√ 15 Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 15 Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Wawasan Nusantara.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Wawasan Nusantara? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 15 Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Ahli Terlengkap
√ 15 Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Ahli Terlengkap

 


Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Ahli

 

1. Tap MPR Tahun 1993 dan 1998 Tentang GBHN

Wawasan Nusantara ialah salah satu cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungan dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

 

2. Munadjat Danusaputro

Wawasan Nusantara yaitu suatu cara pandang Bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya dalam eksistensi yang serba terhubung serta pemekarannya di tengah-tengah lingkungan tersebut berdasarkan asas nusantara.

 

3. Akhadiah MK

Wawasan Nusantara yakni sebuah cara pandang Bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya sesuai dengan ide nasionalnya, yaitu Pancasila dan UUD 1945, sebagai aspirasi suatu bangsa yang merdeka, berdaulat dan bermartabat di tengah-tengah lingkungannya, yang menjiwai tindak kebijaksanaan dalam mencapai berbagai tujuan perjuangan bangsa.

 

4. M. Panggabean

Wawasan Nusantara adalah salah satu doktrin politik bangsa Indonesia untuk mempertahankan kelangsungan hidup Negara Republik Indonesia, yang didasarkan pada Pancasila dan UUD 1945 dengan memperhitungkan pengaruh geografi, ekonomi, demografi, teknologi dan kemungkinan strategik yang tersedia.

 

5. Prof. Wan Usman

Wawasan Nusantara merupakan berbagai cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai Negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam.

 

6. Sumarsono

Wawasan Nusantara ialah salah satu nilai yang menjiwai segenap peraturan perundang-undangan yang berlaku pada setiap strata di seluruh wilayah negara, sehingga menggambarkan sikap dan perilaku, paham serta semangat kebangsaan atau nasionalisme yang tinggi yang merupakan identitas atau jati diri Bangsa Indonesia.

 

7. Samsul Wahidin

Wawasan Nusantara yaitu semua cara pandang, cara memahami, cara menghayati, cara bersikap, bertindak, berpikir dan bertingkah laku bagi Bangsa Indonesia sebagai hasil interaksi proses-proses psikologis, sosiokultural dalam arti yang luas dengan aspek-aspek asta grata.

 

8. Kelompok Kerja LEMHANAS

Wawasan Nusantara sebagai salah satu cara pandang dan sikap bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungan yang beragam dan bernilai startegis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa dan kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

 

9. Srijanti, Kaelan, dan Achmad Zubaidi

Wawasan Nusantara yakni segala cara pandang Bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta sesuai dengan geografi wilayah nusantara yang menjiwai kehidupan bangsa dalam mencapai tujuan atau cita-cita nasionalnya.

 

10. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Wawasan Nusantara yakni suatu pandangan atau anggapan bahwa Nusantara adalah kepulauan yang merupakan suatu kesatuan, termasuk semua laut dan selatnya.

 

11. Wikipedia

Wawasan Nusantara yaitu sebuah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

 

12. Srijanti

Wawasan Nusantara sebagai sebuah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai dirinya yang bhineka, dan lingkungan geografinya yang berwujud negara kepulauan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

 

13. Noor Ms Bakry

Wawasan Nusantara ialah semua cara pandang Bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya juga harus sesuai dengan ide nasional Pancasila, sebagai aspirasi suatu bangsa yang merdeka, berdaulat dan bermartabat di tengah-tengah lingkungannya, yang menjiwai tindak kebijaksanaan dalam mencapai tujuan perjuangan bangsa.

 

14. Sukrama

Wawasan Nusantara merupakan sebuah pandangan hidup bangsa Indonesia dalam memanfaatkan konstelasi geografis Indonesia, sejarah dan kondisi sosial budaya untuk mengejawantahkan segala dorongan dan rangsangan di dalam usaha pencapaian aspirasi bangsa dan kepentingan dan tujuan-tujuan nasional.

 

15. Winarno

Wawasan Nusantara sebagai satu dari beberapa cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 15 Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :