Loyalitas : Pengertian, Karakteristik, Faktor dan Indikasi

Diposting pada

√ Loyalitas : Pengertian, Karakteristik, Faktor dan Indikasi Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Loyalitas.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Loyalitas? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Loyalitas : Pengertian, Karakteristik, Faktor dan Indikasi Terlengkap

Pengertian Loyalitas

Loyalitas (loyalty) merupakan suatu kualitas kesetiaan atau kepatuhan seseorang kepada orang lain atau sesuatu (misalnya organisasi) yang ditunjukkan melalui sikap dan tindakan orang tersebut.

Secara etimologis, istilah loyalitas (loyal) diadaptasi dari bahasa Prancis yaitu Loial yang berarti mutu dari sikap setia.

 

Pengertian Loyalitas Menurut Para Ahli

1. Jill Griffin

Loyalitas merupakan suatu perilaku konsumen yang melakukan pembelian rutin atau berulang, didasarkan pada unit pengambilan keputusan.

 

2. Gramer dan Brown

Loyalitas ialah sebuah derajat sejauh mana seorang konsumen menunjukkan perilaku pembelian berulang, sikap positif, dan menggunakan produk dari suatu merek dalam jangka panjang.

 

3. Fandy Tjiptono

Loyalitas yaitu salah satu komitmen pelanggan terhadap suatu merek, toko, pemasok berdasarkan sikap yang sangat positif dan tercermin dalam pembelian ulang yang konsisten.

 

4. Hermawan Kartajaya

Loyalitas yakni suatu manifestasi dari kebutuhan fundamental manusia untuk memiliki, mendukung, merasa aman, membangun keterikatan, dan menciptakan keterikatan emosional.

 

5. Kotler dan Keller

Loyalitas adalah salah satu komitmen yang dipegang secara mendalam untuk membeli atau mendukung kembali produk atau jasa yang disukai di masa depan meski pengaruh situasi dan usaha pemasaran berpotensi menyebabkan pelanggan beralih.

 

Karakteristik Loyalitas Konsumen

  • Konsumen melakukan pembelian berulang suatu produk secara rutin.
  • Konsumen membeli antar lini produk dan jasa suatu merek.
  • Konsumen memberikan dukungan positif terhadap perusahaan.
  • Konsumen cenderung tidak terpengaruh terhadap daya tarik dari merek lain.
  • Konsumen mau mereferensikan suatu produk atau merek kepada orang lain.

 

Karakteristik Loyalitas Karyawan

  • Pegawai yang loyal akan selalu taat pada peraturan suatu organisasi.
  • Adanya rasa tanggung jawab yang tinggi di dalam diri pegawai terhadap perusahaan.
  • Pegawai memiliki kemauan untuk bekerjasama dengan orang lain untuk mencapai tujuan perusahaan.
  • Di dalam diri pegawai yang loyal umumnya terdapat rasa memiliki terhadap perusahaan sehingga bersikap dan bertindak secara berhati-hati dan bertanggungjawab.
  • Karyawan loyal pada umumnya memiliki hubungan antar pribadi yang baik dengan karyawan lainnya dan juga dengan atasannya.
  • Sikap loyal karyawan juga dapat terlihat dari kinerjanya dan tingkat ketertarikannya terhadap pekerjaan yang dilakukan.

 

Pembentukan Loyalitas

1. Menyadari Produk

Pembentukan pangsa pikiran untuk memposisikan keunggulan produk dimata calon pelanggan yang dijalankan melalui advertisin dan promosi lainnya, menjadikan calom pelanggan menyadari keberadaan produk.

 

2. Melakukan Pembelian Awal

Hal penting dalam memelihara loyalita pelanggan karena dari pembelian awal timbul kesan positif atau negatid kepada produk sehingga ada kesempatan untuk menumbuhkan pelanggan.

 

3. Valuasi Pasca Pembelian

Terdapat kepuasan atau ketidakpuasan yang menjadi dasar pertimbangan untuk pindah ke produk lain atau tidak, keputusan membeli lagi adalah sikap yang sangat penting untuk loyalitas.

 

Faktor Penentu Loyalitas

1. Faktor Loyalitas Konsumen

  • Adanya tingkat kepuasan yang tinggi atau satisfaction yang dirasakan konsumen
  • Adanya ikatan emosional atau emotional bonding di antara konsumen dengan produk. Misalkan suatu merek bisa mencerminkan karakteristik dari konsumen.
  • Adanya kepercayaan atau trust yang tinggi dari konsumen pada merek atau perusahaan untuk melakukan fungsi tertentu.
  • Adanya kemudahan yang dirasakan oleh para konsumen sehingga membuatnya merasa nyaman dan menjadi setia. Seperti kemudahan dalam transaksi. Hal ini disebut juga dengan faktor choice reduction and habit.
  • Pengalaman dengan perusahaan yang dialami oleh seseorang sehingga mempengaruhi perilaku dari orang tersebut. Saat konsumen mempunyai pengalaman yang menyenangkan dengan perusahaan, sehingga konsumen tersebut cenderung ingin mengulangi pengalaman tersebut. Faktor ini disebut dengan History of C.

 

2. Faktor Loyalitas Karyawan

  • Kesejahteraan karyawan dari segi fasilitas dan gaji adalah hal yang akan mempengaruhi loyalitasnya di suatu perusahaan.
  • Pemenuhan kebutuhan jiwa dan kepuasan kerja yang tinggi adalah faktor yang penting untuk menjaga loyalitas dari seorang karyawan pada perusahaan. Semisal kegiatan outbond bersama dan kegiatan kerohanian.
  • Peningkatan karir serta penempatan karyawan di posisi yang tepat akan membuat karyawan lebih loyal pada perusahaan.
  • Perusahaan yang mendengar pendapat dari karyawan akan membuat karyawan merasa dihormati sehingga lebih loyal pada perusahaan.
  • Rasa aman dan kesempatan berkarir akan berpengaruh pada loyalitas dari para karyawan.

 

Indikasi Menurunnya Loyalitas

  • Rendahnya Produktivitas Kerja : Menurunnya produktivitas bisa diukur melalui perbandingan dengan produksi pada waktu sebelumnya. Hal ini bisa disebabkan karena kemalasan dan sikap karyawan yang kerap menunda pekerjaan.
  • Naiknya Tingkat Absensi : Apabila loyalitas kerja menurun, maka karyawan akan merasa malas untuk datang ke tempat kerja.
  • Tingkat Perpindahan Buruh yang Tinggi : Masuk keluarnya karyawan yang terlalu sering mengindikasikan ada sesuatu yang salah dari suatu perusahaan. Sehingga, banyak karyawan yang tidak merasa cocok bekerja di perusahaan tersebut. Hal ini bisa terjadi karena sistem manajemen perusahaan yang tidak sesuai dengan sistem yang diharapkan oleh karyawan.
  • Munculnya Kegelisahan : Terkadang di suatu perusahaan muncul isu-isu yang membuat karyawan menjadi gelisah seperti perusahaan yang bangkrut dan sebagainya.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Loyalitas : Pengertian, Karakteristik, Faktor dan Indikasi Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

[irp]

[irp]

[irp]

[irp]