√ Museum : Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Jenisnya Terlengkap

Diposting pada

√ Museum : Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Jenisnya Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Museum.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Museum? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Museum : Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Jenisnya Terlengkap
√ Museum : Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Jenisnya Terlengkap

 

Pengertian Museum

 

Secara etimologis museum berasal dari bahasa Yunani klasik. Dalam bahasa Yunani Klasik museum berasal dari kata “Muze”. Muze merupakan kumpulan 9 dewi sebagai lambang dari ilmu dan kesenian.

Berdasarkan arti dari kata tersebut maka museum dapat dijelaskan sebagai tempat yang gunakan untuk menyimpan benda-benda kuno (bersajarah) tujuan agar dapat dilihat dan pelajari lagi untuk menambah wawasan dan menjadi tempat berekreasi.

Museum merupakan salah satu tempat atau lembaga yang mengumpulkan, menyimpan dan memamerkan benda-benda yang dapat menjadi sumber pengertahuan seperti sejarah, kesenian, ilmu alam dan sebagainya.

 

 

Pengertian Museum Menurut Para Ahli

 

1. Advaced Dictionary

Museum ialah sebuah gedung yang didalamnya dpamerkan benda-benda yang memiliki nilai seni, sejarah, ilmu pengetahuan dan lainnya.

 

2. A.C. Parker

Museum merupakan salah satu lembaga yang secara aktif menjelaskan dunia, manusia dan alam.

 

3. Douglas A. Allan

Museum yaitu suatu gedung yang didalamnya menyimpan kumpulan benda-benda untuk penelitian studi dan kesenangan.

 

 

Fungsi Museum

  • Pengumpulan dan pengamanan warisan alam dan bidaya
  • Dokumentasi dan penelitian ilmiah
  • Konservasi daan preservasi
  • Penyebaran dan perataan ilmu untuk umum
  • Pengenalan dan penghayatan kesenian
  • Visualisasi warisan alam dan budaya
  • Cerminan pertumbuhan peradaban umat manusia
  • Pembangkit rasa bersyukur dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

 

 

 

Sejarah Museum

Untuk mengetahui bagaimana sejarah bagaimana bisa saat ini ada museum maka kita bias melihat kembali asal dari kata museum itu sendiri. Kalau pada pengertian tadi dijelaskan bahwa museum berasala dari kata “muze”, maka untuk lebih jelas lagi kali ini dijelaskan tentang Museion.

Museion merupakan merupakan tempat tinggal Muze, yaitu 9 Dewi anak dari Zeus. Seiring dengan perkembangan zaman museion juga dikembangkan menjadi tempat kerja para ahli pada zaman Yunani Kuno. Contoh ahli yang bekerja di museion adalah Plato dan Phytagoras.

Karena sudah merasa nyaman bera di Museion mereka menganggap tempat tersebut sebagai tempat penyelidikan, pendidikan filsafat, ruang ilmu dan kesenian.

Seiring berjalannya waktu, pengetahuan terus berkembang, hingga akhirnya dibangunlah Museum yang terdapat di Iskandarsyah. Museum ini merupakan museum tertua terkait dengan ilmu dan seni.

Pada mulanya gedung museum tersebut adalah tempat pengumpulan benda-benda dan alat untuk penyelidikan ilmu dan kesenian. Akan tetapi koleksinya terus bertambah hingga museum tersebut menjadi tempat mengumpulkan benda-benda yang dianggap unik dan aneh.

Perkembangan terus terjadi hingga abad pertengahan. Pada masa itu para petinggi, pencipta seni dan ilmuwan menyimpan benda pribadinya di museum ini.

Perkembangan zaman menyebabkan hasil-hasil seni rupa terus bertambah baik dari dalam maupun maupun dari luar Eropa. Nah, ini lah yang menjadi cikal bakal pertumbuhan Museum yang ada di Eropa.

Perubahan peradaban dan perkembangan membuat banyak Museum dibangun di berbagai belahan didunia begitu pula dengan di Indonesia.

 

 

Jenis – Jenis Museum

 

1. Jenis Museum Berdasarkan Tingkatan Koleksinya

  • Museum Nasional yakni sebuah jenis museum yang memiliki tingkatan koleksi sesuai dengan kelas nasional atau dalam taraf nasional. Museum ini umumnya berisi berbagai benda yang berisi dari berbagai daerah di suatu negara.
  • Museum Regional yaitu suatu jenis museum yang memiliki tingkatan koleksi terbatas dan hanya dalam lingkup daerah regional. Museum ini umumnya koleksinya berasal dari daerah regional tempat museum tersebut berdiri.
  • Museum Lokal ialah salah satu jenis museum yang memiliki tingkatan koleksi dalam taraf daerah saja. Benda yang dikoleksi dalam museum tersebut hanya terbatas pada warisan dan budaya yang ada pada daerah itu saja.

 

2. Jenis Museum Berdasarkan Penyelenggaraannya

  • Museum Pemerintah merupakan suatu museum yang diselengarakan dan dikelola oleh oleh pemerintah baik itu pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.
  • Museum Swasta yaitu salah satu museum yang tidak diselenggarakan oleh pemerintah. Museum ini didirikan dan diselenggarakan oleh perseorangan namun tetap harus mendapatkan izin dari pemerintah.

 

3. Jenis Museum Berdasarkan Koleksi

  • Museum Umum ialah salah satu jenis museum yang benda koleksinya berupa kumpulaan bukti material manusia dan lingkungannya yang berkaitan dengan hal umum. Koleksi dalam museum ini dapat berbagai macam disiplin ilmu tidak mengkhususkan 1 cabang saja.
  • Museum Khusus yaitu suatu museum yang koleksinya berupa yang berkaitan dengan satu cabang ilmu pengetahuan, satu cabang teknologi dan lain. Dalam museum ini tidak terdapat koleksi diluar dari cabang pengetahuan, seni dan teknologi yang khususkan.

 

4. Jenis Museum Berdasarkan International Council of Museum (ICOM)

  • Art Museum atau Museum Seni merupakan suatu museum yang mengelola, menyimpan dan mengumpul benda yang berkaitan dengan kesenian.
  • Arkeologi and History Museum yaitu sebuah museum didalamnya terdapat benda arkeologi dan benda bersejarah yang menyimpan tentang sejarah manusia berserta peradabannya.
  • National Museum atau Museum Nasional umumnya menyimpan benda yang berasal dari berbagai wilayah dari Negara tempat museum itu berdiri.
  • Natural History Museum yakni suatu museum ilmu alam yang didalamnya terdapat hal-hal yang berkaitan dengan peradaban ilmu pengetahuan alam.
  • Science and Technology Museum adalah salah satu jenis museum yang isinya berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Specialized Museum atau Museum Khusus ini umumnya dikhususkan untuk satu benda khusus tertentu yang mukin berbeda dari kelima jenis museum sebelumnya.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Museum : Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Jenisnya Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

[irp]

[irp]

[irp]

[irp]