Pengertian Kearifan Lokal Menurut Para Ahli

Diposting pada

√ 25 Pengertian Kearifan Lokal Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Kearifan Lokal.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Kearifan Lokal? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ 25 Pengertian Kearifan Lokal Menurut Para Ahli Terlengkap


Pengertian Kearifan Lokal Menurut Para Ahli

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Kearifan berarti kebijaksanaan, kecendekiaan sebagai sesuatu yang dibutuhkan dalam berinteraksi.

Kata lokal, yang berarti tempat atau pada suatu tempat atau pada suatu tempat tumbuh, terdapat, hidup sesuatu yang mungkin berbeda dengan tempat lain atau terdapat di suatu tempat yang bernilai yang mungkin berlaku setempat atau mungkin juga berlaku universal.


2. Nasiwan dkk

Kearifan lokal merupakan salah satu kebijaksanaan atau nilai-nilai luhur yang terkandung dalam kekayaan-kekayaan budaya lokal seperti tradisi, petatah-petitih dan semboyan hidup.


3. Rosidi

Kearifan lokal yaitu sebuah hasil terjemahan dari local genius yang diperkenalkan pertama kali oleh Quaritch Wales pada tahun 1948-1949 yang berarti kemampuan kebudayaan setempat dalam menghadapi pengaruh kebudayaan asing pada waktu kedua kebudayaan itu berhubungan.


4. Sedyawati

Kearifan lokal yakni sebagai kearifan dalam kebudayaan tradisional suku-suku bangsa.

Kearifan dalam arti luas tidak hanya berupa norma-norma dan nilai-nilai budaya, melainkan juga segala unsur gagasan, termasuk yang berimplikasi pada teknologi, penanganan kesehatan, dan estetika.


5. Permana

Kearifan lokal ialah salah satu jawaban kreatif terhadap situasi geografis-politis, historis, dan situasional yang bersifat lokal.

Kearifan lokal juga dapat diartikan sebagai pandangan hidup dan pengetahuan serta berbagai strategi kehidupan yang berwujud aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat lokal dalam menjawab berbagai masalah dalam pemenuhan kebutuhan mereka.


6. Sibarani

Kearifan lokal merupakan suatu bentuk pengetahuan asli dalam masyarakat yang berasal dari nilai luhur budaya masyarakat setempat untuk mengatur tatanan kehidupan masyarakat atau dikatakan bahwa kearifan lokal.


7. Phongphit dan Nantasuwan

Kearifan lokal sebagai pengetahuan yang berdasarkan pengalaman masyarakat turun-temurun antargenerasi.


8. Kongprasertamorn

Kearifan lokal yaitu sebuah pengetahuan yang menjadi aturan bagi kegiatan sehari-hari masyarakat ketika berhubungan dengan keluarga, tetangga, masyarakat lain dan lingkungan sekitar.


9. Quaritch Wales

Kearifan lokal merupakan salah satu kemampuan budaya setempat dalam menghadapi pengaruh kebudayaan asing pada waktu kedua kebudayaan itu berhubungan.


10. Undang-Undang No. 32 Tahun 2009

Kearifan lokal adalah sebuah nilai-nilai luhur yang berlaku dalam tata kehidupan masyarakat antara lain untuk melindungi dan mengolah lingkungan hidup secara lestari.


11. Apriyanto

Kearifan lokal ialah berbagai sesuatu nilai yang diciptakan, dikembangkan dan dipertahankan oleh masyarakat yang menjadi pedoman hidup mereka.


12. Warigan

Berbagai nilai-nilai yang ada kearifan lokal di Indonesia sudah terbukti turut menentukan kemajuan masyarakatnya.


13. S. Swars

Kearifan lokal merupakan sebuah kebijaksanaan manusia yang bersandar pada filosofi nilai-nilai, etika, cara-cara, dan perilaku yang melembaga secara tradisional.


14. Mariane

Kearifan lokal yaitu suatu nilai yang dianggap baik dan benar sehingga dapat bertahan dalam waktu yang lama, bahkan melembaga.


15. I Ketut Gobyah

Kearifan lokal yakni sebuah perpaduan antara nilai-nilai suci firman Tuhan dan berbagai nilai yang ada.

Kearifan lokal terbentuk sebagai keunggulan budaya masyarakat setempat maupun kondisi geografis dalam arti luas.


16. Samudra

Kearifan lokal ialah salah satu produk budaya masa lalu yang patut secara terus-menerus dijadikan pegangan hidup.

Meskipun bernilai lokal tetapi nilai yang terkandung di dalamnya dianggap sangat universal.


17. Haryati Soebadio

Kearifan lokal adalah sebuah identitas atau kepribadian budaya bangsa yang menyebabkan bangsa tersebut mampu menyerap dan mengolah kebudayaan asing sesuai watak dan kemampuan sendiri.


18. Rahyono

Kearifan lokal merupakan salah satu kecerdasan manusia yang dimiliki oleh kelompok etnis tertentu yang diperoleh melalui pengalaman masyarakat.


19. Paulo Freire

Kearifan lokal yaitu sebuah pendidikan yang mengajarkan peserta didik untuk selalu konkret dengan apa yang mereka hadapi.


20. Al Musafiri, Utaya & Astina

Kearifan lokal yakni sesuatu yang memiliki peran untuk mengurangi dampak globalisasi dengan cara menanamkan nilai-nilai positif kepada remaja.


21. Sunaryo et al

Kearifan lokal ialah suatu pengetahuan lokal yang telah demikian menyatu dengan sistem kepercayaan, norma dan budaya, serta diekspresikan didalam tradisi dan mitos yang dianut dalam jangka waktu yang cukup lama.


22. Keraf

Kearifan lokal adalah sesuatu hal yang mencangkup semua bentuk pengetahuan, keyakinan, pemahaman, wawasan, serta adat kebiasaan atau etika yang menuntun perilaku manusia dalam kehidupannya didalam komunitas ekologis.


23. Sartini

Kearifan lokal merupakan berbagai hal yang dapat dipahami sebagai gagasan-gagasan setempat yang bersifat bijaksana, penuh kearifan, bernilai baik, yang tertanaman dan diikuti oleh anggota masyarakatnya.


24. Tjahjono et al

Kearifan lokal yaitu suatu sistem nilai dan norma yang disusun, dianut, dipahami dan diaplikasikan masyarakat lokal berdasarkan pemahaman dan pengalaman mereka dalam berinteraksi dengan lingkungan.


25. Wikipedia

Kearifan lokal yakni salah satu bagian dari budaya suatu masyarakat yang tidak dapat dipisahkan dari bahasa masyarakat itu sendiri.

Kearifan lokal biasanya diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi melalui cerita dari mulut ke mulut.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 25 Pengertian Kearifan Lokal Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :