Pengertian Teori Menurut Para Ahli

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Teori.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Teori? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ 30 Pengertian Teori Menurut Para Ahli Terlengkap


Pengertian Teori Menurut Para Ahli

1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Teori ialah sebuah pendapat yang didasarkan pada penelitian dan penemuan yang didukung oleh data dan argumentasi; penyelidikan eksperimental yang mampu menghasilkan fakta berdasarkan ilmu pasti, logika, metodologi dan argumentasi; asas dan hukum umum yang menjadi dasar suatu kesenian atau ilmu pengetahuan; pendapat, cara dan aturan untuk melakukan sesuatu.


2. Manning

Teori merupakan seperangkat asumsi dan kesimpulan logis yang mengaitkan seperangkat variabel satu sama lain.


3. Littlejohn & Karen Foss

Teori yaitu suatu sistem konsep yang abstrak dan hubungan-hubungan konsep tersebut membantu kita untuk memahami sebuah fenomena atau kejadian.


4. Merriam-Webster

Teori merupakan salah satu ide atau prinsip-prinsip umum yang berhubungan dengan fakta-fakta pada pokok persoalan.


5. Azuar Juliandi

Teori yakni satu pemikiran, penelaahan serta penelitian yang telah diakui keabsahannya secara ilmiah.


6. Wikipedia

Teori adalah serangkaian variabel, definisi, dan dalil yang saling berhubungan dan membangun pandangan sistematis dari sebuah fenomena dengan tujuan menjelaskan berbagai gejala alamiah yang terjadi.


7. Pius Partanto & M. Dahlan Barry

Teori sebagai patokan dasar atau garis-garis dasar sains dan ilmu pengetahuan.


8. Kerlinger

Teori yaitu serangkaian asumsi, konsep, konstruk, definisi, dan proposisi untuk menerangkan suatu fenomena sosial secara sistematis dengan cara merumuskan hubungan antar konsep.


9. Fawcett

Teori merupakan sebuah deskripsi fenomena tertentu, suatu penjelasan tentang hubungan antarfenomena atau ramalan tentang sebab akibat satu fenomena pada fenomena yang lain.


10. Nazir

Teori yakni beberapa pendapat yang dikemukakan sebagai keterangan mengenai suatu peristiwa atau kejadian.


11. Kneller

Teori memiliki dua makna, bahwa itu ialah teori empiris, yang arti nya bahwa sebagai hasil pengujian hipotesis dengan observasi dan eksprimen.


12. Emory & Cooper

Teori yaitu berbagai konsep, definisi, proposisi, dan variabel yang berhubungan satu sama lain yang secara sistematis dan memiliki umum, yang sehingga mereka bisa menjelaskan dan memprediksi fenomena (fakta) tertentu.


13. Gardner Linzey

Teori merupakan sebuah hipotesis (dugaan sementara) yang belum terbukti atau spekulasi tentang fakta bahwa itu adalah tidak pasti.


14. Ismaun

Teori adalah salah satu pernyataan yang berisi kesimpulan substantif tentang keteraturan.


15. Stevens

Teori yaitu semua pernyataan yang isinya menyebabkan atau ciri beberapa fenomena.


16. Jonathan H. Turner

Teori yakni salah satu proses mengembangkan ide-ide yang membantu kita untuk menjelaskan bagaimana dan mengapa suatu peristiwa terjadi.


17. Calvin S. HALL

Teori ialah semua hipotesis (dugaan sementara) yang belum terbukti atau spekulasi tentang sebuah fakta bahwa itu adalah tidak pasti.


18. Travers

Teori sebagai salah satu suatu fenomena dan generalisasi harus prediktif.


19. Siswoyo

Teori sebagai seperangkat konsep dan definisi yang saling berhubungan yang mencerminkan suatu pandangan sistematik tentang fenomena dengan menerangkan hubungan antar variable, dengan maksud untuk menerangkan dan meramalkan fenomena.


20. Hoy Dan Miskel

Teori merupakan sebuah konsep, asumsi dan generalisasi yang bisa digunakan untuk mengungkapkan serta menjelaskan perilaku dalam berbagai organisasi.


21. Karl Popper

Teori yakni beberapa jaringan untuk menangkap apa yang kita sebut sebagai “dunia”. Teori membantu kita memahami kenyataan atau fakta.


22. Labovitz dan Hagedorn

Teori sebagai ide pemikiran “pemikiran teoritis” yang mereka artikan sebagai “menentukan” bagaimana dan mengapa variable-variabel dan pernyataan hubungan bisa saling berhubungan.


23. King

Teori adalah sekumpulan konsep yang ketika dijelaskan memiliki hubungan yang kemudian bisa diamati dalam dunia nyata.


24. Ismaun

Teori merupakan salah satu pernyataan yang berisi kesimpulan substantif mengenai keteraturan.


25. Mike Bal

Teori yakni berbagai pernyataan umum yang sistematis tentang suatu segmen realitas tertentu.


26. Heinan

Teori ialah sekelompok hukum yang terorganisir secara logis atau hubungan yang merupakan penjelasan dalam suatu disiplin.


27. John W Creswell

Teori yaitu beberapa bagian atau variabel definsi dan dalil yang saling berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis tentang fenomena dengan menentukan hubungan antar variable, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah.


28. Dagobert Runes

Teori merupakan

  • Suatu hipotesis tentang segala masalah, dapat diuji tetapi tidak perlu diuji.
  • Sebuah lawan dari praktik, merupakan pengetahuan yang disusun secara sistematis dari kesimpulan umum relatif.
  • Sebagai lawan dari hukum dan observasi , sesuatu deduksi dari aksioma-aksioma dan teorema-teorema suatu sistem yang pasti (tidak perlu diuji) secara relatif kurang problematis dan lebih banyak diterima dan diyakini.

29. Talcott P dan Robert

Teori ialah semua penyataan-pernayataan yang secara sistematit berhubungan atau sering disebut teori adalah sekumpulan definisi konsep dan porposisi yang saling berkaitan yang menghadirkan suatu tujuan yang sistematic atau fenomena yang ada dengan menunjukan hubungan yang khas di antara variabel-variabel.


30. Erwan & Dyah

Teori yaitu sebuah konsep yang memiliki hubungan sistematis untuk menjelaskan suatu fenomena sosial tertentu.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 30 Pengertian Teori Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :