengertian Wacana Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian Wacana Menurut Para Ahli

 

1. Hasan Alwi dkk

Wacana adalah salah satu rentetan kalimat yang berhubungan sehingga terbentuklah makna yang serasi diantara kalimat-kalimat tersebut.

 

2. Fatimah Djajasudarma

Wacana ialah sebuah rentetan kalimat yang berhubungan, menghubungkan proposisi yang satu dengan proposisi yang lain, membentuk satu kesatuan, proposisi sebagai isi konsep ang masih kasar yang akan melahirkan statement atau pernyataan dalam bentuk wacana atau kalimat.

 

3. Harimurti Kridalaksana

Discourse atau Wacana merupakan satuan bahasa terlengkap dan merupakan satuan gramatikal tertinggi atau terbesar dalam hierarki gramatikal.

 

4. Henry Guntur Tarigan

Wacana ialah sebuah satuan bahasa yang paling lengkap, lebih tinggi dari klausa dan kalimat, mempunyai kohesi dan koherensi yang baik, mempunyai awal serta akhir yang jelas, berkesimnambungan dan bisa disampaikan secara lisan dan tulisan.

 

5. I.G.N. Oka dan Suparno

Wacana merupakan salah satu dari satuan bahasa yang membawa amanat yang lengkap.

 

6. James Deese

Wacana yakni seperangkat proposisi yang saling berhubungan untuk menghasilkan suatu rasa kepaduan atau rasa kohesi untuk penyimak atau pembaca.

 

7. Sumarlan dkk

Wacana yaitu satuan bahasa terlengkap yang dinyatakan secara lisan seperti ceramah, pidato, dialog dan khotbah atau secara tertulis seperti novel, cerpen, surat, buku dan dokumen tertulis yang dilihat dari struktur lahirnya atau dari segi bentuk bersifat kohesif, saling terkait dan dari struktur batinnya (dari segi makna) bersifat koheren terpadu.

 

8. Carlson

Wacana adalah suatu rentangan ujaran yang berkesinambungan (urutan kalimat-kalimat individual). Wacana tidak hanya terdiri dari untaian ujaran atau kalimat yang secara gramatikal tersusun secara rapi.

 

9. Cook

Wacana merupakan suatu pengunaan bahasa dalam komunikasi, baik secara lisan maupun tulisan.

 

10. Halliday dan Hasan

Wacana ialah suatu kesatuan semantic dan bukan kesatuan gramatikal. Kesatuan yang bukan karena bentuknya (morfem, kata, klausa atau kalimat tapi kesatuan arti).

 

11. Anton Moeliono

Wacana yakni sebuah rentetan kalimat yang berkaitan sehingga terbentuklah makna serasi diantara kalimat itu.

 

12. Hari Murti Kridalaksana

Wacana yaitu satuan bahasa yang terlengkap dalam hierariki tatabahasa dan merupakan satuan tatabahasa yang tertinggi atau terbesar.

 

13. Edmundson

Wacana ialah salah satu peristiwa yang terstruktur yang dimanifestasikan dalam perilaku linguistik atau yang lainnya.

 

14. Stubbs

Wacana merupakan salah satu jenis organisasi bahasa di atas kalimat atau di atas klausa.

 

15. Hoed

Wacana yaitu bangun teoritis abstrak yang maknanya dikaji dalam kaitannya dengan konteks dan situasi komunikasinya.

 

16. Syamsudin

Wacana ialah sebuah rangkaian ujar atau rangkaian tindak tutur yang mengungkapkan suatu hal (subjek) yang disajikan secara teratur, sistematis, dalam suatu kesatuan yang koheren, dibentuk oleh unsure segmental maupun nonsegmental.

 

17. Hymnes

Wacana merupakan suatu bahasa di atas kalimat atau di atas klausa.

 

18. Webster’s Third New International Dictionary

Wacana berlaku untuk perawatan serius dan sistematis yang diformulasikan dengan baik atau terstruktur dari suatu subjek secara tertulis atau berbicara.

 

19. Vandijk

Wacana merupakan sebuah bangun teoritis yang abstrak.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 19 Pengertian Wacana Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

[irp]

[irp]

[irp]

[irp]