√ Gaya Hidup : Pengertian, Jenis, Indikator dan Faktor yang Mempengaruhi Terlengkap

Diposting pada

√ Gaya Hidup : Pengertian, Jenis, Indikator dan Faktor yang Mempengaruhi Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Gaya Hidup.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Gaya Hidup? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Gaya Hidup : Pengertian, Jenis, Indikator dan Faktor yang Mempengaruhi Terlengkap
√ Gaya Hidup : Pengertian, Jenis, Indikator dan Faktor yang Mempengaruhi Terlengkap

 

Pengertian Gaya Hidup

 

Gaya hidup atau juga disebut Life style merupakan gambaran tingkah laku seseorang, pola atau cara hidup yang akan ditunjukkan bagaimana aktivitas seseorang, minat atau ketertarikan serta apa yang mereka akan pikirkan tentang diri mereka sendiri sehingga dapat membedakan statusnya dari orang lain maupun lingkungan melalui lambang-lambang sosial yang mereka miliki.

 

 

Pengertian Gaya Hidup Menurut Para Ahli

 

1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Gaya hidup merupakan salah satu pola tingkah laku sehari-hari segolongan manusia dalam masyarakat.

 

2. Weber

Gaya hidup ialah selera pengikat kelompok dalam (in group) aktor kolektif atau kelompok status, berkompetisi ditandai dengan kemampuan untuk memonopoli sumber budaya.

 

3. Kotler dan Keller

Gaya hidup yaitu pola hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam aktivitas, minat dan opininya. Gaya hidup menunjukkan keseluruhan diri seseorang dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Gaya hidup menggambarkan seluruh pola seseorang dalam beraksi dan berinteraksi di dunia.

 

4. Sumarwan

Gaya hidup yakni sebuah pengambaran dengan kegiatan, minat dan opini dari seseorang. Gaya hidup seseorang biasanya tidak permanen dan cepat berubah.

Seseorang mungkin dengan cepat mengganti model dan merek pakaiannya karena menyesuaikan dengan perubahan hidupnya.

 

5. Plummer

Gaya hidup adalah salah satu cara hidup individu yang diidentifikasikan oleh bagaimana orang menghabiskan waktu mereka (aktivitas), apa yang mereka anggap penting dalam hidupnya (ketertarikan) dan apa yang mereka pikirkan tentang dunia sekitarnya.

 

 

Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Hidup

  • Sikap
  • Pengalaman dan pengamatan
  • Kepribadian
  • Konsep
  • Motif
  • Persepsi
  • Kelompok referensi
  • Kelas sosial
  • Keluarga
  • Kebudayaan

 

 

Jenis – Jenis Gaya Hidup

 

1. Funcionalists

Jenis gaya hidup ini menghabiskan uang untuk hal-hal yang penting. Pendidikan rata-rata, pendapatan rata-rata, kebanyakan pekerja kasar (buruh), berusia kurang dari 55 tahun dan telah menikah serta memiliki anak.

 

2. Nurturers

Jenis gaya hidup ini banyak dilakukan oleh kaum muda dan berpendapatan rendah. Mereka berfokus pada membesarkan anak, baru membangun rumah tangga dan nilai-nilai keluarga, serta pendidikan diatas rata-rata.

 

3. Aspirers

Jenis gaya hidup ini berfokus pada menikmati gaya hidup tinggi dengan membelanjakan sejumlah uang di atas rata-rata untuk barang berstatus, khususnya tempat tinggal, memiliki karakteristik Yuppie klasik, pendidikan tinggi, pekerja kantor, menikah tanpa anak.

 

4. Experientials

Jenis gaya hidup ini membelanjakan jumlah di atas rata-rata terhadap barangbarang hiburan, hobi, dan kesenangan (convenience). Pendidikan rata-rata, tetapi pendapatannya diatas rata-rata karena mereka adalah pekerja kantor.

 

5. Succeeders

Orang dengan gaya hidup ini memiliki rumah tangga yang mapan. Berusia setengah baya dan berpendidikan tinggi, pendapatan tertinggi dari kesembilan kelompok, menghabiskan banyak waktu pada pendidikan dan kemajuan diri dan menghabiskan uang di atas rata-rata untuk hal yang berhubungan dengan pekerjaan.

 

6. Moral Majority

Jenis gaya hidup ini memiliki pengeluaran yang besar untuk organisasi pendidikan, masalah politik dan gereja, berada pada tahap empty-nest, pendapatan tertinggi kedua serta pencari nafkah tunggal.

 

7. The Golden Years

Orang dengan gaya hidup ini kebanyakan adalah para pensiunan, namun memiliki pendapatan tertinggi ketiga. Melakukan pembelian tempat tinggal kedua, melakukan pengeluaran yang besar pada produk padat modal dan hiburan.

 

8. Sustainers

Gaya hidup ini banyak dilakukan oleh orang dewasa dan tertua, sudah pensiun, tingkat pendapatan terbesar dibelanjakan untuk kebutuhan sehari-hari dan alkohol, pendidikan rendah dan memiliki pendapatan tertendah kedua.

 

9. Subsisters

Orang dengan gaya hidup ini memiliki tingkat sosial ekonomi rendah, persentase kehidupan pada kesejahteraan di atas rata-rata, kebanyakan merupakan keluarga dengan pencari nafkah dan orang tua tunggal jumlahnya di atas rata-rata kelompok minoritas.

 

 

Indikator Gaya Hidup

 

1. Kegiatan

Merupakan apa yang akan dikerjakan konsumen, produk apa yang akan dibeli maupun digunakan, kegiatan apa yang akan dilakukan untuk mengisi waktu luang.

Walaupun kegiatan ini biasanya dapat diamati, alasan untuk tindakan tersebut jarang sekali dapat diukur secara langsung.

 

2. Minat

Merupakan objek peristiwa, atau juga topik dalam tingkat kegairahan yang menyertai perhatian khusus ataupun terus-menerus kepadanya.

Interest dapat berupa kesukaan, kegemaran atau prioritas dalam hidup konsumen tersebut. Minat merupakan apa yang konsumen anggap menarik untuk meluangkan waktu arau juga mengeluarkan uang. Minat merupakan faktor pribadi konsumen dalam yang akan mempengaruhi proses pengambilan keputusan.

 

3. Opini (Opinion)

Merupakan pandangan maupun perasaan konsumen dalam menanggapi isu-isu global, lokal oral ekonomi dan sosial.

Opini dapat digunakan untuk mendeskripsikan penafsiran, harapan atau evaluasi, seperti adanya kepercayaan mengenai maksud orang lain, antisipasi sehubungan dengan peristiwa masa yang akan datang atau penimbangan konsekuensi yang akan memberi ganjaran maupun menghukum dari jalannya tindakan alternatif.

Analisis psikografik biasanya kita digunakan untuk melihat segmen pasar atau segmen konsumen dalam hal kehidupan mereka, pekerjaan maupun aktivitas lainnya.

Psikografik sering kita diartikan dengan sebagai pengukuran AIO maupun pernyataan untuk kita menggambarkan aktifitas, minat, maupun opini konsumen.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Gaya Hidup : Pengertian, Jenis, Indikator dan Faktor yang Mempengaruhi Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

[irp]

[irp]

[irp]

[irp]