Geografi Sosial

Diposting pada

Geografi Sosial – Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Geografi Sosial.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Geografi Sosial? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Geografi Sosial : Pengertian, Ciri, Ruang Lingkup, Unsur, Fungsi dan Konsep Terlengkap


Pengertian Geografi Sosial

Geografi Sosial merupakan salah satu ilmu yang mempelajari tentang interaksi antara manusia dengan lingkungan sosialnya yakni manusia lain atau kelompok manusia yang berada disekelilingnya.


Ciri-Ciri Geografi Sosial

  • Kepribadian daerah merupakan hasil cara masyarakat mengeksploitasi sumber daya alam.
  • Masyarakat bereaksi terhadap habitatnya.
  • Manusia mengorganisasi dirinya sendiri dan berinteraksi dengan sesamanya.

Ruang Lingkup Geografi Sosial

1. Ekonomis (Geografi Ekonomi)

Kajian ekonomi dalam geografi sosial berkaitan dengan hubungan antara sistem ekonomi manusia, negara dan aktor- aktor termasuk juga lingkungan biofisik.


2. Pembangunan (Geografi Pembangunan)

Pembangunan merupakan hal penting dalam kajian studi geografi yang mengacu pada standar hidup dan kualitas hidup penduduk manusia, studi lokasi, distribusi dan organisasi spasial dari aktivitas ekonomi di seluruh bumi.


3. Politik (Geografi Politik)

Geografi Politik merupakan sebuah studi dari kedua hasil rata spasial proses politik dan cara dimana proses politik tersebut dipengaruhi oleh struktur ruang. Contohnya seperti geografi pemilu, geopolitik, dan strategi militer.


4. Populasi (Geografi Kependudukan)

Kajian populasi dalam geografi sosial berkaitan dengan mempelajari cara yang variasi spasial dalam distribusi, komposisi, migrasi, dan pertumbuhan populasi kaitannya dengan karakteristik yang ada di wilayah dan perwilayahan Indonesia.


5. Kesehatan (Geografi Kesehatan)

Kajian kesehatan dalam geografi sosial berkaitan aplikasi informasi geografis, perspektif, dan metode untuk penelitian kesehatan, penyakit dan perawatan kesehatan.


6. Historis (Geografi Sejarah)

Geografi Historis merupakan sebuah pembelajaran tentang kondisi manusia, fisik, fiksi, teoretis dan nyata geografi masa lalu.

Hal ini mengkaji berbagai isu dan topik. Tema yang umum dalam geografi sejarah yaitu studi tentang geografi dari masa lalu dan bagaimana tempat atau wilayah perubahan melalui waktu.

Banyak ahli geografi sejarah yang mempelajari pola geografis melalui waktu, termasuk bagaimana orang berinteraksi dengan lingkungan mereka, dan menciptakan lanskap budaya.


7. Pariwisata (Geografi Pariwisata)

Geografi Pariwisata merupakan geografi sosial berkaitan dengan perjalanan dan pariwisata sebagai sebuah industri, sebagai kegiatan manusia, dan terutama sebagai tempat yang berbasis pengalaman.


Unsur-Unsur Geografi Sosial

  • Manusia yaitu sekelompok orang yang bergantung satu sama lain dan yang telah memperkembangkan pola organisasi yang memungkinkan mereka hidup bersama dan dapat mempertahankan diri sebagai kelompokyang terdiri dari masyarakat dan komunitas
  • Lingkungan alam yang terdiri atas relief atau topografi, lapisan tanah, tumbuhan, keadaan geologis, dan fenomena alam lainnya.
  • Relasi, Interelasi, dan Interaksi antara manusia dan alam.

Fungsi Geografi Sosial

  • Untuk menjelaskan pola yang sudah begitu mapan, misalnya dengan mengkaji proses yang terjadi yang menghasilkan pola tertentu.
  • Untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia di bidang sosial, politik, ekonomi dan budaya.
  • Untuk mengelola sumber daya dan lingkungan.
  • Untuk mencari jawaban atas mengapa dan bagaimana hubungan timbal balik antara faktor geografi terkait fenomena alam, sosial, ekonomi, politik dan budaya.

Konsep Geografi Sosial

1. Ruang

Ruang ialah keseluruh permukaan bumi yang merupakan lapisan biosfer, tempat hidup bagi makhluk hidup baik manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan maupun organisme lainnya.

Dalam geografi sosial, ruang memiliki makna yang mendalam, yaitu sebagai berikut :

  • Tempat atau wadah dari benda-benda atau perilaku.
  • Tempat yang dapat digunakan untuk melaksanakan kegiatan usaha
  • Sesuatu yang dapat diatur dan dimanfaatkan oleh dan untuk manusia.

2. Proses

Proses merupakan suatu tindakan manusia dalam beradaptasi dan memanfaatkan lingkungan. Terdapat dua proses yaitu proses bersifat makro dan proses bersifat mikro.

Proses sosial yang bersifat mikro adalah proses yang menekankan pada kegiatan individu dan kelompok masyarakat, contohnya perpindahan rumah seseorang dari suatu tempat ke tempat yang lain.

Sedangkan proses makro adalah proses yang menekankan pada masyarakat secara umum, contohnya terjadinya migrasi, transmigrasi, urbanisasi, gelombang pengungsi dan sebagainya.


3. Pola

Pola yaitu salah satu proses yang terjadi berulang-ulang, dalam hal ini pola kehidupan dan penghidupan yang berbeda antara suatu tempat dengan tempat lainnya yang mencerminkan perbedaan sifat daerah dan penduduknya sehingga akan terwujud bentang sosial yang berbeda.

Bentang sosial ialah sekelompok atau beberapa kelompok pendudukyang hidup dalam suatu wilayah dan memiliki gagasan yang sama pada lingkungannya.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Geografi Sosial : Pengertian, Ciri, Ruang Lingkup, Unsur, Fungsi dan Konsep Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :