√ 16 Pengertian CRM Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 16 Pengertian CRM Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai CRM.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah CRM? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 16 Pengertian CRM Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 16 Pengertian CRM Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Pengertian CRM Menurut Para Ahli

 

1. Kalakota dan Robinson

Customer Relationship Management (CRM) yakni salah satu fungsi terintegrasi dari strategi pemasaran, pemesanan dan pelayanan yang bertujuan untuk bisa meningkatkan pendapat dari kepuasan pelanggan.

 

2. Kotler dan Keller

CRM merupakan suatu proses mengelola informasi rinci tentang pelanggan perorangan dan semua titik kontak pelanggan secara seksama untuk memaksimalkan loyalitas pelanggan.

 

3. Tunggal

Customer Relationship Management yaitu suatu strategi untuk bisa mengidentifikasi, menarik, dan mempertahankan konsumen yang paling bernilai bagi perusahaan. CRM juga berkonsentrasi pada apa yang konsumen nilai, bukan pada apa yang perusahaan ingin jual.

 

4. Yahya

CRM yakni sebuah strategi bisnis yang menyeluruh dalam suatu perusahaan yang memungkinkan suatu perusahaan tersebut secara efektif bisa mengelola hubungan dengan para pelanggan.

Dengan demikian melalui CRM perusahaan dapat melakukan sebuah pendekatan sehingga dapat menarik sejumlah informasi mengenai kebutuhan dan keinginan pelanggan.

 

5. Laudon dan Traver

CRM ialah berbagai proses menyimpan informasi pelanggan dan merekam semua kontak yang terjadi antara pelanggan dan perusahaan, serta membuat profil pelanggan untuk para staf perusahaan yang membutuhkan informasi tentang pelanggan ini.

 

6. Amin Widjaja

CRM yakni salah satu pendekatan yang menyeluruh untuk dapat menciptakan, memelihara, dan mengembangkan hubungan dengan pelanggan.

 

7. Schiffman dan Kanuk

CRM yaitu salah satu cara perusahaan dalam membina relasi dengan para pelanggan dengan tujuan memelihara kesetiaan dan komitmen pelanggan untuk bisa tetap menggunakan produk perusahaan yang bersangkutan.

 

8. Iriana & Buttle

CRM juga didukung oleh data konsumen yang berkualitas dan teknologi informasi.

 

9. Sweeney Group

CRM merupakan semua alat, teknologi dan prosedur untuk dapat mengelola, meningkatkan, atau memfasilitasi penjualan, dukungan dan suatu interaksi terkait dengan pelanggan, prospek, dan mitra bisnis di seluruh perusahaan. Ini mengasumsikan bahwa CRM adalah hal yang terlibat dalam setiap transaksi B2B.

 

10. Jeffrey Pee

CRM ialah suatu reaksi vendor terhadap pelanggan yang lebih lancar, banyak implementasi CRM yang hanya memberi service pada praktik komunikasi pelanggan yang baik.

 

11. David Alexander dan Charles Turner

CRM ialah sesuatu taanpa pelanggan, sebuah organisasi tidak akan bertahan. Oleh karena itu, strategi untuk bisa mengembangkan bisnis dan melayani kebutuhan pelanggan sangatlah berharga harus menjadi sebuah katalisator program Customer Relationship Management (CRM) di seluruh bidang.

 

12. Heru

CRM yakni berbagai usaha sebuah perusahaan untuk berkonsentrasi menjaga konsumen (supaya tidak lari ke pesaing) dengan mengumpulkan segala bentuk interaksi dari konsumen baik itu lewat telepon, email, masukan di situs.

Atau sebuah hasil pembicaraan dengan staf sales dan marketing, atau juga CRM adalah sebuah strategi bisnis menyeluruh dari suatu perusahaan yang memungkinkan untuk perusahaan tersebut secara efektif bisa mengelola hubungan dengan para konsumen.

 

13. Newell

Customer Relationship Management (CRM) yaitu sebuah modifikasi dan suatu pembelajaran perilaku konsumen setiap waktu dari setiap interaksi, perlakuan terhadap para pelanggan dan membangun kekuatan antara konsumen dan perusahaan.

 

14. Buchari Alma

CRM merupakan segala proses untuk dapat memperoleh, mempertahankan, dan menumbuhkan pelanggan yang paling menguntungkan.

 

15. Lukas

CRM merupakan suatu kegiatan yang melibatkan seluruh sumber daya manusia untuk dapat mempertahankan pelanggan yang ada, suatu strategi untuk mengelolah dan menjaga hubungan dengan pelanggan dan suatu usaha untuk bisa mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan.

 

16. Haryati. S

CRM ialah segala rangkaian kegiatan yang sistematik yang terkelola sebagai usaha untuk semakin memahami, menarik perhatian, dan mempertahankan suatu loyalitas pelanggan yang menguntungkan (Most Profitable Customer) untuk bisa mencapai pertumbuhan perusahaan yang sehat.

 

 

Manfaat CRM

  • Mendorong loyalitas pelanggan
  • Mengurangi biaya
  • Meningkatkan efisiensi operasional
  • Peningkatan time to market
  • Peningkatan pendapatan

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 16 Pengertian CRM Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

[irp]

[irp]

[irp]

[irp]