√ Wacana : Pengertian, Jenis – Jenis dan Contoh Terlengkap

Diposting pada

√ Wacana : Pengertian, Jenis – Jenis dan Contoh Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Wacana.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Wacana? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Wacana : Pengertian, Jenis - Jenis dan Contoh Terlengkap
√ Wacana : Pengertian, Jenis – Jenis dan Contoh Terlengkap

 

Pengertian Wacana

 

Wacana merupakan suatu rentetan kalimat yang memiliki keterkaitan dan dapat menguhubungkan proposisi yang satu dengan proposisi yang lainnya yang berada di dalam satu kesatuan makna yang antar bagian di dalam suatu bangun bahasa.

Wacana ini menempati hierarki teratas di dalam tingkatan kebahasaan sebab wacana ini merupakan satuan gramatikal tertinggi serta terbesar. Dan wacana ini juga dapat berupa kata, kalimat, paragraf, atau juga karangan yang sangat utuh serta lebih besar, seperti artikel atau pun buku.

Kata-kata yang sering ini digunakan didalam wacana berpotensi ialah sebagai kalimat, bukan kata yang keluar dari konteks. Wacana ini sangat bergantung pada keutuhan serta keaslian unsur makna dan juga konteks yang melengkapinya.

 

 

Jenis – Jenis Wacana

 

1. Narasi

Narasi merupakan sebuah rangkaian cerita yang didasarkan pada urutan suatu peristiwa atau kejadian. Narasi berbentuk narasi imajinatif seseorang serta narasi ekspositaris. Unsur-unsur dari narasi ialah tokoh, alur, kejadian, konflik, serta latar dan juga waktu, suasana & tempat.

 

2. Eksposisi

Eksposisi ialah sebuah karangan yang menjelaskan dan juga yang menerangkan karangan dengan sangat terperinci yang tujuan ialah supaya memberikan sebuah informasi atau juga dapat memperluas ilmu serta pengetahuan bagi pembaca.

Karangan eksposisi ini digunakan untuk karya ilmiah seperti misalnya untuk seminar, simposium , makalah-makalah, artikel ilmiah, atau juga penataran.

 

3. Argumentasi

Argumentasi yaitu suatu karangan yang berisikan pendapat seorang atau ahli, sikap, maupun penilaian terhadap sesuatu disertai dengan bukti, alasan dan peryataan yang dapat diterima secara logis. Argumentasi ini bertujuan untuk dapat menyakinkan bahwa itu benar atau juga salah.

 

4. Deskripsi

Deskripsi yakni salah satu karangan yang menggambarkan sesuatu objek dengan berdasarkan hasil dari pengamatan, perasaan, serta pengalaman dari penulis.

 

 

Keutuhan Wacana

 

1. Kohesi

Kohesi merupakan salah satu hubungan antar kalimat dan paragraf, yang dapat menyebabkan kalimat dan paragraf tersebut menjadi satu kesatuan yang padu, sehingga menjadi sebuah wacana yang utuh. Wacana di atas menggunakan pola hubungan konjungsi, konjungsi merupakan kata hubung.

 

2. Koherensi

Koherensi merupakan sebuah keterkaitan antara kalimat yang sistematis. Keterkaitan tersebut yang mengakibatkan kamlimat menjadi terpadu.

 

 

Contoh Wacana

  • Hutan lindung kebakaran. Premium di pom bensin sudah mulai jarang. Pemimpin perusahaan tersenyum ketika di Tanya penyidik. Hari minggu jalanan sangat sepi.
  • Disewakan. Butuh uang segera. Sebuah mobil baru, avanza berwarna putih tahun 2016. Peminat yang serius harap hubungi langsung kami. Kami tidak memiliki perantara, hati-hati penipuan.
  • Sangat butuh uang tunai segera. Sebuah Ruko, luas tanah 20 x 20 m persegi serta luas. Tidak melalui perantara. Minat hubungi 0921 5757 6765.
  • Jakarta kali ini kembali terbenam kebanjiran. Banyak sekali orang bingung tidak uang. Presiden sedang menghadiri pertemuan DPRD. Pagi hari ini jalan tol ramai terkendali.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Wacana : Pengertian, Jenis – Jenis dan Contoh Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

[irp]

[irp]

[irp]

[irp]