Emosi Adalah

Diposting pada

√ Emosi : Pengertian, Jenis, Penyebab, Fungsi dan Ciri Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Emosi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Emosi? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Emosi : Pengertian, Jenis, Penyebab, Fungsi dan Ciri Terlengkap


Pengertian Emosi

Emosi merupakan suatu perasaan atau gejolak jiwa yang muncul di dalam diri seseorang sebagai akibat dari adanya rangsangan, baik dari dalam diri sendiri maupun dari luar.

Banyak yang mengartikan kata emosi sebagai bentuk amarah, tetapi sebenarnya kata emosi mewakili berbagai bentuk perasaan manusia.


Pengertian Emosi Menurut Para Ahli

1. Chaplin

Emosi ialah suatu keadaan yang terangsang dari organisme yang mencakup perubahan-perubahan yang disadari yang sifatnya mendalam dari perubahan perilaku tersebut.


2. Daniel Goleman

Emosi yaitu setiap kegiatan atau pergolakan perasaa, pikiran, nafsu, setiap keadaan mental yang hebat dan meluap-luap.


3. Soergada Poerbakawatja

Emosi yakni sebuah respons terhadap suatu perangsang yang menyebabkan perubahan fisiologis disertai perasaan yang kuat dan biasanya mengandung kemungkinan untuk meletus.


4. Prawitasari

Emosi merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia, karena emosi dapat merupakan motivator perilaku dalam arti meningkatkan, tapi juga dapat mengganggu perilaku intensional manusia.


5. William James

Emosi merupakan salah satu kondisi budi rohani yang menampakkan diri dengan suatu perubahan yang jelas.


6. Angels

Emosi yaitu kondisi perasaan yang kompleks, yang diiringi dengan beberapa gerakan atau aktivitas kelenjar. Atau, perilaku yang kompleks yang didominasi oleh aktivitas lambung atau organ-organ intrinsik.


7. George Miller

Emosi yakni sebuah pengalaman seseorang tentang perasaan yang kuat, dan biasanya diiringi dengan perubahan-perubahan fisik dalam peredaran darah dan pernapasan, biasanya juga dibarengi dengan tindakan-tindakan pemaksaan.


8. Dr. Muhammad Najaati

Emosi ialah kekacauan hebat yang meliputi segala aspek individu, dan berpengaruh terhadap perilakunya, perasaannya, dan fungsi vitalnya. Emosi berasal dari faktor psikologis seseorang.


Ciri-Ciri Emosi

  • Subjektif ialah sebuah emosi lebih cenderung bersifat subjektif daripada peristiwa psikologi lainnya, contohnya berpikir.
  • Fluktuatif yaitu rasa emosi bisa berubah-ubah dalam waktu tertentu.
  • Berhubungan dengan panca indera yakni suatu emosi dapat timbul ketika manusia melihat sesuatu yang terjadi di depan matanya.
  • Perubahan fisik manusia merupakan emosi menimbulkan fisik seseorang mengalami perubahan. Contohnya, ketika seseorang merasa ketakutan makan ia akan terlihat pucat.
  • Emosi di ungkapkan dengan perilaku ialah sebagai contoh ialah ketika seseorang sedang marah maka perilakunya cenderung meledak-ledak.
  • Terjadi karena pengalaman yang sifatnya pribadi yaitu contohnya seseorang yang merasa takut terhadap suatu benda karena pernah mengalami pengalaman buruk dengan benda tersebut.
  • Emosi sebagai motif yaitu seseorang bisa berbuat sesuatu karena dipicu oleh emosinya. Contohnya, seseorang melakukan tindakan kekerasan karena marah atau benci.

Faktor Penyebab Emosi

1. Faktor Internal

  • Perasaan tidak mampu atau merasa bodoh.
  • Perasaan kecewa terhadap diri sendiri dan sekitarnya.
  • Perasaan cemas dan tidak percaya diri karena kekurangan dalam diri seseorang.
  • Perasaan sedih karena kurang kasih sayang.
  • Perasaan iri kepada saudara karena diperlakukan kurang adil.

2. Faktor Eksternal

  • Lingkungan keluarga dan sekolah yang terlalu sering menyalahkan seseorang.
  • Perlakuan dari orang sekitar yang memperlakukan seseorang yang sudah dewasa seperti anak kecil.
  • Orang tua dan keluarga yang menentang hubungan percintaan seseorang.
  • Tuntutan yang terlalu banyak kepada seseorang dengan risiko mendapat hukuman jika gagal melaksanakannya.

Fungsi Emosi

  • Untuk membantu manusia memecahkan masalah.
  • Memotivasi orang untuk terlibat dalam tindakan agar data bertahan hidup, tindakan tersebut diantaranya seperti mengumpulkan makanan, mencari tempat berlindung, memilih pasangan, menjaga diri terhadap pemangsa dan memprediksi perilaku.
  • Emosi sangat berpengaruh terhadap tingkah laku manusia dan manusia lain.

Jenis-Jenis Emosi

1. Perasaan Cinta

Rasa cinta ialah emosi terdapat pada diri seseorang, dimana seseorang tersebut memiliki perasaan cinta dengan lawan jenisnya.


2. Perasaan Marah

Rasa marah ialah lawan dari rasa cinta, yakni emosi terdapat pada diri seseorang untuk memutuskan perasaan seseorang terhadap orang lain yang dibenci.


3. Perasaan Sedih

Rasa sedih ialah suatu emosi seseorang yang ditandai dengan perasaan kehilangan yang dicintainya.


4. Perasaan Malu

Rasa malu ialah suatu emosi terdapat pada diri manusia akibat sebuah tindakan yang dilakukannya sebelumnya.


5. Perasaan Benci

Rasa benci ialah suatu keadaan emosi seseorang yang menggambarkan permusuhan. Rasa benci bisa terjadi karena sakit hati yang timbul rasa yang dijauhinya.


6. Perasaan Takut

Rasa takut ialah emosi yang terdapat pada diri seseorang yang timbul pada saat situasi genting yang dihadapi seseorang.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Emosi : Pengertian, Jenis, Penyebab, Fungsi dan Ciri Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :