Kecerdasan Sosial

Diposting pada

Kecerdasan Sosial –Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Kecerdasan Sosial.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Kecerdasan Sosial? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.


Pengertian Kecerdasan Sosial

Kecerdasan sosial merupakan suatu kemampuan dan ketrampilan yang dimiliki seseorang dalam berinteraksi sosial dengan orang di sekitarnya serta menjalin hubungan dengan kelompok masyarakat, yang dicirikan dengan kematangan diri memahami orang lain, memberikan motivasi dan mampu bekerja-sama dengan orang lain.


Pengertian Kecerdasan Sosial Menurut Para Ahli

1. Khilstrom dan Cantor

Kecerdasan Sosial ialah suatu simpanan pengetahuan mengenai dunia sosial, menjalin hubungan dengan orang lain dan kemampuan dalam menghadapi orang-orang yang berbeda latar belakang dengan cara bijaksana.


2. Sean Foleno

Kecerdasan Sosial merupakan salah satu kemampuan seseorang untuk memahami lingkungannya secara optimal dan bereaksi dengan tepat untuk sukses secara sosial.


3. Edward Thorndike

Kecerdasan Sosial yaitu sebuah kemampuan untuk memahami dan mengelola laki-laki dan perempuan dan anak perempuan, untuk bertindak bijaksana dalam hubungan manusia.


4. Syamsu

Kecerdasan Sosial adalah salah satu kemampuan untuk memahami dirinya atau lingkungannya secara optimal dan bereaksi dengan tepat untuk melakukan keberhasilan perilaku sosial.


5. Prawira

Kecerdasan Sosial yakni sebuah kemampuan individu untuk menghadapi dan mereaksi situasi sosial atau hidup di masyarakat. Kecerdasan sosial bukan emosi seseorang terhadap orang lain, melainkan kemampuan seseorang untuk mengerti kepada orang lain, dapat berbuat sesuatu dengan tuntutan masyarakat.


6. Zuchdi

Kecerdasan Sosial merupakan salah satu keterampilan atau kecakapan sosial, mencakup kecakapan berkomunikasi dan bekerja sama.


7. Ross Honeywill

Kecerdasan Sosial yaitu suatu gabungan dari kesadaran diri dan kesadaran sosial, evolusi keyakinan sosial dan sikap, serta kapasitas dan kemampuan mengelola perubahan sosial yang kompleks.


8. Goleman

Kecerdasan Sosial yakni sebuah ukuran kemampuan diri seseorang dalam pergaulan di masyarakat dan kemampuan berinteraksi sosial dengan orang-orang di sekeliling atau sekitarnya.


Faktor Yang Mempengaruhi Kecerdasan Sosial

1. Keluarga

Lingkungan keluarga adalah pilar utama pada anak dalam bersosialisasi. Keluarga mempunyai waktu untuk berkumpul bersama di malam hari dan memberikan kasih sayang mengakibatkan anak mempunyai emosi yang positif kepada orangtuanya, menjadikan mempermudah anak dalam bersosialisasi dan mempunyai hubungan yang positif dengan orang lain.


2. Ekonomi

Goleman mengemukakan, tekanan ekonomi membuat orang tua lebih lama dalam bekerja, menjadikan ketika pulan sekolah anak lebih menghabiskan waktu sendirian di rumah atau tempat penitipan anak, sehingga waktu itu terlewatkan untuk bersama dengan orang tua.

Orang tua yang bekerja harus lebih memberikan waktu luang bersama anak-anak supaya anak dapat berinteraksi dengan orangtuanya.


3. Teknologi

Kemajuan teknologi mempermudah manusia memperoleh informasi dan menjalan segala hal. Anak-anak yang lebih senan menonton tayangan televisi akan mengakibatkan anak itu melewatkan waktu untuk berinteraksi dengan orang lain, menjadikan anak-anak membutuhkan perlakuan interaksi seperti kegiatan bermain di luar rumah untuk membantu belajar bergaul dengan lebih baik.


Aspek Kecerdasan Sosial

1. Kesadaran Sosial

Kesadaran sosial mengarah pada suatu spektrum yang secara tidak langsung merasakan apa yang dirasakan orang lain, memahami perasaan dan pikirannya untuk ikut terlibat dalam situasi yang sulit.

Spektrum kesadaran sosial ini ialah meliputi sebagai berikut :

  • Primal Empathy (Empati Terpenting) yakni perasaan terhadap orang yang lain, merasakan tanda isyarat emosi.
  • Attuntment (Penyesuaian atau Adaptasi) yaitu mendengarkan dengan kemauan penuh, membiasakan diri mendengarkan seseorang.
  • Empathic accuracy (Empati yang Tepat) ialah memahami pikiran gagasan, perasaan dan kehendak orang lain.
  • Social cognition (Kesadaran Sosial) adalah untuk dapat mengetahui bagaimana kehidupan bersosialisasi terjadi.

2. Kecakapan Sosial

Kecakapan sosial yaitu sebuah kemampuan merasakan perasaan orang lain, atau sekadar tahu apa yang mereka pikirkan ataupun inginkan, tidak sama sekali menjamin suatu keberhasilan dalam suatu interaksi. Kecakapan sosial terbentuk dalam kesadaran sosial untuk memenuhi suatu interaksi yang lancar dan efektif.

Spektrum kecakapan sosial ini yakni meliputi sebagai berikut :

  • Synchrony (Sinkroni) yakni menginteraksikan dengan lancar pada level non verbal.
  • Self Presentation (Presentasi Diri Pribadi) yaitu mempresentasikan diri sendiri dengan efektif.
  • Influence (Pengaruh) ialah menghadirkan jalan keluar dari interaksi sosial.
  • Concern (Peduli) merupakan peduli terhadap orang lain sesuai dengan kebutuhan dan perilaku masing-masing individu.

Cara Meningkatkan Kecerdasan Sosial

  • Melakukan organisasi kelompok
  • Melakukan perundingan pemecahan masalah
  • Menjalin hubungan
  • Melakukan analisis sosial
  • Keterampilan berkomunikasi
  • Keterampilan dalam membuat humor
  • Keterampilan menjalin persahabatan
  • Keterampilan berperan dalam kelompok
  • Keterampilan bersopan santun dalam pergaulan

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Kecerdasan Sosial : Pengertian, Aspek dan Cara Meningkatkannya Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :