√ Kecakapan Hidup : Pengertian, Tujuan dan Jenis Terlengkap

Diposting pada

√ Kecakapan Hidup : Pengertian, Tujuan dan Jenis Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Kecakapan Hidup.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Kecakapan Hidup? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Kecakapan Hidup : Pengertian, Tujuan dan Jenis Terlengkap
√ Kecakapan Hidup : Pengertian, Tujuan dan Jenis Terlengkap

 


Pengertian Kecakapan Hidup

Kecakapan hidup (Life Skills) merupakan salah satu kemampuan untuk perilaku adaptif dan positif yang memungkinkan manusia untuk secara efektif menghadapi tuntutan dan tantangan hidup. Konsep ini juga disebut kompetensi psikososial.

 


Pengertian Kecakapan Hidup (Life Skills) Menurut Para Ahli

 

1. Mawardi

Life skill atau kecakapan hidup sebagai kontinum pengetahuan dan kemampuan yang diperlukan oleh seseorang untuk berfungsi secara independen dalam kehidupan.

 

2. Tim Broad-Based Education

Kecakapan hidup atau life skills merupakan suatu kecakapan yang dimiliki seseorang untuk mau dan berani menghadapi problema hidup dan kehidupan secara wajar tanpa merasa tertekan, kemudian secara proaktif dan kreatif mencari serta menemukan solusi sehingga akhirnya mampu mengatasinya.

 

3. Undang Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Kecakapan hidup (life skill) ialah salah satu pendidikan yang memberikan kecakapan personal, kecakapan sosial, kecakapan intelektual, dan kecakapan vokasional untuk bekerja atau usaha mandiri.

 

4. Anwar

Kecakapan hidup yaitu sebuah kemampuan yang diperlukan untuk berinteraksi dan beradaptasi dengan orang lain, dan masyarakat atau lingkungan dimana ia berada antara lain keterampilan mengambil keputusan, pemecahan masalah, berfikir kritis, berfikir kreatif, berkomunikasi yang efektif, membina hubungan antar pribadi, kesadaran diri, berempati, mengatasi emosi, dan mengatasi stres.

 

5. Satori

Kecakapan Hidup tidak semata-mata memiliki kemampuan tertentu saja (vocational job), namun ia harus memiliki kemampuan dasar pendukungnya secara fungsional seperti membaca, menulis, menghitung, merumuskan dan memecahkan masalah, mengelola sumber-sumber daya, bekerja dalam tim atau kelompok, terus belajar di tempat bekerja, mempergunakan teknologi dan lain sebagainya.

 

6. Depdiknas

Kecakapan Hidup (Life Skill) yakni suatu kecakapan yang harus dimiliki seseorang untuk berani menghadapi problem hidup dan kehidupan dengan wajar tanpa merasa tertekan, kemudian secara proaktif dan kreatif mencari serta menemukan solusi sehingga mampu mengatasinya.

 


Tujuan Pendidikan Kecakapan Hidup

 

1. Tujuan Umum Pendidikan Kecakapan Hidup

  • Mengaktualisasikan potensi peserta didik sehingga dapat digunakan untuk memecahkan problema yang dihadapi.
  • Memberikan kesempatan kepada sekolah untuk mengembangkan pembelajaran yang fleksibel sesuai prinsip pendidikan yang berbasis luas (Broad Based Education).
  • Mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang ada di masyarakat, sesuai dengan prinsip manajemen berbasis sekolah (School Based Managemen).

 

2. Tujuan Khusus Pendidikan Kecakapan Hidup

  • Memberdayakan aset kualitas batiniah, sikap dan perbuatan lahiriah peserta didik melalui pengenalan (logos), penghayatan (etos), dan pengalaman (patos) nilai-nilai kehidupan sehari-hari sehingga dapat digunakan untuk menjaga kelangsungan hidup dan perkembangannya.
  • Memberikan wawasan yang luas tentang perkembangan karir, yang dimulai dari perkembangan diri, eksplorasi karir, orientasi karir, dan penyiapan karir.
  • Memberikan bekal dasar dan latihan-latihan yang dilakukan secara benar mengenai nilai-nilai kehidupan sehari-hari yang dapat memampukan peserta didik untuk berfungsi menghadapi kehidupan masa depan yang sarat kompetisi dan kolaborasi sekaligus.
  • Mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya sekolah melalui pendekatan manajemen berbasis sekolah, partisipasi stakeholders, dan fleksibilitas pengelolaan sumber daya sekolah.
  • Mamfasilitasi peserta didik dalam memecahkan masalah kehidupan yang dihadapi sehari-hari.

 


Jenis – Jenis Pendidikan Kecakapan Hidup

 

1. Kecakapan Personal (Personal Skill)

Kecakapan personal (personal skill) yaitu kecakapan yang diperlukan bagi seseorang untuk mengenal dirinya secara utuh.

Kecakapan ini mencakup sebagai berikut :

  • Kecakapan Kesadaran Diri yaitu penghayatan sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, anggota masyarakat dan Warga Negara, serta menyadari dan mensyukuri kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, sekaligus menjadikannya sebagai modal dalam meningkatkan dirinya sebagai individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan.
  • Kecakapan Berfikir Rasional (Thinking Skill) yaitu kecakapan yang diperlukan dalam pengembangan potensi berfikir. Kecakapan ini mencakup kecakapan menggali dan menemukan informasi, kecakapan mengolah informasi dan mengambil keputusan serta kecakapan memecahkan masalah secara kreatif.

 

2. Kecakapan Sosial (Social Skill)

  • Kecakapan berkomunikasi yang dilakukan secara lisan maupun tulisan. Kemampuan mendengarkan dan menyampaikan gagasan secara lisan maupun tulisan perlu dikembangkan. Kecakapan mendengarkan dengan empati akan membuat orang mampu memahami isi pembicaraan orang lain, sementara lawan bicara merasa diperhatikan dan dihargai.
  • Kecakapan bekerja sama adalah adanya saling pengertian dan saling membantu antar sesama untuk mencapai tujuan yang baik, karena itu merupakan kebutuhan yang tidak bisa dielakkan sepanjang hidup manusia.

 

3. Kecakapan Akademik (Academic Skill)

Kecakapan akademik atau kemampuan intelektual atau kemampuan berpikir ilmiah merupakan sebuah pengembangan dari kecakapan berpikir secara umum tapi mengarah pada kegiatan yang bersifat keilmuan.

Kecakapan akademik ini meliputi kecakapan mengidentifikasi variabel, menjelaskan hubungan suatu fenomena tertentu, merumuskan hipotesis, merancang dan melaksanakan penelitian. Diperlukan sikap ilmiah, kritis, obyektif da transparan untuk membangun kecakapan-kecakapan tersebut.

 

4. Kecakapan Vokasional (Vocational Skill)

Kecakapan vokasional ialah salah satu jenis kecakapan yang dikaitkan dengan berbagai bidang pekerjaan tertentu dalam masyarakat.

Kecakapan vokasional meliputi :

  • Kecakapan vokasional dasar berkaitan dengan bagaimana peserta didik menggunakan alat sederhana, seperti obeng, palu dan lain sebagainya.
  • Kecakapan vokasional khusus hanya diperlukan bagi mereka yang akan menekuni pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya, seperti pekerja montir, apoteker, tukang, dan sebagainya.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Kecakapan Hidup : Pengertian, Tujuan dan Jenis Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :