Pengertian Psikologi Sosial Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Psikologi Sosial Menurut Para Ahli – Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Psikologi Sosial.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Psikologi Sosial? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ 28 Pengertian Psikologi Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap


Pengertian Psikologi Sosial Menurut Para Ahli

1. Gordon Allport (1985)

Psikologi sosial ialah sebuah ilmu pengetahuan yang berusaha memahami dan menjelaskan bagaimana pikiran, perasaan dan tingkah laku seseorang yang dipengaruhi oleh kehadiran orang lain, baik secara nyata atau aktual, dalam bayangan atau imajinasi dan dalam kehadiran yang tidak langsung (implied)


2. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Psikologi sosial adalah semua studi yang memadukan sosilogi dan psikologi tentang aspek kejiwaan kehidupan masyarakat.


3. Kimball Young (1956)

Psikologi sosial yaitu suatu studi tentang proses interaksi individu manusia.


4. Gerungan

Psikologi sosial yakni semua ilmu jiwa yang menguraikan dan menerangkan kegiatan-kegiatan manusia dan khususnya kegiatan yang berhubungan dengan situasi-situasi sosial, tempat terjadinya interaksi sosial, asosiasi maupun hubungan timbal balik yang terjadi di antara individu di dalam masyarakat.


5. Michener dan Delamater (1999)

Psikologi sosial merupakan berbagai studi ilmiah tentang sebab-sebab dari perilaku manusia.


6. Jones dan Gerard (1967)

Psikologi sosial sebagai sub disiplin dari ilmu psikologi yang fokus pada studi ilmiah tentang perilaku individu yang berfungsi sebagai perangsang sosial.


7. Taylor, Peplau dan Sears (2009)

Psikologi sosial ialah semua studi ilmiah tentang bagaimana orang berpikir, mempengaruhi dan berhubungan dengan orang lain.


8. Sherif dan Sherif

Psikologi sosial adalah segala ilmu pengetahuan yang mempelajari pengalaman dan tingkah laku individu manusia yang dalam kaitannya dengan situasi-situasi perangsang sosial.


9. Secord Dan Backman(1974)

Psikologi sosial yaitu semua ilmu yang mempelajari individu dalam konteks sosial.


10. Joseph E. Mc. Grath (1965)

Psikologi sosia yakni salah satu ilmu yang menyelidiki tingkah laku manusia sebagaimana dipengaruhi oleh kehadiran, keyakinan, tindakan, dan lambang-lambang dari orang lain.


11. Dewey Dan Huber (1916)

Psikologi sosial merupakan sebuah studi tentang manusia individual, ketika berinteraksi, biasanya secara simbolis dengan lingkungannya, yaitu dengan lambang yang digunakan oleh manusia untuk saling berinteraksi.


12. Brigham (1956)

Psikologi sosial ialah semua ilmu studi tentang proses interaksi individu manusia.


13. Watson (1966)

Psikologi sosial adalah berbagai ilmu tentang interaksi manusia.


14. Mc. David dan Harrari (1968)

Psikologi sosial merupakan sejenis studi ilmiah yang mempelajari tentang pengalaman dan perilaku yang berkaitan dengan individu lain, kelompok dan budaya.


15. Baron dan Byrne (2006)

Psikologi sosial adalah segala bidang ilmu sosial yang mencari pemahaman tentang asal mula dan penyebab terjadinya pikiran serta perilaku individu dalam situasi-situasi sosial.

Dalam pengertian ini lebih menekankan pentingnya pemahaman terhadap asal mula dan penyebab terjadinya perilaku dan pikiran.


16. Shaw dan Costanzo (1970)

Psikologi sosial ialah berbagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku individu sebagai fungsi dari rangsang sosial.


17. Mc. Grath

Psikologi sosial yakni sebuah pengkajian saintifik yang berkenaan dengan tingkah laku.


18. Hartley (1961)

Psikologi sosial yaitu suatu cabang ilmu sosial yang berusaha memahami perilaku individu dalam konteks sosial.


19. Berhm dan Kassing

Psikologi sosial ialah berbagai ilmu pengetahuan yang mempelajari cari individu berpikir, merasa dan bertingkah laku dalam setting sosial.


20. A.M. Chorus

Psikologi sosial yaitu segala ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia sebagai anggota suatu masyarakat.


21. Hubert Bonner

Psikologi sosial merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang tingkah laku manusia.


22. Sherif dan Musfer (1956)

Psikologi sosial adalah semua ilmu yang mempelajari tentang pengalaman dan perilaku individu yang berkaitan dengan situasi stimulus sosial. Stimulus sosial diartikan bukan hanya manusia tetap benda-benda dan hal-hal lain yang diberi makna sosial.


23. David O Sears (1956)

Psikologi sosial ialah segala sesuatu dari ilmu yang berusaha secara sistematis untuk memahami perilaku sosial yang mengenai bagaimana kita mengamati orang lain dan situasi sosial, bagaimana orang lain bereaksi terhadap kita dan bagaimana kita dipengaruhi oleh situasi sosial.


24. Boring, Langveld dan Weld

Psikologi sosial yaitu salah satu ilmu pengetahuan yang mempelajari individu manusia dalam kelompoknya dan hubungan antara manusia dengan manusia.


25. Kenneth J. Gergen dan Mary Gergen

Psikologi sosial yakni salah satu bentuk disiplin ilmu yang merujuk kajian sistematik ke atas hubungan interaksi sesama manusia.


26. Myers (1990)

Psikologi sosial sebagai tentang bagaimana orang berpikir, mempengaruhi dan berhubungan dengan orang lain.


27. Krech, Crutchfield dan Ballachey (1962)

Psikologi sosial merupakan berbgaai hal ilmu yang mempelajari tentang peristiwa perilaku interpersonal.


28. Wikipedia

Psikologi sosial ialah segala sesuatu studi tentang hubungan antara manusia dan kelompok.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 28 Pengertian Psikologi Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :