Masyarakat Madani

Diposting pada

Masyarakat Madani : Pengertian, Ciri, Unsur, Karakteristik, Pilar Penegak & Contohnya Lengkap – Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Masyarakat Madani.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Masyarakat Madani? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Masyarakat Madani : Pengertian, Ciri, Unsur dan Pilar Penegak Terlengkap


Pengertian Masyarakat Madani

Kata “madani” diadaptasi dari bahasa Arab yang memiliki arti “beradab” atau dalam bahasa Inggris disebut dengan civilized.

Pada dasarnya civil society memiliki makna yang sama dengan “masyarakat sipil”, yaitu masyarakat yang berada dalam suatu sistem sosial yang demokratis.

Istilah tersebut pertama kali dikemukakan oleh mantan wakil perdana menteri Malaysia, Anwar Ibrahim. Menurut Anwar Ibrahim, bahwa masyarakat madani adalah suatu sistem sosial yang subur berlandaskan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kestabilan masyarakat dengan kebebasan individu.

Masyarakat madani merupakan suatu masyarakat yang beradab dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, masyarakat demokratis, serta yang maju dan menguasai ilmu pengetahuan, dan teknologi.


Pengertian Masyarakat Madani Menurut Para Ahli

1. Cohen dan Arato

Masyarakat madani yaitu suatu wilayah interaksi sosial diantara wilayah ekonomi, politik, serta negara, yang di dalamnya mencakup semua kelompok sosial yang bekerja sama membangun ikatan sosial di luar lembaga resmi, menggalang solidaritas kemanusiaan, serta mengupayakan kebaikan untuk bersama.


2. Nurcholis Madjid

Masyarakat Madani merujuk pada masyarakat Islam yang pernah dibangun oleh Nabi Muhammad SAW di Madinah, yaitu masyarakat dengan peradaban yang mempunyai ciri-ciri berupa kesederajatan, toleransi, keterbukaan, musyawarah, serta menghargai prestasi.


3. Dawam Rahardjo

Masyarakat Madani ialah suatu proses penciptaan peradaban yang mengacu pada nilai-nilai kebijakan bersama berdasar pada suatu pedoman hidup untuk menciptakan persatuan serta integrasi sosial.


4. Muhammad AS Hikam

Masyarakat madani yakni semua wilayah kehidupan sosial yang terorganisir dan memiliki ciri-ciri berupa kesukarelaan, keswadayaan, keswasembadaan, dan kemandirian yang tinggi di hadapan negara, serta terikat dengan norma dan nilai hukum yang diikuti semua warganya.


5. Ernest Gellner

Masyarakat madani merupakan masyarakat yang terdiri atas berbagai institusi non-pemerintah yang otonom dan cukup kuat untuk dapat mengimbangi Negara.


6. Syamsudin Haris

Masyarakat madani yakni suatu lingkup sosial yang ada di luar pengaruh negara dengan model yang tersusun dari lingkungan masyarakat paling akrab seperti keluarga, gerakan asosiasi, sukarela masyarakat, dan sebagainya.


7. Thomas Paine

Masyarakat madani adalah sebuah ruang tempat warga dapat mengembangkan kepribadiannya dan juga memberi peluang bagi pemuasan kepentingan secara bebas dan tanpa paksaan.


Ciri-Ciri Masyarakat Madani

  • Adanya integrasi antara individu dengan invididu, individu dengan kelompok, di dalam masyarakat melalui kontrak sosial dan aliansi sosial.
  • Adanya penyebaran kekuasaan di dalam masyarakat sehingga kepentingan-kepentingan yang mendominasi masyarakat dapat dibatasi atau dikurangi dengan adanya beberapa kekuatan alternatif.
  • Adanya keanggotaan berbagai organisasi volunter yang menyumbang berbagai masukan terhadap keputusan-keputusan pemerintah sehingga kepentingan individu dan Negara dapat dijembatani.
  • Adanya peningkatan dan perluasan kesetiaan, kepercayaan, sehingga setiap anggota masyarakat mengakui keterkaitannya satu sama lain dan mementingkan kepentingan umum.
  • Adanya kebebasan bagi masyarakat dalam melakukan kegiatan lembaga-lembaga sosial dengan beragam perspektif.

Pilar Penegak Masyarakat Madani

1. Pers

Pers ialah sebuah institusi independen yang memiliki fungsi sebagai kontrol sosial yang dalam pelaksanaannya dapat mengkritisi, menganalisis, dan mempublikasi kebijakan pemerintah.

Selain itu, pers juga dapat menyampaikan informasi terkait aspirasi masyarakat dan berita secara transparan dan objektif.


2. Supremasi Hukum

Setiap warga negara harus tunduk dan dilindungi oleh hukum. Dengan begitu, setiap warga negara mendapat jaminan dan perlindungan terhadap segala bentuk penindasan dari individu maupun kelompok masyarakat.


3. Lembaga Swadaya Masyarakat

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yakni sebuah institusi yang memiliki tugas dalam membantu dan memperjuangkan aspirasi dan kepentingan masyarakat yang mengalami penindasan.


4. Perguruan Tinggi

Perguruan tinggi yaitu salah satu bagian kekuatan sosial yang bergerak dalam jalur moral porce untuk menyampaikan aspirasi dan mengkritisi kebijakan pemerintah. Namun, dalam pelaksanannya harus sesuai dengan jalur yang benar dan objektif untuk kepentingan masyarakat.


5. Partai Politik

Keberadaan partai politik merupakan salah satu syarat terwujudnya masyarakat madani, dimana partai politik tersebut merupakan tempat bagi setiap warga negara untuk dapat mengekspresikan pandangan politiknya.


Unsur-Unsur Masyarakat Madani

1. Wilayah Publik yang Luas

Wilayah publik ini merupakan sarana untuk menyampaikan pendapat para warga masyarakat dimana semua warga mempunyai hak dan posisi yang sama untuk melakukan transaksi politik dan sosial tanpa adanya ancaman dari luar.


2. Adanya Demokrasi

Demokrasi merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi agar keberadaan masyarakat sipil yang murni dapat terbentuk.

Demokrasi merupakan suatu sistem sosial politik yang bersumber dan dilaksanakan oleh warga negara serta untuk seluruh masyarakat.


3. Adanya Toleransi

Toleransi adalah suatu sikap saling menghormati dan menghargai antar individu atau antar kelompok di dalam masyarakat dimana tujuannya untuk menghindarkan terjadinya diskriminasi.


4. Adanya Pluralisme

Pluralisme merupakan pengakuan dan penerimaan masyarakat akan adanya kemajemukan atau keberagaman di lingkungannya.

Sikap tersebut juga disertai dengan sikap yang tulus dalam menerima perbedaan sebagai sesuatu yang alami dan bernilai positif.


5. Adanya Keadilan Sosial

Dalam hal ini keadilan sosial adalah keseimbangan dan pembagian yang proporsional atas hak dan kewajiban setiap anggota masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan, seperti; ekonomi, politik, kesempatan, dan ilmu pengetahuan.


Contoh Masyarakat Madani

  • Organisasi sosial merupakan suatu organisasi yang muncul dari bawah karena kesadaran rakyatnya sendiri, daripada dibentuk oleh negara atau intervensi pemerintah.
  • munculnya para pemimpin baru yang lebih bijaksana dan peduli terhadap kepentingan masyarakat atau warganya. Dengan adanya rasa kepedulian yang tinggi dari seorang pemimpin yang bijaksana, maka tindak kejahatan atau kriminalitas semakin berkurang khususnya di Indonesia.
  • Asosiasi penerbitan atau asosiasi komunitas yang beroperasi secara independen dalam produksi suatu ide, berita, informasi dan pengetahuan umum.
  • Yayasan penyelenggara sekolah swasta, terutama inisiasi swasta untuk organisasi pembelajaran mandiri.
  • Dasar-dasar pertahanan hak-hak perempuan, khususnya membuka komunitas untuk mendukung dan membela perempuan yang menjadi korban diskriminasi.
  • Pejuang Komunitas untuk Hak Penyandang Disabilitas, khususnya pembentukan komunitas untuk memberikan bantuan dan mendampingin kepada kelompok penyandang cacat atau disabilitas.
  • Asosiasi perlindungan konsumen atau pembukaan komunitas untuk melindungi hak-hak konsumen.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Masyarakat Madani : Pengertian, Ciri, Unsur dan Pilar Penegak Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :