Mindset Adalah

Diposting pada

Mindset : Pengertian, Komponen, Proses Terjadinya, Jenis dan Ciri Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Mindset.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Mindset? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Mindset : Pengertian, Komponen, Proses Terjadinya, Jenis dan Ciri Terlengkap


Pengertian Mindset

Mindset merupakan suatu posisi atau pandangan mental seseorang yang mempengaruhi pendekatan orang tersebut dalam menghadapi suatu fenomena.


Pengertian Mindset Menurut Para Ahli

1. Adi W Gunawan

Mindset yaitu sekumpulan kepercayaan (belief) atau cara berpikir yang mempengaruhi perilaku dan sikap seseorang, yang akhirnya akan menentukan level keberhasilan hidupnya.


2. Mulyadi

Mindset merupakan salah satu sikap mental mapan yang dibentuk melalui pendidikan, pengalaman dan prasangka.


3. Gunawan

Mindset ialah kepercayaan-kepercayaan yang mempengaruhi sikap seseorang, sekumpulan kepercayaan atau suatu cara berfikir yang menentukan perilaku dan pandangan, sikap dan masa depan seseorang.


Jenis-Jenis Mindset

1. Fixed Mindset (Mindset Tetap)

Mindset tetap (Fixed mindset) ini didasarkan pada kepercayaan bahwa kualitas-kualitas seseorang sudah ditetapkan. Jika seseorang memiliki sejumlah inteligensi tertentu, kepribadian tertentu, dan karakter moral tertentu.

Ciri – Ciri Fixed Mindset (Mindset Tetap)

  • Memiliki keyakinan bahwa inteligensi, bakat, sifat adalah sebagai fungsi hereditas/keturunan.
  • Menghindari adanya tantangan.
  • Mudah menyerah.
  • Menganggap usaha tidak ada gunanya.
  • Mengabaikan kritik.
  • Merasa terancam dengan kesuksesan orang lain.

2. Growth Mindset (Mindset Berkembang)

Mindset berkembang (growth mindset) ini didasarkan pada kepercayaan bahwa kualitas-kualitas dasar seseorang adalah halhal yang dapat diolah melalui upaya-upaya tertentu.

Meskipun manusia mungkin berbeda dalam segala hal, dalam bakat dan kemampuan awal, minat, atau temperamen setiap orang dapat berubah dan berkembang melalui perlakuan dan pengalaman.

Ciri – Ciri Growth Mindset (Mindset Berkembang)

  • Memiliki keyakinan bahwa intelegensi, bakat, dan sifat bukan merupakan fungsi. hereditas/keturunan.
  • Menerima tantangan dan bersungguh-sungguh menjalankannya.
  • Tetap berpandangan ke depan dari kegagalan
  • Berpandangan positif terhadap usaha.
  • Belajar dari kritik.
  • Menemukan pelajaran dan mendapatkan inspirasi dari kesuksesan orang lain.

Proses Terjadinya Mindset

1. Trenwatching

Di tahapan ini manajemen puncak melakukan pengamatan berbagai tren pemacu perubahan yang akan terjadi dimasa mendatang. Ada empat pemicu perubahan yang mempunyai dampak terhadap lingkungan organisasi.


2. Envisioning

Envisioning adalah kemampuan kita untuk menunjukkan dampak perubahan dalam lingkungan bisnis yang dikarenakan beberapa pemicu perubahan yang sudah dilakukan pengamatan dalam trendwatching.


3. Perumusan Paradigma

Oleh karena lingkungan organisasi digambarkan karakteristiknya sebagai lingkungan didalamnya customer, maka paradigma yang sesuai dengan lingkungan custome value strategy, suatu pandangan untuk bertumbuh ditetapkan oleh kemampuan organisasi tersebut dalam menyediakan value terbaik untuk customer.


4. Perumusan Mindset

Mindset tersusun dari tiga komponen yakni paradigma, keyakinan dasar dan nilai dasar. Oleh karena itu dalam perumusan mindset, sesudah paradigma dirumuskan, selanjutnya dirumuskan keyakinan dasar dan nilai dasar yang sesuai dengan paradigma tersebut.

Menurut paradigma customer value strategy, selanjutnya dibangun customer value mindset dan menurut paradigma pula continous improvement dibuat dalam dua mindset continious improvement mindset dan opportunity mindset.


Komponen Mindset

1. Paradigma

Paradigma adalah cara yang digunakan seseorang dalam memandang sesuatu. Paradigma merupakan sistem keyakinan dasar atau cara memandang dunia yang membimbing peneliti tidak hanya dalam memilih metode tapi juga cara fundamental yang bersifat ontologis dan epistologis.

Suatu paradigma bisa dipandang sebagai seperangkat kepercayaan dasar yang bersifat sebagai prinsip utama atau pokok.

Suatu paradigma bisa dicirikan oleh respon terhadap 3 pertanyaan mendasar seperti pertanyaan ontologi, epistologi dan metodologi.


2. Keyakinan Dasar

Keyakinan dasar adalah kepercayaan yang dilekatkan seseorang terhadap sesuatu. Keyakinan adalah suatu sikap yang ditunjukkan oleh manusia saat ia merasa cukup tahu dan menyimpulkan bahwa dirinya telah mencapai kebenaran. Jika melakukan sesuatu yang telah diyakini maka kita akan melakukannya sepenuh hati.


3. Nilai Dasar

Nilai Dasar adalah sikap, sifat dan karakter yang dijunjung tinggi seseorang, sehingga berdasarkan semua itu nilai-nilai tersebut seseorang dibatasi.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Mindset : Pengertian, Komponen, Proses Terjadinya, Jenis dan Ciri Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :