Pengertian Seni Lukis Menurut Para Ahli

Diposting pada

SeputarIlmu.ComHallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Seni Lukis.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Seni Lukis? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ 23 Pengertian Seni Lukis Menurut Para Ahli Terlengkap


Pengertian Seni Lukis Menurut Para Ahli

1. Mayers

Seni lukis ialah yang ditinjau dari prose pembuatannya.


2. Herbert Read

Seni lukis yaitu sebuah kegiatan rohani yang merefleksikan pada jasmani, dan mempunyai daya yang bisa membangkitkan perasaan atau jiwa.


3. Sudarmaji

Seni lukis ialah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan media grafis, warna, tekstur, volume dan ruang.


4. Suyanto

Seni lukis yakni salah satu karya seni rupa yang dituangkan dalam bentuk lukisan hasil dari ekspresi jiwa seorang seniman.


5. Soni Ade Dan Imam. R

Seni lukis yaitu suatu kekuatan peradaban manusia, kekuatan budaya, karena dalam melakukan lukis kita dilatih untuk jeli, cermat dan teliti dalam mengamati berbagai fenomena alam dan kehidupannya.


6. Soedarso. Sp

Seni lukis yakni salah satu cabang dari seni rupa yang cara pengungkapannya diwujudkan melalui karya dua dimensional dimana unsur-unsur pokok dalam karya dua dimensional ialah garis dan warna.


7. Bastomi

Seni lukis merupakan sebuah hasil kreativitas penciptanya yang terwujud dalam bentuk kreasi dari hasil pengolahan yang kreatif dan salah satu sifat seni yang menonjol ialah kebaharuannya.


8. Thomas Munro

Seni lukis yaitu sebuah alat buatan manusia untuk menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya.


9. Sukaryono

Seni lukis ialah segala ungkapan isi hati dan perasaan yang disebut sebagai bahasa seninman yang mengkomunikasikan.


10. Leo Tolstoy

Seni lukis yakni sebuah ungkapan perasaan pencipta yang disampaikan kepada orang alin agar mereka dapat merasaksan apa yang dirasakan pelukis.


11. Wikipedia

Seni lukis merupakan salah satu cabang dari seni rupa. Dengan dasar pengertian yang sama, seni lukis adalah sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar.


12. Hary Sulastianto

Seni lukis yakni salah satu cabang seni rupa murni yang berwujud dua dimensi, biasanya dilakukan diatas kanvas dengan menggunakan cat minyak atau cat aklirik.


13. Suwarso Wisetrotomo, M. Dwi Marianto Dan Endah Nawang N

Seni lukis yaitu sebuah pengabdian gambar, perjalanan pengalaman hidup.


14. Galeria Fasya Art Studio

Seni lukis ialah sebuah cabang atau bagian dari seni rupa dimana wujud dari lukis itu sendiri merupakan karya dua dimensi “dwi matra”, walaupun memiliki dasar pengertian yang sama dengan seni rupa, namun seni lukis memiliki arti yang lebih karena lukis merupakan sebuah pengembangan yang lebih utuh dari sekedar menggambar.


15. Ensiklopedia Nasional Indonesia

Seni lukis yaitu yang berasal kata latin “ars” yang artinya keahlian mengekspresikan ide-ide dalam pemikiran estetika, termasuk mewujudkan kemampuan serta imajinasi penciptaan benda, suasana yang mampu menimbulkan rasa indah.


16. Noryan Bahari

Seni lukis yakni suatu bahasa ungkapan pengalaman artistik dan ideologi seseorang.


17. Jim Supangat

Seni lukis adalah suatu upaya menegaskan kembali pengalaman masa lalu pada konteks sekarang.


18. Slamet Riyanto

Seni lukis ialah salah satu bagian dari ilmu desain grafis.


19. Aristoteles

Seni lukis yakni segala sesuatu yang baik juga menyenangkan.


20. M. Adler

Seni lukis sebagai sesuatu yang memberikan kesenangan.


21. Myer

Seni lukis ialah hal yang mengungkapkan nilai-nilai intelektual, emosional, simbolis, religius, dan nilai-nilai subyektif yang lain.


22. Cleaver

Seni lukis yakni suatu obyek yang mempunyai kemampuan untuk mengungkapkan dan membangkitkan pengalaman dalam suatu disiplin.


23. Mike Susanto

Seni lukis merupakan salah satu karya manusia yang mengkomunikasikan pengalaman-pengalaman batinnya, pengalaman batin tersebut disajikan secara indah sehingga merangsang timbulnya pengalaman batin pula pada manusia lain yang menghayatinya.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 23 Pengertian Seni Lukis Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :