Pengertian Evaluasi

Diposting pada

√ Evaluasi : Pengertian, Tujuan, Jenis dan Fungsi Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Evaluasi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Evaluasi? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Evaluasi : Pengertian, Tujuan, Jenis dan Fungsi Terlengkap
√ Evaluasi : Pengertian, Tujuan, Jenis dan Fungsi Terlengkap

Pengertian Evaluasi

Evaluasi merupakan salah satu proses identifikasi untuk mengukur atau menilai apakah suatu kegiatan atau program yang dilaksanakan sesuai dengan perencanaan atau tujuan yang ingin dicapai.

Evaluasi sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang kehidupan manusia sehingga meningkatkan efektivitas dan produktivitas, baik dalam lingkup individu, kelompok, maupun lingkungan kerja.

Informasi yang didapatkan dari sebuah proses evaluasi yaitu sebagai berikut :

  • Tingkat kemajuan suatu kegiatan.
  • Tingkat pencapaian suatu kegiatan sesuai dengan tujuannya.
  • Hal-hal yang harus dilakukan di masa mendatang.

Tujuan Evaluasi

  • Untuk bisa mengetahui seberapa baik tingkat penguasaan seseorang terhadap kompetensi yang telah ditetapkan.
  • Untuk dapat mengetahui apa saja kesulitan yang dialami seseorang dalam kegiatannya sehingga bisa dilakukan diagnosis dan kemungkinan memberikan remedia teaching.
  • Untuk mengetahui suatu tingkat efisiensi dan efektivitas suatu metode, media dan sumber daya lainnya dalam melaksanakan suatu kegiatan.
  • Sebagai salah satu umpan balik dan informasi penting bagi pelaksana evaluasi untuk memperbaiki kekurangan yang ada dimana hal tersebut dapat dijadikan sebagai acuan dalam mengambil keputusan di masa mendatang.

Jenis – Jenis Evaluasi

 

1. Evaluasi Formatif

Evaluasi formatif ialah suatu penilaian terhadap hasil-hasil yang telah dicapai selama dilaksanakannya suatu kegiatan atau program kerja. Umumnya, waktu pelaksanaan evaluasi ini dilaksanakan secara rutin perbulan atau per tahun.

Sesuai dengan keperluan informasi hasil penilaian. Manfaatnya, memberikan umpan balik kepada manajer program terkait kemajuan hasil yang telah dicapai serta hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi selama berlangsungnya suatu kegiatan atau program kerja tersebut.

 

2. Evaluasi Sumatif

Evaluasi sumatif yaitu sebuah penilaian terhadap hasil-hasil yang telah dicapai selama dilaksanakannya suatu kegiatan atau program kerja, secara keseluruhan dari awal sampai akhir kegiatan.

Waktu pelaksanaan hasil evaluasi ini sendiri diadakan pada saat akhir kegiatan sesuai dengan jangka waktu yang ditetapkan oleh suatu kegiatan atau program kerja.

 


Tahapan Evaluasi

  • Menentukan Topik Evaluasi adalah salah satu kegiatan atau aktivitas penentuan topik yang akan dievaluasi. Contohnya yaitu seperti evaluasi hasil kerja, atau evaluasi rencana kerja.
  • Merancang Kegiatan Evaluasi yakni kegiatan mendesain proses evaluasi sehingga didalam pelaksanaannya itu tidak melewatkan hal-hal yang penting.
  • Pengumpulan Data yakni sebuah kegiatan dalam mengumpulkan serta mencatat tiap-tiap informasi itu sesuai dengan perencanaan dengan berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah.
  • Pengolahan & Analisis Data ialah suatu kegiatan atau aktivitas mengolah informasi dengan cara mengelompokkan data supaya dapat lebih mudah dalam melakukan analisis, dan juga menentukan tolak ukur waktu ialah sebagai hasil evaluasi.
  • Pelaporan Hasil Evaluasi yaitu membuat laporan hasil evaluasi supaya dapat diketahui oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

Fungsi Evaluasi

 

1. Fungsi Selektif

Fungsi selektif ialah salah satu fungsi yang dapat menyeleksi seseorang apakah memiliki komptensi yang sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Misalnya yaitu menentukan seseorang diterima kerja atau tidak, menentukan seseorang naik jabatan atau tidak, dan lainnya.

 

2. Fungsi Diagnosa

Fungsi diagnosa bertujuan untuk dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan seseorang dalam bidang kompetensi tertentu.

Misalnya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan seorang siswa dalam bidang studi yang didapatkannya di sekolah.

 

3. Fungsi Penempatan

Fungsi penempatan bertujuan untuk dapat mengetahui di mana posisi terbaik seseorang dalam suatu bidang tertentu.

Misalnya untuk mengetahui posisi terbaik seorang karyawan sesuai dengan bidangnya di dalam suatu perusahaan.

 

4. Fungsi Pengukuran Keberhasilan

Dalam hal ini, evaluasi berfungsi untuk bisa mengukur tingkat keberhasilan suatu program, termasuk metode yang dipakai, penggunaan sarana, dan pencapaian tujuan.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai Evaluasi : Pengertian, Tujuan, Jenis dan Fungsi Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.